By

February 18, 2013   ·  

Mendekati tanggal 20 Februari 2013, tanggal dimana Sony diyakini akan mengumumkan konsol generasi terbaru mereka – Playstation 4 kepada publik, beragam rumor terus saja bermunculan. Setelah beberapa informasi yang mengindikasikan spesifikasi dan beberapa game eksklusif yang akan hadir menemaninya, kini sebuah rumor lain muncul kembali. Anda masih ingat dengan Gaikai? Benar sekali, layanan streaming dari Jepang yang dibeli Sony beberapa waktu yang lalu ini memang sempat dikabarkan akan menjadi fitur utama Playstation 3. Banyak yang penasaran dengan fungsi yang dapat diadaptasikan untuknya, namun rumor yang satu ini tampaknya menjadi penjelasan paling logis yang bisa dihasilkan. Jawabannya? Playstation 3!

Playstation 4 “Orbis” memang sempat dirumorkan  tidak akan mendukung kemampuan backward compability, kemampuan untuk memainkan game Playstation generasi sebelumnya. Namun Sony tampaknya punya strategi dan solusi lain dengan memanfaatkan resource yang baru saja mereka beli dengan harga mahal – Gaikai. Menurut sumber informasi yang dikutip dari Wall Street Journal, gamer Playstation 4 akan dimungkinkan untuk memainkan game Playstation 3, namun tidak secara fisik, melainkan dengan proses streaming lewat Gaikai. Microsoft juga dikabarkan berencana melakukan hal yang sama, namun menarik diri karena perhitungan biaya yang tampaknya tidak menguntungkan. Apakah fitur streaming game PS 3 lewat Gaikai ini memang benar adanya? Seperti biasa, Sony belum mau memberikan konfirmasi apapun.

Playstation 4 dirumorkan akan menggunakan Gaikai yang mereka beli beberapa waktu lalu untuk proses streaming game-game Playstation 3, mengingat fitur backward compability yang dihapuskan. Sony sendiri belum memberikan konfirmasi apapun terkait rumor ini.

Lantas, apa konsekuensinya untuk para gamer Indonesia? Bagi mereka yang sudah membeli lusinan game original Playstation 3, ini tentu saja menjadi pukulan yang keras untuk kesetiaan mereka. Dengan tanpa kemampuan backward compability, Sony sudah pasti akan menyuntikkan metode lain agar para gamer dapat mengklaim game yang sudah mereka beli secara fisik untuk diadaptasikan secara digital. Namun, masalah lain muncul. Dengan kecepatan internet yang begitu terbatas di Indonesia, apakah proses streaming game dengan data besar lewat Gaikai dimungkinkan? Apakah gamer yang sudah mengorbankan uang untuk membeli game original Playstation 3 di Indonesia akan dapat menikmatinya?  Sebuah jawaban yang mungkin akan kita temukan di 20 Februari 2013 mendatang.

Bagaimana menurut Anda sendiri tentang streaming game Playstation 3 lewat Gaikai ini? Yes or No?

Totally my reaction..

Related Articles:

Tags: , , , , ,

Comments


Readers Comments ()