Review The Elder Scrolls V Skyrim: Lebih Dari Sekedar RPG! Its a Life!

Author
David Novan
Reading time:
November 29, 2011
review the elder scrolls V skyrim jagatplay 001
Selamat datang di Skyrim, Dovahkiin.

Pernahkah Anda memainkan sebuah game yang begitu menyita waktu dan membuat Anda lupa akan segalanya? Hal inilah yang akan terjadi bila Anda memainkan The Elder Scrolls V Skyrim! Bila Anda bahkan tidak pernah mendengar nama Skyrim, berarti Anda kehilangan begitu banyak informasi dalam dunia game. Termasuk di dalamnya preview kami mengenai Skyrim beberapa waktu lalu. Game Action Role-playing yang bahkan telah mendapatkan gelar sebagai RPG terbaik 2011 sebelum gamenya dirilis ini memiliki begitu banyak keunggulan bila dibandingkan dengan game RPG lain. Apa saja pesona yang membuat Skyrim dapat membuat Anda lupa segalanya? Temukan alasannya dalam review ini!

Selamat Datang di Skyrim

Bila ada satu hal yang paling dibanggakan dalam seri game The Elder Scrolls, itu adalah konsistensinya dalam menciptakan dunia beserta segala aspeknya. Tradisi yang selalu dipegang erat Bethesda selaku pengembangnya ini tidak hanya terkait pada nama daerah dan ras yang ada di dalamnya saja. Ternyata, Anda juga dapat menemukan legenda, cerita rakyat, dan pengetahuan yang rumit dalam Tamriel, nama dunia dalam The Elder Scrolls. Begitu juga dengan Skyrim, yang merupakan nama daerah yang didiami ras Nord yang mirip bangsa Viking di dunia asli.

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 002
Tentukan sendiri rupa karakter Anda!
review the elder scrolls V skyrim jagatplay 016
Companion dan Familiar yang akan menemani Anda

Cerita pada Skyrim berkisar pada petualangan Anda sebagai seorang pahlawan yang disebut Dragonborn. Menurut legenda bangsa Nord di Skyrim, Dragonborn merupakan pembasmi naga yang muncul untuk membebaskan dunia dari kehancuran akibat ulah naga. Bila Anda mengikuti timeline cerita dari The Elder Scrolls, Skyrim mengambil tema waktu setelah kejadian di The Elder Scrolls 4 Oblivion. Alur cerita yang dibawakan pada Skyrim tentunya akan semakin menarik bila Anda mengikuti cerita di Oblivion. Namun, jangan khawatir. Sebab, Skyrim juga menyediakan cerita yang dapat diikuti dengan baik. Game ini juga menyediakan beragam buku dalam game yang dapat Anda baca supaya Anda dapat menyelami ceritanya.

Tunggu dulu; bila Anda akan menjadi pembasmi naga, berarti akan ada naga di Skyrim? Tentu saja! Bukan hanya ada, tetapi banyak naga yang dapat Anda buru! Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik Skyrim. Selain tentu saja dunianya yang begitu besar, begitu banyak rahasia yang disimpannya, dan beragam aktivitas yang dapat membuat Anda lupa waktu!

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 003
Anda dapat menemukan informasi berguna dalam dialog

Gameplay

Petualangan Anda dimulai dengan tradisi The Elder Scrolls, pembuatan karakter! Anda dapat memilih banyak aspek dalam pembuatan karakter tersebut, seperti pemilihan jenis kelamin, fitur tubuh, ras, warna kulit, hingga bentuk wajah. Wajah yang dapat Anda buat pada dasarnya berawal dari beberapa template yang telah disediakan. Kemudian, Anda dapat mengubah beragam fiturnya, mulai dari ukuran mata, lebar rahang, bentuk hidung, hingga umur karakter! Jadi, Anda dapat membuat wajah karakter yang cocok dengan selera!

