By

April 8, 2013   ·  

Fakta bahwa industri game mengalami pertumbuhan yang begitu pesat dalam satu dekade terakhir ini memang menjadi fakta yang tidak dapat diganggu gugat. Tumbuh sebagai media hiburan yang kian mainstream, industri game menelurkan ratusan game lintas platform setiap tahunnya, dari yang mampu menampilkan kualitas yang luar biasa hingga yang terhitung mengecewakan. Playstation 3, XBOX 360, PC, handheld, hingga perangkat smartphone yang kini tersedia luas menjadi media untuk memuaskan hasrat para gamer di seluruh dunia. Untuk memastikan platform-nya berhasil menarik perhatian, tidak sedikit produsen yang kemudian menempuh jalur untuk menyisipkan game-game eksklusif sebagai nilai jual yang esensial. Hasilnya? Gamer dituntut untuk memiliki semua platform yang ada untuk menikmati setiap game ini, termasuk para gamer PC.

Dari semua platform yang tersedia di pasaran, PC memang menjadi yang paling kuat. Sifatnya yang dinamis dan dapat diperkuat sesuai dengan kemampuan sang gamer membuat banyak game yang dirilis secara multiplatform selalu tampil lebih maksimal di platform yang satu ini. Sayangnya, pesona ini ternyata tidak menjadi satu-satunya indikator bagi para developer. Alhasil? Konsol justru memiliki game-game eksklusif dalam jumlah yang lebih masif, membuat banyak gamer PC hanya mampu meratap dan gigit jari. PC memang memiliki kemampuan mentah untuk mengemulasi sebagian besar game-game “eksklusif” ini dan menjalankannya, namun sayangnya, tidak semua. Game-game di konsol lawas, handheld, dan Wii untuk generasi ini memang sudah mampu ditaklukkan oleh PC, namun ada begitu banyak ujung tombak Playstation 3 dan XBOX 360 yang masih belum mampu disentuh.

Dari semua game yang bertebaran di industri game, inilah 10 game yang akan membuat banyak gamer PC menangis, sembari menatap kosong kemampuan mentah PC mereka yang sayangnya, tidak akan berkesempatan untuk menjalankan game-game ini. Apa saja?

10. Tekken 6

Dari semua genre yang bertebaran di industri game, genre fighting memang harus diakui menjadi yang paling jarang bersarang di platform PC. Sebagian developer tampaknya tidak pernah tertarik untuk merilisnya karena mekanisme kontrol dasar yang memang dibangun untuk lebih “akrab” dengan kontroler. Walaupun PC sudah mampu mengadaptasikan mekanisme ini, namun beberapa developer tampaknya tetap enggan. Konsekuensinya? Gamer PC tetap tidak berkesempatan untuk menjajal beberapa franchise game fighting kawakan yang sudah dinikmati gamer konsol cukup lama. Salah satunya? Tentu saja franchise dari Namco Bandai – Tekken. Karakter dan cerita yang terus berkembang dengan sistem gameplay yang berimbang dan mengalir, Tekken memang menawarkan pesonanya tersendiri. Pesona yang tidak akan pernah dicicipi oleh gamer PC.

9. Gran Turismo 5

Sebuah genre racing memang menawarkan sistem gameplay yang sama dari waktu ke waktu, hanya meminta Anda untuk menjadi yang pertama  menyentuh garis finish yang ada. Namun pada kenyataannya, genre ini sendiri terbagi menjadi dua bagian besar – arcade dan simulation. Untuk urusan yang kedua ini, Gran Turismo memang harus diakui merupakan salah satu yang terbaik. Dibangun melalui proses penelitian yang rumit dan penuh detail, Gran Turismo 5 tidak hanya mampu menghasilkan visualisasi yang memesona untuk sebuah konsol dengan teknologi yang terhitung lawas, tetapi juga sensasi berkendara yang luar biasa. Bayangkan apa yang akan mampu dihasilkan oleh PC jika mereka diberi kesempatan untuk menjalankan game yang satu ini. Engine dengan visualisasi yang lebih baik? Sayangnya, ini semua hanya tinggal angan. Sebagai franchise eksklusif Playstation, hampir tidak mungkin Gran Turismo akan singgah di PC, setidaknya dalam waktu dekat ini.

8. Gears of War 2

Gears of War? Bukankah PC sudah pernah berkesempatan menjajalnya lewat port seri pertama? Sayangnya, seri pertama tersebut boleh terbilang hanyalah sebuah “teaser” untuk mendapatkan sedikit gambaran apa yang sebenarnya ditawarkan oleh franchise andalan Epic Games yang satu ini. Namun untuk mendapatkan pengalaman yang paling maksimal, Gears of War 2 adalah jawaranya. Perang melawan para Locust mencapai klimaks-nya di seri kedua ini, membuat setiap pertempuran berlangsung dengan sangat epik, mengalir dari satu perang ke perang lainya. Dari semua seri yang ada, Gears of War 2 memang menjadi masterpiece tersendiri, setidaknya untuk XBOX 360. Fakta bahwa gamer PC tidak pernah berkesempatan untuk menjajal seri ini memang sangat disayangkan. Namun tidak ada yang bisa mereka lakukan selain meratap di ujung ruangan.

7. Monster Hunter 3 Ultimate

Gamer PC mungkin memiliki game hack and slash yang melimpah secara kuantitas, namun yang mampu menawarkan pengalaman sekelas Monster Hunter Series? Belum ada sama sekali. Keunikannya tercipta dari self-management, membangun karakter Anda sesuai dengan gaya yang Anda inginkan dan berburu monster-monster berukuran masif yang membutuhkan strategi khusus. Kesempatan untuk mendapatkan sensasi ini juga diperkuat dengan pengalaman multiplayer yang luar biasa, memungkinkan misi ini dicapai bersama dengan teman seperjuangan yang lain. Sebuah konsep yang tentu saja akan tampil luar biasa untuk platform PC. Walaupun sudah hadir di beberapa platform sebelumnya, namun Monster Hunter kian mengukukan diri sebagai salah satu game action terbaik di kelasnya. Lewat proses emulasi, beberapa gamer PC mungkin dapat menjajalnya, namun untuk merasakannya secara maksimal – hanya tinggal angan.

6. Heavy Rain

Interactive story / drama, gamer mana yang bisa memprediksikan bahwa genre seperti ini ternyata mampu tumbuh menjadi menjadi salah satu kekuatan baru. Tidak memungkinkan gamer untuk bergerak sebebas mungkin, kisah drama seperti ini memuat nilai jual dari jalan cerita bercabang yang semuanya dipengaruhi bagaimana gamer menentukan pilihan yang ada. Salah satu implementasi terbaiknya? Tentu saja adalah Heavy Rain yang dirilis eksklusif untuk Playstation 3. Selain tampil dalam visualisasi yang memanjakan mata, Heavy Rain tampil dalam kualitas cerita yang bisa disandingkan dengan game-game thriller terbaik Hollywood. Bayangkan apa yang bisa mereka capai jika kekuatan seperti ini mampir di platform yang jauh lebih kuat seperti PC. Terlepas dari kesempurnaan yang bisa mereka capai, Quantic tidak pernah tertarik untuk melakukannya. Mereka bahkan merilis teknologi yang lebih mumpuni di Beyond: Two Souls, tetap untuk Playstation 3.

Pages: 1 2

Related Articles:

Tags: , , , , , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()