Review Capcom Digital Collection: Kompilasi Game Populer Capcom yang Terlupakan

Reading time:
April 5, 2012

1942: Joint Strike

Capcom Digital Collection 1942 Joint Strike 2 Capcom Digital Collection 1942 Joint Strike 1

Hampir semua gamer yang pernah mencicipi Nintendo di masa lalu sudah pasti mengenal judul game pesawat yang satu ini. Anda tentu masih ingat dengan suara khas tembakan dan theme song yang begitu memorable. Sebuah pesawat hijau yang dengan gagah berani berjuang sendiri untuk mengubah alur jalannya perang. Di 1942: Joint Strike ini, Anda masih akan menemukan sensasi pertempuran vertical shooter yang sama, namun tentu saja dengan visualisasi baru yang lebih mumpuni. Game klasik ini dibangun ulang dengan menggunakan engine grafis masa kini, tetapi dengan tetap mempertahankan identitasnya yang begitu memorable. Seperti game-game di masa lalu, Anda juga akan berhadapan dengan hujan peluru yang tidak mudah untuk dihindari. Sederhana, tetapi sekaligus juga menantang. Anda para gamer veteran pasti akan jatuh cinta dengan judul yang satu ini.

Flock!

Capcom Digital Collection Flock 1 Capcom Digital Collection Flock 2

Flock! juga merupakan salah satu game baru yang memang dirilis untuk XBLA di masa lalu dan sempat mendapatkan pujian atas mekanisme gameplay nya yang begitu sederhana, tetapi juga adiktif. Sebagai sebuah game puzzle, Anda akan memerankan sebuah UFO – pesawat alien yang tertarik untuk menculik dan mempelajari hewan-hewan ternak yang tersebar di bumi. Pada intinya, Anda akan menggembala kawanan-kawanan binatang ini melewati berbagai rintangan dan halangan untuk mencapai kapal induk. Hal yang mudah? Tentu saja tidak. Anda butuh perencanaan matang karena terrain yang ada akan membuat Anda memutar otak dengan keras agar dapat membuat kawanan ini bergerak dalam satu alur yang sama dan serentak. Anda juga akan diberi kesempatan untuk mengakses level editor dan menciptakan level Anda sendiri.

Wolf of the Battlefield: Commando 3

Capcom Digital Collection Commando 3 3 Capcom Digital Collection Commando 3 4

Apakah Anda masih mengingat seri Commando ketika NES masih merajai jagat game? Sebagian besar dari Anda tentu pernah memainkan game yang satu ini, walaupun kami yakin Anda tidak pernah mengetahui judulnya. Masih ingatkah Anda dengan game shoot’em up yang memosisikan Anda sebagai tentara berwarna biru tanpa identitas yang terus menembak ke atas, membunuh para tentara musuh yang seolah tak pernah habis. Benar sekali, Anda kini pasti sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang game lawas yang saya maksud. Seri terbaru dengan mekanisme gameplay yang tetap tidak banyak berubah kini ditawarkan oleh Wolf of the Battlefield: Commando 3. Anda tetap akan menghadapi ratusan musuh yang bersiap untuk menerima timah panas dari moncong senjata berat Anda. Anda akan menemukan game penuh kesenangan yang sudah jarang ditemukan di industri game saat ini.

Bionic Commando 2: Rearmed

Capcom Digital Collection Bionic Commando 2 Rearmed 1 Capcom Digital Collection Bionic Commando 2 Rearmed 3

Hampir semua gamer tentu mengenal Commando yang satu ini. Dengan bekal tangan mekanik yang berisikan grappling hook yang hampir mampu melakukan apa saja, Bionic Commando merupakan karakter ikonik yang dihidupkan kembali dari kubur cerita kepahlawanannya di masa lalu. Namun berbeda dengan game berjudul sama yang dihadirkan lewat format dunia tiga dimensi yang bebas, Bionic Commando 2: Rearmed menghembuskan nafas platformer yang sama dengan seri lawasnya di masa lalu. And akan mendapatkan sensasi klasik ini dalam tampilan visualisasi yang patut diacungi jempol. Sebuah kerinduan nostalgia yang anehnya, akan terobati.

Kesimpulan

Capcom Digital Collection 1942 Joint Strike 4
1942: Joint Strike = the best one in this Collection!

Jadi apakah Capcom Digital Collection ini menjadi sebuah game yang pantas untuk dikoleksi? Dibandingakn dengan proyek HD Capcom lainnya (baca: Devil May Cry HD Collection), Digital Collection ini memuat kualitas yang lebih dapat dipertanggungjawabkan. Walaupun sebagian darinya memang sudah dirilis 3-4 tahun yang lalu lewat XBLA, namun bagi Anda – gamer bajakan yang tidak memiliki akses ke layanan distribusi game milik XBOX 360, Digital Collection merupakan jawaban terbaik untuk memuaskan rasa penasaran, sekaligus juga bernostalgia dengan berbagai judul lawas dalam bentuk baru. Menjawab pertanyaan yang dilontarkan di awal, jika Anda merupakan gamer yang merasa “terhubung” dengan salah satu seri lawas di atas atau begitu mendambakan game dengan citarasa multiplayer klasik yang sederhana, maka jawabannya adalah: Iya. Namun jika Anda bukan termasuk gamer dalam kedua kategori ini? Capcom Digital Collection mungkin hanya akan berakhir pada tumpukan game-game berdebu Anda yang tidak pernah tersentuh sama sekali.

 

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…