Hal lain yang tidak kalah pentingnya dalam pembuatan karakter ini adalah pemilihan ras. Anda dapat menemukan 10 ras dengan kemampuan yang berbeda dalam Skyrim. Pemilihan ini tentu saja sangat penting untuk menentukan gaya permainan Anda nantinya. Satu hal yang perlu Anda ketahui dari awal; Skyrim tidak mematok pemainnya untuk memilih kelas yang telah ditentukan seperti game RPG lain. Malahan, Anda akan diberikan kebebasan untuk membentuk kemampuan karakter Anda berdasarkan sistem perkembangan karakter yang unik. Topik ini akan dibahas lebih lanjut nanti.

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 004
Seorang Dragonborn tentu tidak takut dengan daerah berkabut dan gelap seperti ini... kan?
review the elder scrolls V skyrim jagatplay 017
Apalah jadinya pemburu naga tanpa naga untuk diburu!

Kembali ke pemilihan ras, pada dasarnya gaya bermain Anda akan dibagi menjadi tiga, yaitu petarung jarak dekat, jarak jauh, dan pengguna sihir. Bila Anda ingin menggunakan gaya bertarung jarak dekat, pilihlah ras yang mendukungnya, seperti Red Guard dengan ketahanan tubuh yang mantap, Orc yang mampu menggunakan Heavy Armor dengan baik, dan Nord yang ahli dalam menggunakan senjata. Pemilihan tersebut merupakan segelintir dari pembentukan karakter di Skyrim. Anda juga dapat membuat karakter dengan gaya bermain hybrid, seperti petarung jarak dekat yang memiliki kemampuan penyembuhan, ahli sneaking yang menyerang musuhnya dengan sihir ilusi dan membuat musuh saling membunuh, serta penyihir jarak dekat dengan dukungan armor tebal. Anda bebas menjadi apapun! Tidak ada batasan!

Beralih dari pembuatan karakter, Skyrim merupakan game action RPG bertema medieval dengan kamera orang pertama (First Person) dan ketiga (Third Person). Anda dapat mengubah kamera dengan mudah antara keduanya di tengah permainan menggunakan mousewheel. Bila Anda ingin lebih merasakan pertempuran dari dekat, maka kamera FPS adalah pilihan yang mantap. Namun, kamera orang ketiga juga memiliki keuntungannya sendiri, terutama ketika berada di daerah terbuka. Anda dapat melihat lebih mudah daerah sekeliling untuk menemukan ancaman dan rahasia.

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 005
Beragam aktivitas dapat Anda lakukan, seperti membuat armor dan senjata sendiri

Game ini bukan hanya mengadaptasi kamera yang mirip FPS saja. Konsep pengendalian karakter pada Skyrim juga mirip FPS. Penggunaan tombol WASD untuk gerakan karakter serta mouse untuk menyerang dan membidik juga khas FPS. Metode ini memang telah lama diadopsi seri game The Elder Scrolls dan hal ini pula yang membuat gamer baru cepat akrab dengan pengendaliannya. Penggunaan skill dan item juga dipermudah dengan sistem “favorite”. Sistem ini memberikan Anda kebebasan untuk memilih item, sihir, skill, dan perlengkapan yang dapat digunakan dengan cepat. Jadi, Anda tidak perlu lagi membuka layar inventori dan memilih item mana yang akan digunakan. Cukup tag menjadi favorite, tekan tombol angka ( 1 hingga 8 ) di opsi quick inventory (biasanya dengan menekan Q), dan tekan tombol itu untuk menggunakannya di dalam permainan!

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 018
Naga dapat datang menyerang kapan saja!

Dunia Skyrim yang luas dan bebas tidak memberikan batasan moral yang harus Anda ikuti, seperti affinity good dan evil di game RPG lain. Kebaikan dan kejahatan Anda hanya terbalaskan di lingkungan tempat Anda melakukannya. Jika Anda melakukan perbuatan baik di sebuah kota, maka Anda akan dikenal sebagai orang baik di sana. Sebaliknya, bila Anda berbuat jahat, seperti membunuh dan mencuri, maka kepala Anda akan diberikan harga atau Bounty di kota tersebut. Bukan tidak mungkin penduduk di kota tersebut akan memburu Anda! Kecuali tentu saja bila tidak ada saksi ketika Anda melakukan kejahatan tersebut! Satu hal yang perlu Anda ingat, semua orang dapat dilawan di Skyrim dan semua benda dapat diambil! Termasuk melawan penjaga toko dan raja sekalipun!

