Review Razer Chroma Series: Kombinasi Maut Performa dan Gaya!

Reading time:
December 3, 2014
Razer DeathAdder Chroma

Sebagian besar penggemar peripheral gaming untuk PC tentu saja sudah mengenal nama Razer untuk waktu yang cukup lama. Tumbuh menjadi “legenda” tersendiri, Razer selalu hadir dengan beragam produk peripheral pendukung gaming yang tidak hanya memesona secara performa, tetapi juga ciamik di sisi desain. Ia menjadi sebuah standar sendiri, sebuah brand yang senantiasa diburu oleh para gamer. Kini Razer hadir dengan gebrakan baru, melahirkan kembali produk-produk mereka dalam format baru bernama Chroma. Inti kekuatannya terletak pada desain kosmetik yang lebih “meriah” lewat implementasi lampu LED yang mampu menawarkan jenis cahaya yang lebih variatif, serta perbaikan di beberapa titik desain.

Razer sendiri mengirimkan tiga produk berbeda ke meja kami di beberapa minggu terakhir ini yang semuanya berasal dari series Chroma – sebuah headset gaming Kraken 7.1 Chroma, mouse gaming – DeathAdder Chroma, dan yang terakhir – sebuah keyboard gaming – Blackwidow Chroma. Mengingat kesemuanya hadir dari seri yang sama, maka review ketiga produk disatukan ke dalam artikel, dengan fokus detail yang dipertahankan. Sebuah kesatuan produk dengan nilai jual yang mungkin akan membuat Anda, jatuh hati!

Lantas, apa yang ditawarkan oleh ketiga produk yang satu ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah peripheral maut yang mengkombinasikan performa dan gaya? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Razer DeathAdder Chroma

Desain yang ergonomis menjadi salah satu kekuatan Razer DeathAdder ini.
Desain yang ergonomis menjadi salah satu kekuatan Razer DeathAdder ini.

Sebagian besar gamer yang cukup mengikuti perkembangan peripheral gaming tentu sudah tidak asing dengan mouse Razer yang satu ini. DeathAdder merupakan salah satu mouse gaming populer yang cukup diminati oleh gamer PC karena fungsi dan kenyamanan yang ia tawarkan. Sesuatu yang tetap  mereka pertahankan di seri Chroma yang satu ini.

Ia akan memfaslitasi gamer dengan claw maupun palm grip dengan sangat baik. Ekstra bahan karet di kedua sisi untuk menghasilkan grip yang lebih kuat.
Ia akan memfaslitasi gamer dengan claw maupun palm grip dengan sangat baik. Ekstra bahan karet di kedua sisi untuk menghasilkan grip yang lebih kuat.
Dukungan Omron Switch menjamin eksekusi perintah tanpa cela.
Dukungan Omron Switch menjamin eksekusi perintah tanpa cela.

Salah satu yang paling membuatnya dicintai adalah desain bentuk yang terasa sangat ergonomis di tangan, terlepas dari jenis grip yang menjadi preferensi utama Anda. Ia mengusung desain yang lebih tradisional dengan meniadakan tombol di bagian tengah untuk mengatur tingkat sensitivitas, dengan hanya menyisakan dua tombol klik utama dan scroll wheel di sana. Dua tombol ekstra disematkan di bagian kanan mouse untuk memfasilitasi kebutuhan Anda ketika menginginkan kombinasi perintah spesifik. Bentuk yang tidak terlalu besar dan hadirnya bahan ekstra karet di kedua sisi untuk mendukung grip yang lebih baik cukup memastikan bahwa DeathAdder Chroma ini akan memastikan aktivitas gaming berjalan tanpa masalah berarti.

Dengan switch Omron yang ia usung, reliabilitas dan konsistensi untuk mengeksekusi setiap perintah Anda ke dalam video game menjadi sesuatu yang tidak perlu lagi diragukan. Satu yang menarik, terlepas dari minimnya opsi untuk melakukan modifikasi berat, Razer DeathAdder Chroma ini terasa cukup nyaman untuk digunakan. Sayangnya, ada catatan ekstra yang patut diperhatikan. Dengan absennya tombol DPI untuk mengatur sensitivitas secara langsung, Anda akan sulit untuk langsung membuat DeathAdder ini beradaptasi dengan apa yang dibutuhkan, terutama ketika menikmati sebuah game kompetitif. Jadi, pastikan dahulu Anda menetapkan setting terbaik dahulu sebelum Anda terlibat dalam game-game seperti ini.

Berbeda dengan sebagian besar mouse saat ini, bentuk DeathAdder lebih
Berbeda dengan sebagian besar mouse saat ini, bentuk DeathAdder lebih “tradisional”. Tidak ada dua tombol ekstra DPI untuk mengatur sensitivitas secara instan ala produk kompetitor lain.
Didukung Razer Synapse 2.0, Anda bisa memodifikasi beberapa aspek dengan mudah, dari mengatur sensitivitas, makro, hingga sifat lampu LED yang terletak di scroll wheel dan logo bagian belakang.
Didukung Razer Synapse 2.0, Anda bisa memodifikasi beberapa aspek dengan mudah, dari mengatur sensitivitas, makro, hingga sifat lampu LED yang terletak di scroll wheel dan logo bagian belakang.

Dukungan Razer Synapse 2.0 untuk DeathAdder Chroma ini juga memungkinkan Anda untuk memodifikasi beberapa aspek mouse gaming yang satu ini, tentu saja – di luar tingkat sensitivitas yang kita bahas sebelumnya. Dengan user-interface sederhana, Anda bisa menyuntikkan beberapa fungsi yang Anda butuhkan via fitur makro yang ada. Sebagai sebuah produk yang menyandang nama Chroma di dalamnya, Anda juga bisa memodifikasi efek lampu LED berwarna-warni yang akan membuat bagian scroll wheel dan logo Razer di bagian belakang menyala terang. Membuat warna-warna tersebut muncul secara bergiliran? Atau sekedar menyuntikkan efek breathing semata? Anda punya kebebasan untuk “meracik” mouse dengan kesan yang lebih personal.

Ada lebih dari 16 juta warna yang bisa Anda suntikkan di mouse ini dengan beragam sifat.
Ada lebih dari 16 juta warna yang bisa Anda suntikkan di mouse ini dengan beragam sifat.

Soal performa? Tidak ada yang perlu Anda khawatirkan tentunya. Razer memastikan bahwa DeathAdder Chroma ini tidak hanya ciamik di sisi kosmetik dan kenyamanan desain, tetapi juga performa yang ia tawarkan ketika memainkan game-game favorit Anda. Menjajalnya di DOTA 2 dan Lords of the Fallen, mouse ini berfungsi dengan semestinya. Tentu saja, selama Anda sudah menentukan tingkat sensitivitas yang dibutuhkan sebelumnya, untuk memastikan masalah ini tidak mengganggu Anda di tengah permainan.

Razer DeathAdder Chroma ini sendiri dijual di kisaran harga Rp 875.000,-, harga yang cukup rasional untuk mendapatkan desain ergonomis, performa mumpuni, dan sisi kosmetiknya yang meriah.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…
March 19, 2024 - 0

Review Unicorn Overlord: Kuda, Tahta, Wanita!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Unicorn Overlord ini? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…