By

April 16, 2013   ·  

Beragam masalah atau sekedar implementasi ide yang tidak pernah berhasil mencapai titik temu, ada beragam alasan yang membuat sebuah game tidak kunjung memperlihatkan batang hidungnya di pasaran. Tidak sedikit yang bahkan membutuhkan waktu tahunan hingga akhirnya dirilis, bahkan terkadang dengan kualitas yang tetap sama mengecewakannya. Salah satu yang tengah dilanda masalah ini? Tidak lain dan tidak bukan adalah game shooter bertema lawas tahun 60-an – XCOM yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2010 silam. Berbeda dengan seri “The Enemy Unknown” yang mengusung genre strategi, XCOM yang satu ini diperkenalkan sebagai sebuah game FPS murni. Walaupun tampil berbeda dibandingkan seri franchisenya yang lain, XCOM shooter ini tetap diantisipasi. Namun tiga tahun sejak pengumumannya, tidak kunjung ada kabar. Apa yang sebenarnya terjadi dengan game yang satu ini?

Masih menjadi misteri, 2K Marin sebagai pihak pengembang juga seolah bungkam dengan eksistensi game shooter yang satu ini. Sempat mengkonfirmasikan proses pengembangan yang diklaim masih terjadi, 2K Marin memang tidak menyediakan ekstra detail baru apapun. Gawatnya, yang terjadi justru sebaliknya. Secara mendadak, 2K Marin menarik semua “jejak” XCOM shooter ini dari dunia maya, dari mematikan situs resminya sendiri hingga menarik semua video trailer yang sempat dirilis di akun Youtube resmi milik 2K Games. Apakah ini berarti XCOM versi shooter ini sudah dibatalkan? Beberapa rumor lebih meyakini bahwa ini merupakan langkah awal 2K Marin untuk memperkenalkan game ini dalam nama yang baru – The Bureau. Informasi ini sendiri menguat setelah 2K sendiri sempat meregistrasikan domain untuk “The Bureau” dan “whathappenedin62.com”. 2K belum memberikan komentar resmi apapun terkait rumor ini.

Alih-alih mengabarkan progess yang sudah berhasil dicapai, 2K Marin justru menghapus semua informasi soal game shooter XCOM dari dunia maya. Besar kemungkinan hal ini mereka lakukan untuk mengganti namanya yang sempat dicurigai akan berubah menjadi “The Bureau”

Jika memang langkah ini dilakukan untuk menamai kembali “XCOM” versi shooter, maka ini boleh terbilang sebagai salah satu langkah yang bijak. Apa pasal? Sulit rasanya untuk tidak mengasosiasikan nama “XCOM” dengan salah satu franchise game strategi paling menegangkan dan sulit di industri game. Memaksakan diri untuk menyandang nama ini dengan format genre yang berbeda? Besar kemungkinan kritik akan terus melayang, apalagi jika ia gagal menawarkan tema atau memenuhi ekspektasi yang ada. Kita tunggu saja konfirmasi resmi dari pihak 2K.

 

Related Articles:

Tags: , , , , ,

Comments


Readers Comments ()