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 006
Efek lingkungan yang indah akan membuat Anda betah bermain

Kebebasan Membentuk Karakter!

Kebebasan dalam Skyrim merupakan fitur utama yang paling menarik! Begitu juga dengan menentukan kemampuan karakter yang Anda mainkan! Untuk mengembangkan skill yang Anda inginkan, cukup lakukan kegiatan yang berhubungan dengan skill tersebut. Misalnya, Anda ingin memperkuat kemampuan bertarung dengan satu tangan. Kembangkan dengan cara memukul musuh dengan menggunakan senjata satu tangan, seperti pedang dan pisau! Semakin banyak musuh yang Anda pukul dengan cara ini, level skill yang berhubungan dengannya juga akan meningkat. Bukan hanya senjata saja. Anda juga dapat meningkatkan kemampuan sihir dengan cara yang sama. Begitu pula dengan kemampuan menggunakan Armor. Semakin sering Anda terkena serangan ketika menggunakan jenis armor tertentu, misalnya Light Armor, maka level skillnya akan meningkat.

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 007
Skyrim memiliki konsep pengembangan skill yang dinamis dan pohon skill untuk mendapatkan kemampuan baru
review the elder scrolls V skyrim jagatplay 019
Jangan sampai Anda terjebak di dalam semburan api naga!

Jenis skill pada Skyrim bukan hanya terbatas pada yang berhubungan dengan pertarungan saja. Anda dapat menemukan skill yang berhubungan dengan pembuatan Armor, kemampuan berbicara (untuk memengaruhi orang dan membuat harga di toko lebih bersahabat), mencuri dari tas orang lain, membuka kunci, dan membuat benda sihir melalui Enchantment. Semua skill non-combat tersebut dapat ditingkatkan dengan cara yang sama, yaitu menjalankan aktivitas yang berhubungan dengannya.

Peningkatan level skill tersebut nantinya akan berpengaruh pada kekuatan skill dan level karakter. Berbeda dengan level skill, level karakter akan meningkat seiring bertambahnya level skill secara keseluruhan. Semakin banyak level skill yang Anda dapatkan, indikator nilai pengalaman pada level karakter akan bertambah. Setelah mencapai jumlah tertentu, level karakter akan naik dan Anda dapat meningkatkan salah satu dari Health, Stamina, dan Magicka. Health berguna untuk tingkat ketahanan tubuh Anda. Bila Health habis dalam pertempuran, maka Anda akan mati. Stamina berguna untuk melancarkan serangan fisik spesial yang lebih kuat dan berlari. Kemudian, Magicka berguna untuk mengeluarkan segala jenis sihir. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan poin berharga bernama Perks.

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 008
Buka peti dan pintu yang terkunci dengan skill lockpick

Perks sangat berguna untuk peningkatan kemampuan skill Anda. Pada dasarnya, setiap skill memiliki pohon yang dapat meningkatkan kemampuan Anda. Untuk membuka skill baru, Anda harus mencapai permintaan minimum level skill-nya. Misalnya, untuk mendapatkan kemampuan membuat armor Elven, Anda harus memiliki level skill di pembuatan armor sebesar 30. Maka, Anda harus membuat dan memperkuat senjata serta armor hingga mencapai skill yang bersangkutan mencapai level tersebut. Kemudian, Anda harus memiliki poin perks untuk membeli skill tersebut! Jadi, hanya memiliki level skill yang tinggi saja tidak dapat digunakan untuk membuka skill baru!

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 009
Pertempuran dengan kamera FPS begitu seru!

Menjelajahi Dunia Skyrim

Skyrim menawarkan begitu banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan. Mulai dari banyaknya quest tambahan yang ditawarkan hingga menemukan beragam daerah baru dengan banyak imbalan (dan bahaya) di dalamnya. Bahkan, bila dibandingkan dengan menjalankan quest utamanya, menjelajahi dunia Skyrim jauh lebih menarik untuk dilakukan. Perasaan ketika Anda menemukan senjata baru yang keren, jebakan yang dapat membuat Anda kelabakan, hingga musuh yang menantang kemampuan Anda adalah hal yang paling mengesankan di game ini. Dunia Skyrim yang dinamis juga menjadi alasan utama betahnya gamer untuk terus bermain.

