By

March 5, 2013   ·  

 

Jika kita membicarakan salah satu tokoh protagonis wanita paling ikonik di industri game, maka nama besar Lara Croft tentu saja tidak bisa dilepaskan darinya. Lahir dari franchise lawas yang menantang – Tomb Raider, Lara Croft selalu terlibat dalam petualangan penuh aksi keren yang dipadukan dengan rangkaian puzzle yang akan memaksa otak gamer untuk terus berpikir keras. Tidak perlu diragukan lagi, ia tumbuh menjadi sebuah legenda, sebuah ikon yang merepresentasikan tidak hanya sensualitas, tetapi cikal bakal lahirnya seorang heroine yang mampu menempatkan diri di hati para gamer. Setelah sempat tenggelam dan hilang untuk waktu yang cukup lama, Tomb Raider akhirnya dihidupkan kembali oleh Crystal Dynamics dan Square Enix dalam sebuah seri reboot yang akhirnya dirilis. Menceritakan petualangan awal Lara, Anda seolah diajak untuk menyelami kisah yang membentuk kepribadian dan ketangguhan sang Croft yang selama ini kita kenal. Semuanya disajikan dalam sebuah cita rasa yang berbeda.

Kesan Pertama

Lupakan semua hal yang pernah Anda ketahui tentang Tomb Raider sebelum menjajal seri reboot yang satu ini. Apa pasal? Berbeda dengan rangkaian petualangan Lara Croft sebelumnya yang terlihat menyenangkan, Anda akan dipaksa untuk menjelajahi sebuah dunia yang lebih gelap dan brutal di Tomb Raider terbaru ini. Berperan sebagai Lara Croft muda, Anda akan dihadapkan pada rangkaian kejadian yang memilukan, setidaknya cukup untuk membuat Anda terperangkap dan membangun keterikatan secara emosional dengan sosok yang satu ini. Dengan setting sebuah pulau misterius di sekitaran Jepang yang bernama Yamatai, Crystal Dynamics harus diakui berhasil membangun atmosfer permainan yang dibutuhkan dengan sangat baik.

Dari segi visualisasi, Anda akan dimanjakan dengan landscape pulau yang indah dan sinematik, sekaligus penuh dengan detail cuaca yang luar biasa. Desain karakter, termasuk sosok sang Lara Croft muda juga pantas untuk diacungi jempol. Ia memang tidak terlihat sensual seperti sosok Lara yang selama ini kita kenal, namun tetap akan dengan mudah membuat Anda jatuh cinta dengannya. Ada keinginan untuk terus melindungi sosok Lara yang masih lemah ini, apalagi ketika ia harus berhadapan dengan beragam ancaman yang belum pernah ia temukan sebelumnya. Untuk memperkuat sisi emosi yang sudah terjalin antara gamer dan Lara, Crystal Dynamic bahkan berani untuk menyuntikkan animasi kematian yang brutal untuk sosok ikonik yang satu ini. Cukup untuk membuat Anda memalingkan wajah dari monitor ataupun ikut menjerit kesakitan setiap kali Anda tidak sengaja “membunuhnya”.

Square Enix dan Crystal Dynamics tampaknya tidak ragu untuk melakukan reboot, tidak hanya di sisi cerita dan karakter, tetapi juga di aspek gameplay secara ekstrim. Tidak lagi hadir sebagai sebuah game action platformer yang hanya menuntut Lara untuk  melompat, beraksi, dan menyelesaikan puzzle, Anda kini diberikan kebebasan untuk menjelajahi luasnya Yamatai dalam sebuah skema open world. Benang merah cerita yang linear memang ditawarkan, namun kini dengan ekstra kebebasan untuk menyelesaikan beberapa side mission kecil yang akan menuntut Anda terus mengeksplorasi pulau yang indah sekaligus menyeramkan ini. Lara sendiri juga akan tumbuh kian mahir seiring dengan progress permainan, melalui sistem skill dan upgrade untuk senjata. Animasi gerak dan bertarungnya juga menjadi jauh lebih hidup, cukup mengingatkan Anda akan game third person dengan cita rasa serupa seperti Uncharted, misalnya.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, sekaligus juga berjuang untuk menjelajahi luas dan dalamnya pulau Yamatai hingga ke akarnya, izinkan kami untuk memberikan screenshot fresh from oven untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran tentang Tomb Raider reboot ini. Tenang saja, bagi Anda yang penasaran dengan efek TressFX hair yang sempat digembar-gemborkan oleh AMD dan Crystal Dynamics beberapa waktu silam, kami akan melakukan komparasinya di artikel review minggu depan. Sekaligus menentukan seberapa signifikan perbedaan yang ada, apakah perbedaan gaya rambut ini berpengaruh besar terhadap pengalaman yang ada. Ladies and gentlemen, may we present to you, the one and the only – the gorgeous – Lara Croft!

Pages: 1 2 3 4

Related Articles:

Tags: , , , , , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()