By

March 26, 2013   ·  

Menikmati sebuah franchise tahunan memang berpotensi menimbulkan kebosanan di sisi gamer, apalagi jika ia tidak menawarkan hal baru yang menarik untuk dilirik. Namun kasus yang berbeda tampaknya terjadi dengan franchise open world andalan dari Ubisoft – Assassin’s Creed. Walaupun mekanisme gameplay-nya sendiri tidak mendapatkan inovasi yang signifikan dari satu seri ke seri selanjutnya, namun cerita dinamis yang terus memperlihatkan progress dan dunia open world berbasiskan sejarahnya yang indah selalu menjadi formula yang menjual. Kebijakan yang sama juga tampaknya akan diterapkan di seri terbaru Assassin’s Creed IV:Black Flag. Ubisoft akhirnya memperlihatkan sedikit gambaran akan apa yang ditawarkan oleh seri ini lewat sebuah trailer perdana.

Mengusung tema pertempuran di laut sebagai nilai jual utama dan peran sebagai Edward Kenway – kakek dari Connor Kenway dari AC III – sebagai bajak laut, banyak gamer yang tentu penasaran dengan mekanisme gameplay seperti apa yang akan diusung oleh seri ini. Seperti yang diprediksikan sebelumnya, trailer gameplay pertama ini memperlihatkan begitu banyak perang kapal laut. Meriam-meriam berukuran besar saling bertempur dan menghancurkan. Ubisoft juga memberikan sedikit intipan tentang eksplorasi darat yang tetap dipertahankan. Hal yang berbeda? Selain kesempatan untuk menggunakan dua senjata sekaligus untuk bertempur, Edward kini juga tampaknya dapat mengeksplorasi isi lautan dan mencari harta karun di sana. Anda akan bertemu dengan ragam makhluk laut dan menawarkan pengalaman bermain yang lebih eksotis. Sayangnya, tidak terlihat sosok masa kini yang biasanya menjadi narator dalam Animus.

Tidak hanya eksplorasi di darat, trailer gameplay perdana Black Flag juga memperlihatkan sisi eksplorasi dalam laut. Edward tampaknya dapat menyelam, mencari harta karun, dan berhadapan dengan binatang-binatang laut yang eksotis.

Assassin’s Creed IV sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 1 November 2013 mendatang, tidak hanya untuk PC, Playstation 3, dan XBOX 360, tetapi juga varian konsol next-gen dari beragam produsen. Seperti mendengar keinginan gamer yang memberikan penilaian positif pada fitur Naval War di AC III, Ubisoft menawarkannya sebagai integrasi gameplay untuk AC IV: Black Flag ini. Kemampuan untuk mengeksplorasi laut, menyelam, dan bertemu dengan beragam makhluk eksotis di dalamnya tentu saja menjadi nilai jual yang membuat seri ini pantas untuk diantisipasi.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda termasuk gamer yang menantikan seri terbaru ini atau Anda sudah mulai bosan dengannya?

Related Articles:

Tags: , , , , ,

Comments


Readers Comments ()