By

July 8, 2013   ·  

featimage-puasa

Tidak terasa, bulan Ramadhan akhirnya bersiap untuk kembali menyambut kita. Kesempatan untuk menjajal kembali hidup dalam kualitas keimanan yang lebih baik ini memang bukan pekerjaan mudah.  Harus berhadapan dengan serangkaian godaan yang tak ubahnya sebuah ujian, mengubah rutinitas sehari-hari untuk beradaptasi dengan kondisi tanpa makan dan minum memang membutuhkan strategi tersendiri. Apalagi mengingat kita senantiasa dituntut untuk menghasilkan performa yang sama di setiap aktivitas yang dilakukan. Oleh karena itu, cara-cara efektif untuk membuat waktu berlalu lebih cepat tentu menjadi sesuatu yang krusial. Salah satu metode terbaik? Tidak lain dan tidak bukan, gaming!

Menikmati kesenangan dalam batas maksimal, senantiasa tertantang, terserap dalam cerita yang ditawarkan, hingga berjuang untuk menyelesaikan quest yang tidak kunjung habis, bermain video game memang menjadi salah satu cara terbaik untuk menghasilkan efek time-wrap. Anda bisa melewati waktu dengan ekstra cepat, yang sekaligus membuat Anda melupakan rasa lelah, lapar, dan haus sebagai efek dari berpuasa. Walaupun demikian, ada beberapa catatan yang pantas untuk diperhatikan sebelum terlibat dalam aktivtas yang satu ini. Semuanya tentu saja untuk memastikan satu hal: bahwa gaming akan mendukung kegiatan berpuasa Anda dan bukannya muncul sebagai godaan yang justru meluluhlantakkan hal tersebut. Pantas dan membantu Anda untuk membuat waktu terasa lebih cepat? Ada beberapa tips yang kami rangkum untuk membantu Anda mencapai efek optimal untuknya.

Jadi, apa saja 10 tips puasa asyik untuk para gamer?

1. Hindari Game Dengan Tingkat Kesulitan Tinggi

dark souls

Naluri gaming Anda hanya bisa terpuaskan dengan memainkan game-game super sulit? Anda bahkan mendefinisikan diri Anda sebagai gamer hardcore? Memasuki bulan suci yang menuntut Anda untuk mengendalikan emosi, khususnya amarah, menjadi pilihan yang bijak untuk menghindari game-game yang memang dikenal menawarkan tingkat kesulitan yang tinggi seperti ini. Mengapa? Karena besar kemungkinan rasa kesal yang harus Anda hadapi ketika terjebak dalam level atau musuh yang sama berulang kali berpotensi menimbulkan amarah, dan yang akhirnya seringkali diekspresikan lewat tingkat laku ataupun kata-kata kasar. Pilihlah game yang masih bisa “dinikmati” secara tenang selama menjalani bulan Ramadhan.

2. Phone a Friend!

mario kart

Berapa banyak dari Anda yang saat ini lebih sering menghabiskan waktu dengan bermain game secara single player? Walaupun efektif untuk menghasilkan efek time-warp, namun bermain game bersama teman dalam mode kooperatif maupun kompetitif akan membawa efek ini jauh lebih efektif. Bertanding bersama di game-game olahraga seperti PES atau FIFA, misalnya, atau mungkin bertempur bersama di game ala Gears of War atau Army of Two akan membantu Anda melewati waktu lebih cepat. Video game mungkin memainkan peran, namun kesempatan untuk berinteraksi dengan sang teman lah yang akan membantu Anda menghabiskan waktu lebih cepat.Anda bisa saling berbagi cerita, saling mengejek, tertawa, melemparkan lelucon, atau sekedar berkoordinasi untuk menyelesaikan game bersama. Tidak terasa, Anda akan menemukan diri Anda tengah menanti waktu berbuka puasa dalam waktu beberapa menit ke depan.

3. Belajar dari Para Professional

dota 2

Memainkan dan menyelesaikan game tentu saja bukan pekerjaan yang terbilang sulit. Anda hanya tinggal menggenggam kontroler atau memastikan jari-jari Anda menari indah di atas keyboard untuk mengeksekusi beragam gerakan dan serangan paling mematikan. Tujuannya sederhana, menyelesaikan atau memenangkan game apapun yang Anda mainkan. Pertanyaannya kini, sudahkah Anda melakukannya dengan cara yang paling baik dan benar? Ketika kebosanan melanda, Anda bisa menuju ke situs video ternama seperti Youtube untuk melihat bagaimana gamer professional memperlihatkan skill mereka masing-masing. Selain disuguhi dengan performa gaming yang mungkin akan memukau Anda, menonton turnamen internasional seperti ini biasanya juga akan menghasilkan insipirasi untuk gaya bermain Anda di kemudian hari. Membantu Anda berkembang, tetapi sekaligus juga membantu Anda melewati hari, memanfaatkan video gaming di Youtube merupakan alternatif yang menarik untuk dijajal.

4. Tentu saja, Singkirkan Semua Makanan / Minuman!

gaming eat

Apalah artinya berpuasa jika pada akhirnya Anda harus menyerah untuk makan dan minum sebelum berbuka? Masalahnya, ketika Anda terserap begitu dalam di permainan yang tengah Anda geluti, otot Anda seringkali bergerak secara otomatis, tanpa Anda sadari. Kondisi tubuh yang masih beradaptasi dengan rutinitas yang baru dan ketidaksadaran inilah yang mungkin berujung pada blunder besar ini. Bukannya tidak mungkin, ketika Anda begitu asyiknya berusaha menyelesaikan sebuah game dengan fokus pikiran untuk mengalahkan boss yang sulit, tubuh yang tengah kekurangan pasokan energi tiba-tiba memerintahkan tangan untuk mengambil makanan yang berada dalam jangkauan dan memasukannya ke dalam mulut. Semuanya terjadi sebelum Anda sempat mengeluarkan kata “Ups..” dari mulut Anda. Akan jauh lebih aman, jika Anda tidak memberikan tubuh kesempatan, tentu saja dengan memastikan lingkungan gaming Anda jauh dari jangkauan makanan dan minuman.

5. Pilih Game dengan Quest Tanpa Batas

civ 5

Semua video game tentu saja mampu memunculkan efek time-warp, apalagi jika Anda tengah memainakn game-game yang Anda senangi. Namun harus diakui ataupun tidak, ada beberapa game yang memang didesain untuk membuat Anda melupakan waktu dengan sangat mudah. Ciri-ciri utama? Mereka menawarkan desain mekanik dengan  quest yang seolah tidak terbatas, atau membutuhkan waktu yang panjang untuk diselesaikan. Sebuah game yang akan membuat otak Anda terus menuntut Anda untuk bertahan 5 menit lagi, satu level lagi, satu wilayah lagi, satu item lagi, dan seterusnya. Game-game seperti Civilization, The Sims, atau Heroes: Might & Magic termasuk salah satu yang paling efektif melakukan hal ini.

Pages: 1 2

Related Articles:

Tags:

Comments


Readers Comments ()