By

February 13, 2013   ·  

Racik dan Bangun Senjata Anda Sendiri!

Prepare for your doom, Necromorph!

Masih ingatkah Anda dengan konsep Power Nodes yang menghiasi dua seri Dead Space sebelumnya? Item kecil super penting yang satu ini memang memungkinkan Anda untuk memperkuat senjata dan armor dengan mekanisme yang super sederhana, seperti layaknya sebuah sistem skil di game-game RPG. Anda hanya tinggal memilih atribut, mengikuti jalur, dan memperkuat semua hal yang Anda inginkan. Sementara untuk item, peluru, dan beberapa item penting lainnya, Anda bisa menggunakan credit yang Anda dapatkan untuk dibelanjakan secara langsung. Sebuah sistem yang akhirnya dirombak besar-besaran oleh Visceral untuk Dead Space 3, menghasilkan sebuah mekanisme baru yang lebih kompleks dan menarik. Selamat datang di dunia Crafting!

Tidak lagi sekedar memilih dan membeli, Anda kini harus membangun senjata dan upgrade armor yang Anda gunakan. Seperti layaknya sistem crafting yang biasa Anda temukan di game RPG, setiap senjata dan upgrade armor kini akan membutuhkan komponen spesifik tertentu untuk dapat dibangun dan dieksekusi. Komponen-komponen ini dapat Anda temukan dengan beberapa cara: mendapatkannya sebagai loot dari Necromorph maupun Inner Circle yang berhasil Anda tundukkan, sebagai bayaran dari menjual item tertentu, hingga dari mekanisme scavenger bots yang dapat Anda tugaskan di titik-titik khusus untuk mengumpulkan resource dalam waktu terbatas. Semua tindakan ini akan membantu Anda mengumpulkan komponen yang Anda perlukan untuk meracik dan membangun semua hal yang Anda butuhkan, dari sekedar senjata, item, hingga penguatan armor.

Tidak lagi mengusung mekanisme sederhana dengan Power Node, Anda kini harus mengumpulkan serangkaian komponen spesifik sebelum mampu memperkuat senjata dan armor, atau bahkan menciptakan item tertentu. Sistem shop dinihilkan dari seri ketiga ini.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan loot komponen, dari membunuh musuh, menjual item, hingga menugaskan scavenger bot Anda untuk mencarinya di tempat-tempat khusus.

Butuh memperkuat armor? Pastikan Anda memiliki komponen dalam kuantitas yang dibutuhkan.

Namun salah satu elemen yang mendapatkan konsekuensi paling ekstrim dari sistem crafting ini tentu saja adalah benching senjata yang dulunya tampil sangat sederhana. Hilangnya sistem shop yang memungkinkan Anda untuk sekedar membeli kini digantikan dengan sistem membangun. Dengan komponen dasar yang ada, Anda bisa membangun sebuah senjata dari dasar, baik berdasarkan kreasi sendiri maupun didasarkan pada blue print yang ada. Menetapkan frame, upper tool, lower tool, core, hingga ujung senjata akan menghadirkan efek yang berbeda-beda satu sama lain. Pada dasarnya, Anda bisa menciptakan sebuah senjata dengan dua ujung dan efek yang berbeda-beda kali ini. Sebuah Contact Beam dengan Plasma Cutter di bawah atau sebuah Javelin Gun dengan Rifle? Why not!

Salah satu implikasi paling krusial dari sistem crafting ini adalah kebebasan untuk menciptakan senjata dalam bentuk yang Anda inginkan. Dipecah ke dalam part, Anda bisa membangun senjata beradasarkan kreativitas ataupun blueprint yang ada.

Tidak hanya sekedar membangun, Anda juga dapat memperkuat senjata racikan Anda dengan buff-buff permanen tertentu, baik menggunakan circuit yang akan memperkuat status maupun beberapa aksesoris yang akan menghasilkan efek tertentu.

Sudah membangun senjata yang Anda inginkan? It’s time to test it on Necromorph! Pastikan Anda menggunakan senjata yang memang cocok dengan gaya bermain Anda.

Tidak hanya sekedar membangun, Anda juga dapat memperkuat senjata yang sudah Anda bangun dengan dua cara: Anda bisa menyuntikkan beragam circuit yang Anda dapatkan di sepanjang permainan untuk memberikan buff-buff spesifik secara permanen, atau Anda dapat menyuntikkan dua aksesoris tambahan yang dapat memberikan efek tertentu kepada senjata yang Anda gunakan. Salah satu favorit kami? Menyuntikkan teknologi statis-coating yang memungkinkan senjata Anda untuk menimbulkan sedikit efek Statis pada target yang sedang Anda buru. Memaksimalkannya dengan upgrade armor yang memungkinkan efek statis berlangsung lebih lama dan efektif? You just got yourself the deadliest weapon in the game, apalagi jika Anda berfokus untuk memaksimalkan damage Plasma Cutter Anda hingga batas sejajar dengan sebuah Contact Beam.

Kini Dengan Side Mission

Tidak lagi berjalan linear, Isaac akan menemui beberapa side mission di bar “Optional Mission” yang sayang untuk dilewatkan. Misi sampingan ini biasanya menawarkan reward krusial, dari sekedar komponen crafting hingga part senjata yang langka.

Bingung harus bagaimana menyelesaikan side mission ini? Anda hanya tinggal memilihnya dari opsi dan tracker Anda akan secara otomatis mengarahkan Anda pada objektif yang perlu dilakukan.

Perjalanan Isaac untuk mencari dan membongkar misteri yang menyelimuti kehadiran The Markers kini jauh lebih kompleks dari sebelumnya. Usaha untuk memecahkan kebuntuan dari pemanfaatan teknologi alien yang satu ini tidak lagi berfokus pada sebuah jalan cerita linear yang seperti dua seri sebelumnya, tetapi juga memuat beragam side mission yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Pada beberapa titik dalam permainan, sebuah UI akan muncul dan mengindikasikan kehadiran side mission yang dapat Anda pilih. Dengan memilihnya dari menu yang ada, tracker Anda secara otomatis akan mengarahkan Anda pada misi tersebut dan hal apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Mengapa setiap side mission ini begitu berharga? Selain menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap terhadap semesta Dead Space, ia juga akan memberikan reward berharga di ujungnya, dari sekedar komponen hingga blue print ynag terlalu sayang untuk dilewatkan.

Pages: 1 2 3 4

Related Articles:

Tags: , , , , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()