30 Game NES Terbaik Sepanjang Masa!

Reading time:
October 21, 2015
  1. Chip & Dale Rescue Rangers

chip n dale

Chip & Dale juga tampaknya layak untuk dimasukkan sebagai salah satu game adaptasi seri kartun televisi terbaik yang pernah ada. Kisah dua tupai dengan kepribadian berbeda dan beragam dialog lucu ini berakhir sebagai salah satu game platformer yang tak hanya akan membuat Anda gemas, tetapi juga penasaran. Mengapa? Karena konsep gameplay uniknya yang berpusat pada implementasi penggunaan kotak sebagai senjata dan tameng berlindung sebenarnya sangat membuat game ini terlihat mungkin untuk diselesaikan. Jumlah musuh yang tak terlalu banyak dan konsep multiplayer kooperatif yang solid juga memperkuat kesan tersebut. Namun ketika Anda berusaha menyelesaikannya? Selalu saja berakhir dengan satu dua kesalahan yang sebenarnya tak perlu terjadi, baik karena ketidakwaspadaan Anda atau sekedar teman iseng Anda yang memutuskan untuk melempar kotak tersebut ke Anda tanpa alasan kuat. Salah satu game platformer yang paling sering kami mainkan dahulu.

  1. Zen Ninja

zen ninja

Zen Ninja? Sangat tidak mengherankan jika banyak dari Anda yang belum pernah mencicipi dan menikmati game ini sama sekali. Zen Ninja yang diracik Konami ini memang tak pernah berakhir jadi sebuah karya populer yang dinikmati oleh banyak orang. Namun bagi mereka yang sempat mencicipinya, ini adalah salah satu game action terbaik di NES. Apa yang membuat aksi ninja biru ini begitu spesial? Selain tingkat kesulitan yang ia usung, Zen Ninja juga menawarkan salah satu variasi tantangan, musuh, level dan boss terbaik yang pernah kami cicipi. Di level yang satu Anda harus bertarung di atas kereta tambang dengan segudang perangkap, di level lain Anda harus memanjat gedung untuk bertarung melawan boss yang terus terbang secara vertikal, sementara level lain meminta Anda untuk bertarung melawan boss langsung sembari mencari tahu kelemahannya. Wow!

  1. Contra

Contra (1)

Anda tidak bisa disebut sebagai gamer jika Anda belum pernah mencicipi Contra sebelumnya. Bukan karena kualitasnya yang memang bisa dibilang tak lagi sepadan dengan game-game generasi saat ini, tetapi pada identitasnya sebagai salah satu pondasi game action platformer dengan gameplay, cerita, dan konsep multiplayer kooperatif yang solid. Bertarung dengan beragamm senjata, diiringi musik ikonik, berusaha menghindari peluru pelangi yang meluncur dari senapan musuh, atau hanya berjuang untuk berhasil melompat ke platform yang lebih tinggi membuat game ini terasa sangat sulit. Seberapa sulit? Cukup untuk membuat kode Konami yang terkenal: atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan, B, A = lahir!

  1. Balloon Fight

balloon fight

Gamer yang tumbuh besar di era keemasan Playstation mungkin akan langsung menobatkan Bishi Bashi Special sebagai salah satu game paling menyenangkan yang pernah mereka cicipi, apalagi lewat tema mini gamenya yang absurd dan gila. Di era NES, hampir mustahil untuk menemukan game seperti ini. Namun jika harus diperbandingkan, maka game lain yang mampu menawarkan atmosfer kompetitif yang sama menyenangkan dan gilanya adalah Balloon Fight. Gameplay-nya sederhana, Anda hanya harus membunuh musuh di layar sembari memastikan balon yang membawa Anda terbang tidak pecah. Ia bisa pecah karena diinjak oleh musuh atau teman Anda sendiri! Ada banyak skenario dimana alih-alih Anda bekerja sama bahu-membahu untuk melewati level yang ada, Anda justru harus bertarung dengan teman Anda entah karena ia tidak sengaja menghancurkan balon Anda atau memang berniat menikam Anda dari belakang. Balloon Fight adalah salah satu game multiplayer paling menyenangkan di NES, salah satu yang paling kami rekomendasikan.

