15 Game yang Pantas Dapatkan Versi Definitive Edition!

Reading time:
February 5, 2014
toplist-feat-image-definiti

Definitive Edition, kata yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga banyak gamer, namun mulai memperlihatkan arah yang pasti untuk menjadi tren baru di industri game. Berbeda dengan proses HD remaster yang biasanya berupaya untuk membawa kembali popularitas game-game lawas, “Definitive Edition” menjadi jawaban bagi banyak publisher untuk meluncurkan game-game mereka yang masih berusia muda ke platform yang baru. Walaupun terdengar serakah, namun proses ini ternyata berhasil mendulang reaksi yang cukup positif, seperti yang terjadi dengan Tomb Raider: Definitive Edition yang diluncurkan Square Enix beberapa minggu silam. Keberhasilan menjadi yang terbaik di pasar Inggris dengan penjualan yang terhitung memuaskan, tidak mengherankan jika banyak publisher yang mungkin akan menjajal proses serupa di masa depan.

Kunci keberhasilan Definitive Edition memang hanya bergantung pada satu aspek sebagai nilai jual utama – kosmetik. Tidak menawarkan hal baru di sisi konten ataupun menyempurnakan mekanik gameplay di seri sebelumnya, developer terpanggil untuk merombak kualitas visual yang ada, dengan menambahkan tekstur yang lebih kaya, beragam efek cahaya dan particles yang lebih padat, atau bahkan merombak total desain karakter dan lingkungan untuk menghasilkan atmosfer next-gen yang lebih kentara. Satu yang pasti, untuk mencapai keberhasilan ini, mereka harus memastikan game-game tersebut memang tampil lebih baik, dibandingkan dengan versi PC sekalipun. Tugas yang tentu saja tidak mudah.

Menargetkan mereka yang belum pernah mencicipi franchise ini sebelumnya, dan tentu saja meramaikan library game-game next-gen yang akan terhitung minim dalam tahun-tahun rilis awal, game Definitive Edition memang memiliki tempat tersendiri. Fokusnya tentu saja mencari game-game yang memang menjadikan desain dan detail karakter sebagai nilai jual, memiliki engine yang masih bisa disempurnakan, serta desain dunia yang masih menyimpan potensi untuk dipermak lebih baik. Tentu saja, game-game ini harus tampil semenarik mungkin untuk dijual kembali.

Lantas, dari semua game yang sempat dirilis di generasi saat ini, game-game apa saja yang menurut kami pantas untuk mendapatkan perlakuan “Definitive Edition” yang satu ini? Berikut adalah 15 game menurut versi JagatPlay:

15. The Last Remnant

last remannt

Konsep gameplay RPG unik yang dibangun dengan penuh ambisi, The Last Remnant memang berpotensi tumbuh menjadi salah satu franchise andalan Square Enix. Namun sayangnya, tingkat kesulitan dan beragam masalah teknis – bahkan di versi PC, termasuk bug dan framerate yang tidak stabil mencederai pengalaman yang ada. Game ini sebenarnya dibangun cukup apik, termasuk sistem battle, dunia, cerita, dan karakter ada. Menyempurnakan game ini dengan engine yang lebih apik dan visualisasi lebih baik,  serta penyelesaian masalah framerate akan membuatnya sebagai produk yang menarik, untuk kembali dimiliki.

14. Halo: Reach

halo reach wallpaper hd

Di tangan Bungie Studios, Halo memang tumbuh menjadi salah satu game FPS terbaik di pasar konsol. Campur tangan 343 Industriesyang kemudian melanjutkan legacy ini ke Halo 4 memang pantas untuk diacungi jempol, namun sayangnya, tidak mampu menghasilkan pengalaman yang serupa dengan apa yang dicapai oleh developer pendahulu. Salah satu seri yang cukup menggugah emosi dan sekaligus menarik di sisi gameplay adalah Halo: Reach, dimana Anda lepas dari pakem karakter Master Chief yang selama ini selalu menjadi fokus. Dengan sedikit permak visual, apalagi lewat dunia yang ia tawarkan, Halo: Reach bisa menjadi primadona ekstra di pasar next-gen.

13. Prototype 2

Prototype 2 Part II (16)

Kehancuran masif dengan segudang efek visual yang menemaninya, Prototype memang menjadi salah satu game open world paling menyenangkan yang tersedia di pasaran. Dengan begitu banyak ledakan, dan kesempatan untuk menyuntikkan ekstra efek visual seperti particle yang berterbangan atau asap yang membumbung dari jejak langkah “keisengan” Anda, Prototype sebenarnya punya potensi untuk lebih banyak menjual di pasar next-gen. Bayangkan sebuah kota penuh rongsokan mobil, api, gedung runtuh, dan juga mayat yang bergelimpangan dari setiap aksi yang Anda jalani, dengan definisi dan detail gambar yang lebih baik. Hell, we want it!

12. MGS IV: Guns of the Patriots

mgs 4

Tidak sulit untuk membayangkan sebuah “Metal Gear Solid IV: Guns of the Patriots Definitive Edition” sebenarnya. Kita tinggal hanya membandingkan dan membayangkan, kualitas visual seperti apa yang bisa dihasilkan jika Kojima akhirnya memutuskan untuk merilis ulang game yang satu ini dengan performa optimal Fox Engine di platform next-gen. Wajah Snake yang lebih detail, dengan setiap rambut putih yang terlihat jelas serta luka-luka perang yang ia sandang, pertempuran penuh kehancuran dan debu juga akan tampil begitu manis. Apalagi jika proses serupa juga diterapkan di setiap detik cut-scene sinematik khas Kojima di dalamnya. 10/10 would buy it again!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…