By

December 27, 2012   ·  

Hampir sebagian besar penggemar game military shooter tentu mengenal nama besar Ghost Recon. Ketika game-game bertipe serupa mengusung gameplay dengan cita rasa arcade yang lebih kental, Ghost Recon memberikan pendekatan yang berbeda. Sejak awal kelahirannya sebagai salah satu franchise yang sangat diperhitungkan, Ghost Recon lebih dikenal karena kebutuhannya yang menuntut gamer untuk berpikir lebih strategis daripada sekedar maju bertempur dan membunuh semua musuh yang ada dengan gaya rambo. Butuh perencanaan matang sebelum Anda memutuskan untuk bergerak untuk mencapai objektif yang Anda butuhkan secara tim. Konsep inilah yang sudah melekat dengan nama Ghost Recon.

Perlahan namun pasti, arah ini mulai berubah. Ubisoft tampaknya berusaha mengubah identitas utama Ghost Recon sebagai sebuah franchise, terutama dari sisi gameplay-nya yang paling utama. Kehadiran Future Soldier boleh dibilang sebagai salah satu monumen yang memperkuat hal tersebut. Setelah selama ini dikenal sebagai sebuah game FPS, Future Soldier tampil sebagai game third person shooter, dengan perangkat teknologi futuristik yang kian canggih. Permainan tetap taktis, namun dengan sedikit cita rasa arcade yang lebih kental. Berhasil menarik hati banyak gamer penggemar military shooter, Ubisoft juga memperkenalkan seri “berbeda” yang tidak kalah menarik. Bagaimana jika “konsep” Future Soldier ini diterapkan dalam sebuah game MMO third person? Maka Anda akan mendapatkan Ghost Recon: Online.

Termasuk salah satu proyek yang cukup diantisipasi tahun ini, Ghost Recon: Online akhirnya memasuki masa open beta beberapa bulan yang lalu. Sebagai sebuah game online, ia memang tetap menarik untuk dibahas walaupun terhitung waktu open beta yang sudah cukup lama. Apalagi, ia bisa saja menjadi alternatif super menarik untuk dijadikan sebagai game untuk menghabiskan masa libur akhir tahun Anda. Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Ghost Recon: Online ini? Mengapa Anda harus meliriknya?

It’s A Third Person Shooter MMO

Mengusung format gameplay yang serupa dengan Ghost Recon: Future Soldier, Ghost Recon: Online mengusung third person shooter sebagai inti gameplay yang utama.

Mengambil desain yang diterapkan untuk Ghost Recon: Future Soldier, Ghost Recon: Online mengusung mekanisme gameplay yang serupa, hanya saja kali ini, dalam format MMO. Tidak lagi bertempur dengan para AI musuh yang mudah ditaklukkan, Anda kini harus bertempur dengan gamer-gamer lain di seluruh dunia, tentu saja dengan tingkat kemampuan dan pemikiran strategis yang jauh lebih sempurna. Seperti apa mekanisme gameplaynya sendiri?

Seperti sebuah game third person shooter, Ghost Recon: Online memang tidak menawarkan animasi gerak dan mekanisme gameplay baru yang inovatif. Bagi Anda yang sudah sering memainkan genre game ini sebelumnya, sudah pasti akan dapat menguasai Ghost Recon: Online dalam waktu dekat. Anda dapat berlari, mengendap, dan berlindung di balik setiap tembok yang Anda temui. Tidak hanya menembak dari sudut pandang orang ketiga, Anda juga dapat masuk ke dalam mode first person shooter dengan melakukan zoom pada senjata yang sedang Anda gunakan. Permainan akan sangat ditentukan pada seberapa baik Anda mencari spot bersembunyi terbaik, melakukan cover dan mendapatkan buff akurasi yang akan sangat membantu, dan bekerja sama dengan anggota team lain untuk menyerang bersama dan merebut objektif tertentu.

Anda masuk ke dalam mode FPS ketika melakukan zoom dengan senjata.

Mempertahankan identitasnya sebagai franchise military shooter yang membutuhkan keahlian untuk berpikir strategis, Ghost Recon: Online juga mengusung kekuatan yang sama. Daripada bertempur sendiri dan bertindak ala Rambo, kerjasama antara anggota tim yang lain menjadi poin permainan yang krusial.

Ada ragam kelas yang bisa Anda pilih: Assault, Recon, dan Specialist.

Setiap serangan yang Anda lakukan akan memberikan damage tertentu yang kemudian direpresentasikan dengan angka. Tentu saja, semakin vital serangan yang Anda lakukan, semakin besar pula damage yang Anda hasilkan. Anda juga akan diberikan kebebasan untuk memilih satu di antara tiga kelas: Assault, Recon, dan Specialist dengan senjata dan kemampuan uniknya masing-masing. Assault didesain untuk pertempuran jarak dekat dan rush, Recon identik dengan sniper dan kemampuan untuk menginfiltrasi secara cepat, dan Specialist yang diperkuat dengan senjata-senjata berat dan support di barisan depan. Dinamika kerjasama antar kelas ini juga akan menjadi faktor penentu apakah tim Anda akan mampu mendominasi pertempuran atau tidak.