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 010
Kehidupan berjalan dengan sendirinya di Skyrim
review the elder scrolls V skyrim jagatplay 020
Temukan semua Word of Power untuk menjadi Dragonborn sejati!

Apa yang dimaksud dengan dunia yang dinamis? Dunia Skyrim selalu berubah? Ya, kehidupan dalam Skyrim berjalan dengan sendirinya dan mereka memiliki aktivitasnya sendiri! Kami telah mencoba memainkan Skyrim dengan menggunakan lima karakter yang berbeda dan semuanya menemui pengalaman bermain yang berbeda! Pengembara yang tadinya Anda temukan di dekat kota ternyata tidak ada di sana lagi. Begitu juga dengan quest tambahan yang dapat diambil dari karakter (NPC) lain. Dinamisnya dunia Skyrim juga diperlihatkan dengan semua benda yang Anda temukan. Senjata kuat yang pada karakter sebelumnya Anda temukan di sebuah peti akan berubah menjadi benda lain ketika menggunakan karakter lain!

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 011
Beragam puzzle dan jebakan mematikan dapat Anda temukan di dalam dungeon

Untungnya Anda tidak menjelajah dengan buta di dunia Skyrim. Daerah dan Dungeon baru yang belum Anda temukan akan terlihat lambangnya di kompas yang terdapat di bagian atas layar permainan. Jadi, Anda cukup mengikuti arahnya hingga Anda menemukannya. Untuk lebih memudahkan perjalanan Anda di dunia Skyrim yang begitu luas, fitur Fast Travel dapat Anda temukan di layar peta. Cukup pilih tempat yang telah Anda kunjungi sebelumnya dan Anda akan langsung sampai ke sana. Anda hanya akan kehilangan waktu tempuhnya saja.

Musim Berburu Naga Dimulai!

Naga memiliki tempat yang sangat penting dalam Skyrim, terutama hubungannya dengan Anda sebagai Dragonborn. Selain beragam skill yang Anda miliki, Dragonborn juga memiliki keistimewaan bila dibandingkan dengan manusia biasa. Anda dapat menggunakan kekuatan bernama Shout! Ternyata, semua kekuatan dahsyat yang dilancarkan naga, seperti menyemburkan api dan membuat hujan meteor adalah akibat dari ia melakukan Shout! Jadi, pertarungan dua naga sebenarnya adalah percakapan mematikan di antara keduanya. Nah, konsep inilah yang menjadi dasar dari Shout.

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 012
Tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli bahan baku pembuatan senjata dan armor? Tambang sendiri saja!

Untuk melancarkan Shout, Anda membutuhkan dua hal, yaitu kata yang dibutuhkan (Word of Power) dan pengetahuan naga yang dirangkum dalam Dragon Soul. Untuk mendapatkan Word of Power, Anda harus menemukan dinding mural dengan ukiran tulisan dalam bahasa naga. Biasanya, dinding tersebut berada di dalam dungeon yang dijaga musuh yang kuat atau berada di tempat terbuka tetapi dijaga seekor naga! Anda akan mempelajari sebuah kata setelah berdiri selama beberapa saat di depannya.

Setiap Shout terbagi menjadi tiga Word of Power. Jadi, Shout belum rampung bila hanya memiliki satu atau dua kata saja. Kekuatannya juga akan jauh lebih kecil. Jadi, Anda harus menemukan tiga kata yang terpisah lokasinya untuk mengeluarkan kekuatan asli sebuah Shout. Belum lagi Anda tidak akan tahu letak pasti dari kata yang berhubungan. Sebab, lokasinya akan selalu acak setiap kali Anda memulai dengan karakter baru!

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 013
Kabut yang tebal dapat mengganggu jarak penglihatan

Secara keseluruhan, Anda dapat menemukan sekitar 20 Shout dengan kekuatan yang beragam, mulai dari mendorong musuh, berlari cepat, membekukan musuh, memanggil hujan meteor, hingga memanggil naga untuk membantu Anda! Bila digabungkan dengan jumlah tiga kata untuk setiap Shout, berarti Anda harus menemukan 60 lokasi untuk mendapatkan semua Shout!

