Review Star Wars: The Old Republic

Author
David Novan
Reading time:
January 26, 2012

Brand Star Wars merupakan nama yang akrab di telinga semua penyimak hiburan televisi dan film. Pertempuran antara dua kekuatan pada galaksi nun jauh di sana tersebut merupakan kisah yang begitu populer di dunia. Anda tentu mengetahui bagaimana perjuangan para Jedi, ksatria berkekuatan super pelindung kebebasan galaksi dalam melawan opresi Empire yang dipimpin oleh Sith, versi jahat dari Jedi. Kisah mereka juga berulang kali dituangkan ke dalam game. Game online yang melibatkan tema tersebut adalah Star Wars Galaxies. Sayangnya, game tersebut mengalami kegagalan. Namun, tema ini tetap menarik untuk dijadikan MMORPG dan dari pemikiran tersebut lahirlah Star Wars The Old Republic.

star wars the old republic r 001

Gameplay

Star Wars The Old Republic merupakan hasil karya produsen kawakan di bidang Role Playing Game, yaitu Bioware. Kemampuan Bioware untuk membuat RPG berkualitas tentunya dapat Anda lihat sendiri dalam beberapa karyanya, seperti Mass Effect dan Dragon Age. Perusahaan ini juga pernah membuat RPG bertema Star Wars, yaitu Star Wars Knight of The Old Republic. Pengalaman tersebut sebagian dituangkan untuk membuat Star Wars The Old Republic, seperti konsep permainan yang kental dengan cerita. Anda akan menemukan nuansa permainan RPG single player, yaitu penuturan cerita diwakili cutscene, aktor suara yang meyakinkan, dan beragam pilihan reaksi karakter.

Konsep permainan unik untuk sebuah MMO yang biasanya tidak memerdulikan cerita tersebut harus diakui menyegarkan pengalaman bermain. Semua quest yang Anda jalankan akan dituturkan melalui cutscene beserta pengisi suara berkualitas tinggi. Quest tersebut juga akan menjadi lebih berarti, sebab ada cerita di balik semuanya, misalnya perintah untuk membunuh makhluk A yang menteror perkampungan B akibat campur tangan mantan Jedi yang tergoda oleh sisi gelap (dark side/Sith).

star wars the old republic r 002

Game ini juga tidak menekankan monster grinding (membunuh banyak monster) demi mendapatkan nilai pengalaman/experience (untuk kenaikan level), uang, dan gear (perlengkapan tempur). Anda akan lebih mudah naik level dan mendapatkan uang dengan cara mengikuti quest. Quest yang bisa Anda temukan di sepanjang permainan terdiri dari beberapa jenis. Pertama adalah quest yang berisikan cerita utama. Setiap kelas dalam game ini (Anda dapat menemukan total delapan kelas) memiliki cerita berbeda. Jadi, kasarnya Anda akan mendapatkan delapan game Star Wars dalam satu game ini!

Kemudian, Anda dapat menemukan quest tambahan yang biasanya merupakan permintaan dari orang di sekitar Anda. Tujuan quest tersebut beragam, mulai dari menyelamatkan orang, membalas dendam, mencari sesuatu, hingga melakukan misi sabotase. Jenis quest lainnya yang tidak kalah menariknya adalah Heroic dan Flashpoint. Heroic merupakan quest yang berada di daerah tertentu dengan kekuatan musuh lebih tinggi dari normal. Jadi, Heroic biasanya dimainkan dengan melakukan grup bersama pemain lain. Namun, quest Heroic di daerah awal dapat Anda taklukan bersama Companion Anda. Pembahasan lebih dalam mengenai Companion akan kami sampaikan lebih lengkap nanti.

star wars the old republic r 003

Flashpoint merupakan quest yang harus dimainkan bersama pemain lain. Sebab, kekuatan musuh di misi ini begitu besar sehingga setidaknya Anda membutuhkan empat karakter untuk melewatinya. Anda bisa saja menggunakan grup dua pemain dan dua Companion, tetapi akan lebih mudah bila Anda menyelesaikannya bersama empat pemain. Jenis daerah quest juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu daerah yang terbuka untuk semua pemain dan daerah instance dungeon. Instance merupakan daerah pertempuran yang dibuat khusus untuk pemain atau grup tertentu saja. Jadi, Anda tidak akan menemukan pemain lain di luar grup Anda dalam daerah ini.

Hadiah dari quest, terutama Heroic dan Flashpoint biasanya akan memberikan gear yang kuat dan membantu dalam perjalanan Anda. Semakin sulit questnya, semakin bagus pula hadiahnya. Gear drop pada daerah Heroic dan Flashpoint bahkan dapat memberikan barang dengan tingkat kelangkaan yang tinggi. Jadi, banyak pemain yang mengulang quest tersebut demi mendapatkan gear yang langka, bukan untuk nilai pengalamannya!

star wars the old republic r 004
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…