Seperti halnya Ghost Recon: Future Soldier, Ghost Recon: Online juga membawa timeline pertempuran jauh di masa depan. Walaupun tidak terlihat dari ragam senjata yang digunakan, namun setiap kelas akan dibekali dengan device teknologi canggih yang dapat digunakan dalam waktu yang sangat terbatas di dalam pertempuran yang sedang berlangsung, dengan efek uniknya sendiri. Sebagai contoh, Assault akan dibekali dengan kemampuan “Heat” – sebuah device yang akan menembakkan panas dalam jarak tertentu. Musuh yang terkena Heat ini akan mendapatkan damage / detik dan akan mati jika tidak menghindar dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, fokus pertempuran mereka juga akan terus terganggu selama Heat ini berlangsung. Ini tentu saja menjadi device yang sempurna untuk melakukan sedikit support, atau berhadapan dengan team sniper yang memang lebih sering berdiam di satu titik. Recon dan Specialist juga memiliki ragam device yang berbeda. Beberapa Recon terlihat mampu mengaktifkan invisibility cloak dan “menghilang”, sementara Specialist mampu menciptakan shield area anti-peluru dalam waktu tertentu.

Melakukan cover, bersembunyi, dan menembaki musuh yang lengah akan menjadi kunci terbaik untuk memenangkan setiap pertempuran di Ghost Recon: Online.

Setiap kelas pasukan akan dibekali dengan device teknologi tinggi uniknya masing-masing. Sebagai contoh? HEAT dari Assault yang memungkinkan Anda untuk memancarkan panas tingkat tinggi ke area pandang yang ada. Panas ini akan menimbulkan damage over-time dan pandangan yang berbayang bagi sang target. Hanya dapat digunakan dalam waktu terbatas, device-device ini membutuhkan waktu cooldown tertentu untuk dapat digunakan kembali.

Sayangnya, Anda masih belum diberikan kebebasan untuk memilih mode pertempuran yang Anda inginkan di masa Open Beta ini. Match dipilih secara random dan sebagian besar berakhir pada Conquest.

Bagaimana dengan mode pertempurannya sendiri?  Sayangnya, Anda tidak diberikan kebebasan mutlak selama masa open beta ini, setidaknya untuk menentukan mode permainan yang Anda inginkan. Anda hanya diberikan pilihan untuk mencari match dan server akan menempatkan Anda secara otomatis ke pertempuran yang memang masih membuka “lowongan”. Dari semua match yang ada, besar kemungkinan Anda akan lebih sering terlibat dalam Conquest Mode, dimana Anda diminta untuk merebut wilayah pertempuran dalam kurun waktu tertentu. Dibagi dalam dua ronde untuk setiap pertempuran, kemenangan akan ditentukan dari akumulasi jumlah daerah yang berhasil direbut dalam dua ronde ini. Selain itu, beragam award juga akan dihadirkan untuk user kelas terbaik, MVP, hingga mereka yang berhasil menelurkan kill streak terpanjang. Extra EXP dan uang akan menjadi reward untuknya.

Setting Pertempuran yang Mendukung!

Salah satu yang cukup menarik dari Ghost Recon: Online adalah keberhasilan mereka untuk menciptakan medan pertempuran yang cukup kuat untuk mendukung atmosfer pertempuran yang dibutuhkan. Selain detail dan visualisasi yang pantas untuk diacungi jempol, setiap elemen kecil di dalam level ini berhasil dibangun untuk menciptakan alur permainan yang lebih dinamis. Hasilnya? Anda tidak akan  “terjebak” dalam sebuah alur permainan statis yang membuat Anda tidak mampu melakukan apapun ketika berada dalam kondisi tertekan oleh serangan musuh.

Desain medan pertempuran yang dibangun, harus diakui berhasil menciptakan atmosfer epik tersendiri. Namun bukan itu saja keunggulan desain yang ada.

Tidak hanya menarik mata lewat desain yang ada, setiap medan juga menyediakan banyak tempat untuk melakukan cover dan bersembunyi. Kebutuhan seperti ini akan membuat pertempuran kian dinamis.

Dengan map yang terhitung luas, selalu ada celah untuk mencari jalan alternatif, menyusup, dan berusaha menghabisi musuh dari titik-titik yang tidak pernah mereka prediksikan sebelumnya. Medan juga dibangun untuk memastikan bahwa kebutuhan Anda untuk melakukan cover atau sekedar bersembunyi terpenuhi dengan sangat baik. Ada begitu banyak tembok yang bisa Anda manfaatkan, bahkan hingga yang paling remote dan terkecil sekalipun. Sementara jika Anda berada di pihak penyerang, maka desain seperti ini tentu saja menjadi ekstra pusat perhatian lebih. Anda tidak bisa sekedar berlari menuju objektif yang Anda inginkan tanpa memerhatikan kondisi di lingkungan sekitar. Akan lebih aman jika Anda melakukan cover dan bergerak secara perlahan untuk meminimalisir potensi ancaman. Sniper juga akan dibekali dengan ragam termpat bersembunyi yang akan menguntungkan mereka. Namun tentang saja, Anda juga akan dibekali dengan teknologi untuk melakukan mark lokasi musuh agar teman tim Anda bisa lebih waspada.

Pages: 1 2

Related Articles:

Tags: , , , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()