By

July 17, 2012   ·  

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama Rovio di industri game? Hampir sebagian besar dari kita tentu langsung merujuknya pada salah satu franchise game mobile paling fenomenal – Angry Birds. Dengan game bermekanisme sederhana yang satu ini, Rovio berhasil mencatatkan diri sebagai salah satu perusahaan mobile terbesar di dunia. Memanfaatkan momentum kesuksesan game yang satu ini, Rovio secara konsisten memperkenalkan beragam varian Angry Birds yang lebih inovatif seiring waktu. Benar sekali, kita sedang membicarakan Angry Birds, Angry Birds: Season, dan Angry Birds: Space yang kesemuanya berhasil mencetak angka penjualan yang luar biasa. Hal ini tentu saja memancing tanda tanya besar: Apakah Rovio hanya bisa menciptakan Angry Birds?

Rovio memang tidak memiliki kewajiban untuk membuktikan diri kepada gamer yang mungkin skeptis dengan produk mereka. Mengapa? Karena Angry Birds dan popularitas yang diusungnya sudah cukup untuk membuat perusahaan ini terus hidup. Namun kebutuhan untuk terus berkreasi seolah membuat Rovio tertantang untuk membuktikan diri, tentu saja dengan merilis sebuah seri baru di luar nama besar Angry Birds. Perkenalkan Amazing Alex, sebuah game yang mungkin saja akan memunculkan adiksi yang sempat Anda rasakan lewat game Rovio sebelumnya – Angry Birds. Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Amazing Alex ini? Mampukah Rovio memperlihatkan sentuhan magisnya untuk seri terbaru ini? Saatnya membuktikan.

Berhadapan Dengan Segudang Physics-Puzzle

Tidak ada game yang lebih membuat seorang gamer casual untuk terus memandangi layar perangkat mobilenya selain game-game yang mengusung genre puzzle sebagai kekuatan utama. Game puzzle yang menghadirkan tantangan unik untuk setiap levelnya memang tidak hanya merangsang gamer untuk berpikir, tetapi juga membangun rasa penasaran yang membuatnya terus mencoba berulang kali. Berangkat dari popularitas game terdahulunya yang datang dengan genre yang sama, Rovio juga memperkenalkan Amazing Alex sebagai sebuah game puzzle. Bedanya? Amazing Alex lebih menitikberatkan pada fitur physics yang kini memang menjadi fitur yang tidak dapat dipisahkan dari video game. Sebuah fitur yang akan membuat Anda memutar otak tanpa henti.

Ada lebih dari puluhan stage yang harus Anda lalui untuk membantu Alex melewatkan waktu luangnya. Setiap stage yang terdiri dari beragam benda-benda ini juga memiliki tujuan masing-masing yang akan diperkenalkan di awal permainan. Beberapa menutut Anda untuk membebaskan balon, yang lainnya akan meminta Anda memasukkan bola ke dalam keranjang, atau sekedar menjatuhkan benda tertentu di tempat yang disediakan. Sebuah tujuan yang mungkin terdengar sangat sederhana, hingga Anda menemukan bahwa Alex tidak akan mengandalkan cara-cara konvensional untuk mencapainya. Ia mengandalkan benda-benda.

Setiap level akan memiliki tujuannya sendiri-sendiri. Namun untuk mencapainya, Anda harus menanggalkan semua cara-cara konvensional.

Akan ada beberapa item yang dapat Anda hadirkan dan manipulasi di dalam level untuk memicu sebuah reaksi berantai.

Benar sekali, Amazing Alex adalah game yang menuntut Anda untuk menciptakan sebuah chain reaction untuk mencapai misi tertentu. Setiap stage akan menyediakan beberapa benda dalam kondisi default serta beberapa benda yang dapat Anda manipulasi dan tempatkan secara bebas di dalam stage. Anda bisa memutar, menempatkan, membalik, atau bahkan memainkan ukuran mereka. Anda harus dapat memicu sebuah reaksi berantai yang akan berujung pada tercapainya misi yang ada. Namun jangan mengira bahwa Anda kan melakukan segalanya dengan mudah. Sebagai sebuah game berbasis physics-puzzle, hampir semua hukum fisika berlaku di sini: gravitasi, daya dorong, kecepatan, daya tarik, massa, gaya pendulum, dan sifat zat masing-masing. Anda akan mendapatkan reaksi hubungan seperti di dunia nyata. Balon akan pecah dengan gunting, tali terhubung yang lebih tinggi akan menghasilkan gaya pendulum yang lebih besar, dan sebagainya. Anda harus menghubungkan setiap benda yang ada, sembari mempertimbangkan efek physics yang mungkin ditimbulkan, memicu sebuah reaksi berantai, dan mencapai kesuksesan misi. Sebuah mekanisme “sederhana” yang sebenarnya mudah untuk dicapai, hingga Anda menemukan sistem rewardnya: bintang.

Bagaimana caranya mendapatkan semua bintang di level ini? Tantangan seperti inilah yang akan terus menuntut otak Anda terus bekerja.

Benar sekali, seperti layaknya sistem reward yang Anda temukan di Angry Birds, Anda juga akan menemukan tiga bintang yang tersebar di dalam setiap stage. Bintang-bintang ini tentu menjadi “objektif kedua” yang akan membuat Anda terdorong untuk mengumpulkannya. Di sinilah, pesona Amazing Alex mengemuka. Tidak sekedar hanya menyelesaikan misi yang terbilang sederhana, mampukah Anda mengumpulkan ketiga bintang tersebut sembari melakukannya? Tantangan inilah yang akan mendorong Anda terus mencoba, menjajal beragam alternatif jawaban dan kombinasi reaksi yang ada. Bintang seolah menjadi lambang harga diri? Menyelesaikan sebuah misi dengan hanya dua bintang? Shame on me!

Pages: 1 2

Related Articles:

Tags: , , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()