By

April 16, 2013   ·  

 

Setelah sempat membicarakan game-game eksklusif konsol yang akan membuat sebagian besar gamer PC hanya bisa gigit jari dan menumbuhkan rasa iri, Jagat Play kini hadir dengan segudang list untuk membicarakan hal berkebalikan dari artikel yang sempat dirilis minggu lalu ini. Walaupun konsol sebagai platform yang didedikasikan untuk gaming memang menawarkan varian game eksklusif yang terhitung luar biasa masif secara kuantitas, namun PC juga memiliki pesona yang tidak kalah menariknya. Tidak hanya sekedar menawarkan kualitas grafis yang tampil jauh lebih maksimal untuk game-game yang dirilis secara mutliplatform, PC juga memiliki game-game eksklusif yang tidak kalah menariknya.

Walaupun boleh terbilang lebih inferior secara kuantitas, namun kualitas dari game-game eksklusif PC ini  boleh disandingkan dengan game-game eksklusif untuk beragam konsol dan handheld yang tersebar di pasaran. Sayangnya harus diakui, pilihan genre yang ada sangatlah terbatas. Sebagian besar game eksklusif yang dirilis di PC hanya mengusung satu dari dua genre yang ada, jika tidak MMO, maka ia akan dirilis sebagai sebuah game real-time strategy. Sementara genre yang lain menjadi karya berharga yang sulit untuk ditemukan. Bagian terbaiknya? Integrasi internet seolah menjadi bagian yang tidak terpisahkan darinya, sekaligus juga menjadi fitur untuk memaksimalkan setiap pengalaman gaming yang ada. Salah satu perbedaan yang juga mencolok juga ada pada bentuk mekanik gameplay yang biasanya memang lebih ditujukan untuk dimainkan dengan keyboard dan mouse.

Dari semua game yang bertebaran luas di industri game, game-game eksklusif PC apa saja yang berhasil tampil memesona hingga cukup untuk membuat gamer konsol penasaran dan gigit jari? Kami merangkumnya untuk Anda.

10. Torchlight 2

Sebagian besar gamer konsol mungkin akan mengasosiasikan nama action RPG isometrik PC dengan nama besar Diablo, namun sesungguhnya, sebuah pesaing yang mungkin tidak pernah diperhitungkan – Torchlight memperlihatkan kualitas yang jauh lebih baik. Dirilis eksklusif untuk PC, Torchlight 2 tidak  hanya mengintegrasikan gameplay RPG isometrik klasik dengan kebebasan untuk membangun karakter seunik yang diinginkan, tetapi juga mengintegrasikan mode multiplayer ke dalamnya. Komitmen Runic Games untuk tetap mempertahankan eksklusivitas nama ini di jajaran PC juga pantas untuk diacungi jempol, sementara di sisi yang lain – Blizzard sudah mengkonfirmasikan kehadiran Diablo 3 untuk pasar Playstation 3 dan Playstation 4. Walaupun terlihat cukup “kartun” untuk sebuah game isometrik RPG, Torchlight 2 akan menawarkan sensasi yang mungkin tidak akan pernah dikecap gamer yang hanya memiliki konsol sebagai platform utamanya.

9. Heroes Might & Magic

Terlepas dari genrenya yang memang sudah melekat kuat dengan status eksklusivitas PC, namun sebuah game turn-based strategy, apalagi yang menuntut daya otak untuk menghasilkan langkah-langkah strategis setiap detiknya boleh dibilang sebagai  salah satu game paling adiktif yang pernah ada. Salah satu bukti nyatanya? Setiap seri yang dihasilkan dari franchise Heroes Might & Magic. Membangun pasukan dengan beragam karakteristik serangan, kekuatan, dan kelemahan, selalu ada alasan untuk masuk ke dalam pertempuran selanjutnya ketika Anda memainkan game ini. Kekuatan pasukan Anda akan berbanding terbalik dengan waktu tidur Anda. Sementara di sisi konsol, game-game strategi yang ada belum mampu menawarkan adiksi dalam level yang serupa.

8. Tohou Project

Game-game dengan karakter wanita bertema anime? Bukan sesuatu yang sulit untuk Anda temukan di serangkaian platform konsol yang ada. Namun memainkannya dalam format sebuah vertical shooter ditambah dengan tingkat kesulitan yang super menantang? Maka Anda akan mendapatkan Tohou Project yang sementara ini memang dirilis secara eksklusif. Secara kasat mata, gamer konsol yang melihat game ini sekelibat mungkin akan tertawa menyoroti pilihan kami yang satu ini. Namun bagi gamer PC yang memang tidak hanya sekedar melihat game dari tingkat visual, Tohou adalah satu game eksklusif PC yang terlalu sayang dilewatkan. Itupun jika Anda tidak berakhir depresi ketika berusaha menyelesaikannya.

7. Starcraft II

Perperangan besar antara tiga ras, popularitas yang begitu kuat di tingkat kompetisi internasional, dan diakui sebagai salah satu game RTS dengan kekuatan paling berimbang, tidak mengherankan jika mahakarya milik Blizzard Entertainment ini masih tetap menjadi yang paling favorit di kelas genre RTS. Eksklusivitas-nya yang tetap menjadi primadona di PC membuat gamer konsol tidak akan pernah bisa merasakan dan mencicipi salah satu game RTS dengan kecepatan gameplay yang tinggi ini. Terlepas dari konsep marketingnya yang mungkin terkesan terlalu komersial, namun antisipasi yang tinggi terhadap kehadiran Heart of Swarm dan Legacy of Void  memperlihatkan antusiasme para gamer penggemar RTS yang seolah tidak pernah padam.

6. Guild Wars 2

MMORPG adalah arsenal utama yang dimiliki PC untuk mempertahankan statusnya sebagai platform gaming yang memiliki game-game eksklusif yang menarik untuk dilirik. Diterpa dengan segudang game multi-platform yang lebih banyak dibangun dan didesain untuk memfasilitasi kebutuhan gamer konsol, MMO adalah format yang memang diciptakan dan dimaksimalkan untuk PC, apalagi ketika kita membahas MMORPG yang lebih kompleks. Salah satu yang terbaik saat ini? Tidak diragukan lagi – Guild Wars 2. Visualisasi yang mumpuni dan gameplay yang adiktif, Guild Wars 2 adalah salah satu alasan mengapa gamer  konsol harus mengumpulkan uang dan membangun PC yang cukup kuat untuk menanganinya.

Pages: 1 2

Related Articles:

Tags: , , , , , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()