Review Football Manager 2015: Tak Berhenti Berinovasi!

Reading time:
November 18, 2014
Football Manager 2015 - 002

Seri game Football Manager bisa dikatakan seri yang cukup fenomenal. Hanya dengan mengandalkan konsep yang kurang lebih sama, setiap tahunnya game tersebut bisa mencatatkan tingkat penjualan yang luar biasa. Hal itu tentu saja disebabkan karena seri game ini memiliki penggemar tersendiri, yaitu pecinta olahraga sepak bola. Setiap tahun, walaupun menggunakan konsep yang sama, Sports Interactive, sang developer, terus menambahkan inovasi baru yang membuat game baru untuk seri tersebut menjadi lebih menarik. Bagaimana dengan resep mereka untuk tahun 2014 ini? Kami akan membahasnya dalam review berikut ini!

Interface Baru: Optimasi untuk Touch Screen

Football Manager 2015 - 024
Menu Bar kini dipindahkan ke sisi kiri layar.

Sports Interactive memilih untuk meneruskan hal positif yang telah mereka kembangkan untuk game Football Manager sebelumnya untuk Football Manager 2015 ini. Namun, untuk mengakomodasi makin beragamnya bentuk komputer yang digunakan pengguna untuk memainkan game ini, mereka memutuskan untuk mendesain user interface baru dengan basis berbagai perbaikan yang telah mereka hadirkan di game sebelumnya. Hasilnya, mereka berhasil mendesain user interface yang cocok digunakan di berbagai ukuran layar dan mencakup penggunaan berbagai metode input, termasuk touchscreen!

User interface dari FM2015 terlihat menyerupai user interface dari aplikasi dan sistem operasi yang digunakan di gadget masa kini. Berbagai item di layar didesain dengan ukuran besar sehingga mengakomodasi penggunaan touchscreen oleh pengguna. Walaupun begitu, perubahan tersebut tidak merusak desain tampilan Football Manager yang telah dikenal selama ini.

Football Manager 2015 - 035
DI beberapa bagian game, menu bar akan terbagi menjadi dua, satu di kiri, satu lagi di atas.

Menu Bar yang sebelumnya diletakkan di bagian atas kini dipisah menjadi dua, satu tetap berada di bagian atas layar, satu lagi diubah menjadi menu di bagian kiri layar. Tentu saja, untuk pemain Football Manager seri lama, perubahan ini akan menimbulkan sedikit kebingungan. Tetapi, setelah mencoba game ini selama beberapa waktu, kami merasa user interface baru ini mudah dipahami dan kami dapat beradaptasi dengan cepat.

Football Manager 2015 - 105
Title Bar di bagian tengah atas layar dapat berubah menjadi Search Bar ketika diklik.
Football Manager 2015 - 106
Menu World dengan desain yang sedikit berbeda.

Hal lain yang berubah dari user interface FM2015 ini adalah peletakan search bar dan menu “World”. Search Bar kini melingkupi sebagian besar bagian atas layar dan dapat dengan mudah diakses dengan sekali klik. Sedangkan menu World berada di samping Search Bar dan memiliki ukuran yang lebih besar dari sebelumnya.

Secara umum, user interface ini akan lebih memudahkan user dalam bernavigasi di menu-menu yang ada dalam game ini terlepas dari apapun bentuk komputer yang digunakan oleh pengguna untuk memainkan game ini.

Pelatih: Terlibat “Langsung” dalam Latihan Pemain

Football Manager 2015 - 010

Selain user interface, perubahan lain yang langsung kami temui di awal permainan adalah pilihan bagaimana Anda akan memposisikan diri Anda sebagai pelatih tim. Anda bisa memilih apakah Anda hanya mengurus sisi taktik permainan saja atau Anda juga turut serta mengurus latihan pemain. FM2015 akan menawarkan pengaturan seperti apa Anda menangani tim di bagian awal permainan dan hal itu tidak akan bisa Anda ubah setelah permainan dimulai.

Football Manager 2015 - 012
Bingung menentukan mana gaya yang cocok untuk Anda? Sports Interactive memberikan bantuan yang membuat Anda memahami keduanya dengan lebih mudah.

Pihak Sports Interactive menyebut dua gaya kepelatihan yang bisa Anda pilih tersebut sebagai Tracksuit Head Coach dan Tactical Head Coach. Anda bisa mengalokasikan poin-poin yang telah disediakan sesuai dengan pilihan lisensi kepelatihan dan juga pengalaman bermain Anda. Nantinya, poin-poin tersebut akan menentukan bagaimana atribut milik Anda yang berimbas pada apakah Anda bisa memimpin suatu jenis latihan dengan baik.

Football Manager 2015 - 030

Memimpin latihan? Ya! Seperti layaknya coach yang Anda rekrut, Anda dapat menjadi person in charge untuk suatu jenis latihan yang akan dijalani oleh tim Anda. Bila Anda memilih untuk lebih condong menjadi Tracksuit Head Coach, tentunya Anda akan memiliki kemampuan yang baik untuk memimpin latihan seperti Attacking, Ball Control, Shooting, dan Defending. Tetapi, bila Anda memilih menjadi Tactical Head Coach, kemungkinan besar Anda akan lebih cocok menjadi pemimpin untuk latihan Tactical.

Sayangnya, hanya sebatas itu saja implementasi “keterlibatan langsung” Anda dalam latihan di FM2015 di samping apa yang sudah ada di game-game sebelumnya dari seri ini, seperti penjadwalan latihan tim maupun latihan individu. Namun, adanya tambahan seperti ini membuat Sports Interactive memiliki kemungkinan dihadirkannya fitur baru terkait latihan di game-game Football Manager yang akan datang. Mari kita tunggu saja!

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

March 13, 2024 - 0

Review Final Fantasy VII Rebirth: Makin Cinta, Makin Ribet!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Final Fantasy VII Rebirth ini?…
March 12, 2024 - 0

Preview Rise of the Ronin: Tidak Sesulit Souls!

Bagaimana impresi pertama kami dengan Rise of the Ronin ini?…
February 21, 2024 - 0

Review TEKKEN 8: Program Keluarga Ber-Bencana!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh TEKKEN 8 ini? Mengapa kami…
February 15, 2024 - 0

Review HELLDIVERS 2: Pergi, Basmi, Kembali, atau Mati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Helldivers 2 ini? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…