By

July 11, 2013   ·  

xbox one

Bagai makan buah simalakama, Microsoft dan konsol next-gen teranyarnya – Xbox One memang berada di posisi yang sulit. Setelah perbedaan kebijakan membuat popularitasnya jatuh di bawah Playstation 4, bahkan cukup untuk menimbulkan gelombang negatif untuk terus tumbuh di dunia maya, Microsoft akhirnya mengambil keputusan ekstrim. Mereka mencabut kebijakan DRM dan game bekas yang selama ini menuai kritik. Walaupun posisinya kini setara dengan Sony, namun keputusan ini ternyata menyeret Microsoft ke jurang yang lain – mengkhianati gamer yang justru melihat DRM ini sebagai masa depan gaming yang sesungguhnya. Kekecewaan yang bahkan cukup untuk membuat sebuah petisi online.

Petisi online memang menjadi tren baru di kalangan gamer. Walaupun fakta membuktikan bahwa petisi seperti ini tidak selalu efektif untuk mencapai misi utama yang ada, namun tidak sedikit gamer yang mengandalkan  ini untuk menyuarakan protes atau keinginan mereka. Inilah yang berusaha dilakukan sekelompok gamer yang meminta Microsoft untuk mengembalikan kebijakan DRM Xbox One. Dalam deskripsi petisi yang ada, mereka menegaskan kepercayaan bahwa langkah yang ditempuh oleh Microsoft tersebut memang menjadi ujung tombak masa depan gaming, seperti yang dilakukan Valve dengan Steam. Mereka menuduh Sony berada di balik kebingungan dan misinformasi yang melanda gamer hingga memaksa Microsoft mengubah kebijakan DRM ini.

Mengejutkan, sebuah petisi online hadir dengan satu agenda utama: meminta Microsoft untuk mengembalikan kebijakan DRM di Xbox One. Alasannya? Karena mereka yakin DRM adalah masa depan gaming yang sebenarnya.

Mengejutkan, sebuah petisi online hadir dengan satu agenda utama: meminta Microsoft untuk mengembalikan kebijakan DRM di Xbox One. Alasannya? Karena mereka yakin DRM adalah masa depan gaming yang sebenarnya.

Walaupun memang harus diakui ada cukup banyak gamer pecinta Xbox yang mendukung kebijakan DRM Xbox One sebagai langkah awal untuk apa yang mereka percaya sebagai pengalaman gaming yang baru, namun petisi ini tidak lantas merepresentasikan hal tersebut. Apa pasal? Ada begitu banyak komentar dan vote yang justru berasal dari fanboy Playstation 4. Tujuannya? Agar Microsoft membuat Xbox One kembali jatuh ke jurang yang sama dan memastikan kemenangan berada di pihak konsol kesayangan mereka. Pada saat berita ini ditulis, petisi ini sendiri sudah ditandatangani lebih dari 8.200 gamer.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda termasuk gamer yang mendukung atau menolak kebijakan DRM ala Xbox One ini?

Related Articles:

Tags: , , , ,

Comments


Readers Comments ()