Menjajal Company of Heroes 2 – Closed Beta: Hadir dengan Kompleksitas Baru!

Reading time:
April 18, 2013
Company of Heroes 2 1

Bagi para penggemar game RTS, nama Company of Heroes dari Relic Entertainment memang bukan lagi sesuatu yang asing. Berbeda dengan sebagian besar game strategi yang menjadikan kuantitas unit sebagai salah satu elemen yang paling berpengaruh terhadap kemenangan, Company of Heroes sangat menggantungkan diri pada kemampuan Anda untuk memaksimalkan setiap unit yang keluar dari barrack maupun armory Anda. Berperang merebut setiap resource yang tersebar luas di sudut peta, Anda harus memastikan bahwa setiap pasukan Anda akan mampu bergerak, bertempur, dan bertahan secara efektif. Identitas yang sama ini pulalah yang berusaha disuntikkan oleh Relic Entertainment di Company of Heroes 2, dengan ekstra elemen yang membuatnya kian kompleks.

Sempat ditakutkan tidak akan pernah menunjukkan batang hidungnya setelah krisis yang menghampiri THQ sebagai sang publisher, Relic akhirnya mulai membagi-bagikan key closed beta Company of Heroes 2 kepada publik. Akuisisi matang yang dilakukan oleh SEGA tampaknya berhasil menjadi jaminan akan eksistensi game yang satu ini. Relic sendiri memang sempat memberikan beberapa klaim tentang sisi gameplay yang diyakini akan tampil lebih dinamis dibandingkan seri pertamanya, dan masa closed beta ini memang dipersiapkan untuk menguji beragam hal baru ini. Walaupun tidak bisa dikatakan merepresentasikan versi final yang akan dirilis pada pertengahan tahun ini, masa closed beta ini cukup untuk memberikan sedikit gambaran akan apa yang Anda dapatkan di versi finalnya nanti. Setidaknya fitur baru seperti apa yang pantas untuk dicatat.

Company of Heroes 2 19

Lantas apa saja yang membuat seri ini berbeda dibandingkan dengan Company of Heroes pertama? Apa yang membuat kami menyebutnya lebih kompleks?

Kini Hadir dengan Faksi yang Berbeda

Company of Heroes 2 5
Welcoming the Soviet Union!
Company of Heroes 2 32
Faksi terbaru ini memang menghasilkan pengalaman uniknya tersendiri, tidak hanya sekedar mengekor faksi Amerika Serikat dari seri sebelumnya.

The axis of evil, Compnay of Heroes pertama mengusung perang besar antara Amerika Serikat melawan tentara Jerman, sementara seri kedua ini lebih difokuskan pada sepak terjang negara superpower yang tidak mungkin dilupakan begitu saja – Uni Soviet. Pertempurannya sendiri masih berkisar pada perang dunia kedua yang epik melawan tentara Jerman yang tentu saja hadir dengan karakteristiknya sendiri di seri kedua ini. Anda akan bertemu dengan beragam unit dan unit-unit militer berat khas Soviet di dalamnya, yang tentu saja membuatnya berbeda dibandingkan dengan pengalaman menggunakan Amerika Serikat sebelumnya. Secara visual dan desain pasukan yang ada, perbedaan ini juga terlihat kentara.

Sisi Gameplay yang Tak Banyak Berubah

Company of Heroes 2 8
Sisi gameplay-nya sendiri tidak banyak berubah. Daripada mengejar kuantitas, kemenangan akan lebih ditentukan dari seberapa baik Anda memaksimalkan setiap unit yang sudah Anda hasilkan.

Janji Relic Entertainment terbukti lewat closed-beta dari seri Company of Heroes 2 ini. Alih-alih terjebak pada format game RTS mainstream, ia tetap menjadikan kemampuan mengendalikan dan memaksimalkan setiap unit yang ada sebagai kunci untuk meraih kemenangan. Kecepatan dan konsistensi untuk melindungi setiap resource yang dihasilkan akan membantu Anda membangun unit yang dibutuhkan. Perbedaannya, Anda akan menemukan sumber daya peluru dan bahan bakar yang jauh lebih sedikit. Untuk meningkatkan kedua elemen ini, Anda dapat memerintahkan pasukan untuk “membangunnya” di setiap resource yang ada. Hal ini tentu saja menyulitkan mereka yang bermain dan bergantung pada kendaraan armor sebagai senjata utama. Butuh strategi ekstra untuk menyikapinya.

Company of Heroes 2 16
Salah satu fitur terbaru yang pantas untuk diacungi jempol adalah opsi manual untuk memastikan kendaraan militer Anda bergerak dalam posisi mundur.
Company of Heroes 2 11
Mereka yang menguasai resource lebih banyak akan menguasai pertempuran.

Mengendalikan unit kini boleh terbilang lebih mudah dibandingkan dengan seri pertama. Ketika Anda memerintahkan sebuah unit untuk bergerak melalui mini map yang ada, user-interface akan secara otomatis memperlihatkan rute yang akan diambil serta aksi yang akan dilakukan olehnya. Hal ini tentu saja membantu Anda untuk memprediksi segala macam kondisi yang mungkin bisa terjadi, termasuk menyusun strategi untuk melakukan infiltrasi dari berbagai area secara instan. Salah satu tambahan fitur yang paling membantu? Anda kini bisa memberikan perintah secara manual ke setiap kendaraan militer untuk berjalan mundur, membuatnya tetap dapat menyerang walaupun Anda memintanya untuk bergerak ke sisi yang lebih aman.

Company of Heroes 2 6
Masa Closed beta ini sayangnya, masih menyisakan unit bangunan dan varian pasukan yang masih terbatas. Tidak lagi keluar dari masing-masing bangunan, markas Anda kini tak ubahnya sebuah command center kecil untuk para pasukan.
Company of Heroes 2 301
Dengan tiga jenderal besar yang dapat dipilih, sistem experience points masih tetap memainkan peranan yang penting di seri kedua ini. Experience akan memperkuat pasukan yang sudah berpengalaman dan akses terhadap beragam serangan spesial yang ada.

Berbeda dengan seri pertamanya, unit kini tidak secara otomatis muncul dari setiap bangunan yang Anda bangun. Menggunakan Russia dan membangun barrack yang dibutuhkan, setiap tank dan conscript yang Anda hasilkan akan masuk ke dalam arena pertempuran dari belakang map, membuat markas Anda tak ubahnya sebuah command center sementara yang terlihat tidak signifikan. Mengingat ini masih merupakan masa closed beta, bangunan dan unit yang Anda temukan di sini memang masih terhitung sangat terbatas, bahkan tidak ada opsi untuk meningkatkannya ke level yang lebih tinggi untuk mendapatkan akses teknologi yang lebih baik.

Company of Heroes 2 20
Anda juga diberi kesempatan untuk memodifiikasi tampilan unit yang ada.

Sistem experience points tetap dipertahankan. Setiap faksi akan terbagi dalam tiga varian Jenderal dengan spesialisasi unit yang berbeda-beda pula, dari yang memang ditujukan untuk bertahan, menyerang, hingga menyediakan support tanpa batas. Sistem experience ini juga tetap dipertahankan untuk setiap unit yang ada dan tentu saja membuka akses terhadap varian serangan spesial yang bisa dipicu dengan mengorbankan sumber daya tertentu. Tidak hanya sekedar melontarkan serangan yang terhitung destruktif, serangan spesial ini juga akan memberikan buff selama jangka waktu tertentu atau sekedar memunculkan unit secara instan ke dalam pertempuran.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…