  1. Nintendo World Cup

nintendo world cup

Hah? Game apa lagi ini? Sebagian besar dari Anda mungkin tidak pernah mencicipinya, namun mereka yang pernah tampaknya setuju bahwa game yang satu ini memang pantas memuncaki posisi tertinggi. Beberapa mengenal game ini sebagai “Soccer Fight”. Apa itu Nintendo World Cup? Seperti yang bisa Anda prediksi, ini adalah sebuah game sepakbola. Bedanya? Ini adalah sebuah game sepakbola paling brutal dan paling menyenangkan yang bisa Anda prediksi. Pemain dari masing-masing negara akan punya kemampuan spesial berupa jurus tendangan unik, dari tendangan yang bisa membuat bola menghilang, angin, hingga mengubah bola menjadi pisang yang terlalu licin untuk ditahan kiper. Kerennya lagi? Alih-alih bermain halus, metode untuk merebut bola hanya ada dua di game ini: menyikut wajah lawan atau menendang kaki mereka layaknya Street Fighter. Benar sekali, game ini tak punya peraturan selain sistem out.

  1. Super Mario Bros

mario nes

Tak perlu banyak penjelasan tampaknya mengapa Mario pantas disejajarkan sebagai game terbaik di NES. Ia menjadi game pertama bagi banyak gamer di luar sana, yang membuat mereka merasa tertantang dan jatuh hati pada industri ini. Mario memang terasa absurd dari sisi cerita, namun desain level klasiknya adalah salah satu yang terbaik. Tantangan platformer yang cukup untuk membuat denyut jantung Anda berdegup kencang, musuh yang siap untuk membuat panik, hingga beragam desain level unik yang ia tawarkan – dari platformer di atas udara hingga berenang di dalam air jadi daya tarik tersendiri. Kombinasikan dengan musik yang tampaknya familiar di telinga semua orang, gamer ataupun non gamer, kisah tukang ledeng ini memulai sebuah franchise raksasa yang terus bertahan hingga 30 tahun setelahnya. Sebuah eksistensi yang melebihi nama NES itu sendiri. Sebuah representasi industri game yang sesungguhnya.

Di atas adalah 30 game terbaik sepanjang masa di era NES menurut versi JagatPlay. Sebagian besar dari Anda mungkin tidak setuju, apalagi dengan tidak dimasukkannya begitu banyak nama populer seperti Metroid, Mother, atau Final Fantasy, misalnya. Apakah berarti game-game dengan respon yang begitu positif di media luar tersebut tidak masuk dalam radar kami? Bukan tidak masuk, tetapi lebih pada fakta bahwa kami sendiri tidak pernah menikmatinya atau melewatkannya waktu kecil dulu. RPG adalah sebuah genre yang kompleks dan menjadi tidak adil jika kami harus “berbohong” pada diri kami sendiri bahwa kami menikmatinya, ketika kami di umur 7 tahun yang masih kesulitan berbahasa Inggris saja tak mampu mencerna kata-kata sederhana sebagai perintah. Satu-satunya game RPG yang pernah kami nikmati di era NES hanyalah Saint Seiya, dan kami juga tidak menyertakannya di sini. Sementara Metroid? Tampaknya terlewatkan oleh radar gaming kami yang masih cukup di awal tahun 90-an dulu.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Dari semua game yang sempat dirilis di era NES, game mana yang menurut pantas menyandang status sebagai yang terbaik? Feel free to comment and expand the list!

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…
March 19, 2024 - 0

Review Unicorn Overlord: Kuda, Tahta, Wanita!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Unicorn Overlord ini? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…