Setelah Anda menemukan sebuah kata pada Shout, ia harus diaktifkan dengan menggunakan Dragon Soul untuk dapat digunakan. Bagaimana cara mendapatkan Soul tersebut? Bisakah Anda menebaknya? Tentu saja dengan membunuh seekor naga! Harus kami akui, bertemu dan melawan naga pada Skyrim begitu menegangkan dan seru! Selain ia dapat terbang dan menyerang Anda dari udara dengan Shout-nya, naga juga dapat mendekati Anda untuk memberikan serangan fisik yang menyakitkan. Sebagai catatan, kekuatan naga akan berkembang seiring level karakter Anda (begitu juga dengan semua musuh di Skyrim). Sebagai tambahan, bila satu soul berguna untuk membuka satu kata, berarti Anda akan membutuhkan 60 Dragon Soul! Selamat berburu naga!

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 014
Cuaca di Skyrim selalu berubah tergantung musim dan lokasinya

Kehidupan naga juga mengikuti konsep dinamis yang dianut semua makhluk lain. Ia dapat menyerang Anda tanpa disangka dan posisinya akan acak! Jadi, Anda harus selalu mempersiapkan diri ketika bertualang di dunia Skyrim yang luas. Satu tanda yang pasti dari kedatangan naga tersebut adalah bayangannya yang tiba-tiba berkelebat di tanah, gemuruh angin, dan lagu yang langsung berubah. Saat itu segera persiapkan diri untuk bertempur mati-matian melawan naga!

Kesungguhan Bethesda untuk membuat dunia Skyrim yang kompleks juga tercermin dari kesungguhannya membuat naga dan peradabannya. Selain beragam cerita legenda mengenai naga, Bethesda juga membuat bahasa dan tulisan naga! Semua tulisan di dinding mural ketika Anda mendapatkan Word of Power, suara naga ketika bertempur, dan perkataan musuh undead semua mengandung arti dalam bahasa naga! Sebagai contoh, “JagatPlay los faal pruzah” artinya JagatPlay is the best dan “Keizaal los wruth lein” yang artinya Skyrim adalah duniaku. Jadi, lain kali Anda bertemu dengan undead (Draugr) dan ia berbicara dalam bahasa seperti di atas, bisa jadi ia sedang mengejek Anda! Sebagai tambahan, lagu di menu utama Skyrim juga dinyanyikan dalam bahasa naga! That’s so cool!

review the elder scrolls V skyrim jagatplay 015
Anda dapat mengajak atau menyewa tenaga tambahan untuk membantu Anda melawan musuh.

Kesimpulan

Begitu banyak pengalaman bermain selama hidup dalam dunia Skyrim dan setiap kalinya selalu memberikan hal baru yang mampu membuat kami terpana. Dari semua fitur dan gameplay yang ditawarkan Skyrim, kesimpulannya hanya satu; Skyrim adalah game action RPG yang begitu luas, dalam, dan kemampuannya untuk membuat kecanduan tidak dapat dipungkiri lagi. Bila Anda masih peduli dengan kehidupan sosial dan masih ingin menikmati waktu tidur yang cukup, kami sarankan jangan menyentuh Skyrim. Namun, dengan begitu Anda baru saja kehilangan satu momen terbaik dalam hidup Anda!

Kelebihan

  • Dunia yang luas dan penuh rahasia
  • Kehidupan di dunia Skyrim yang dinamis
  • Random loot
  • Musuh mengikuti kekuatan karakter (level)
  • Sistem skill yang bebas
  • Side quest yang seakan tiada habis
  • Shout dan pertarungan melawan naga yang epik
  • Efek lingkungan dan kualitas gambar yang mantap
  • Kecilnya ukuran instalasi untuk dunia yang begitu besar

Kekurangan

  • Masih ada bug crash
  • Companion tidak begitu membantu berkat tingkat A.I. yang rendah
  • Belum memiliki mode DirectX 11
  • Terdapat beberapa exploit yang dapat merusak pengalaman bermain

Cocok Untuk Gamer

Mencintai game action RPG sandbox serta rela kehilangan waktu bersama keluarga, teman, pasangan hidup, anak, dan kekasih.

Tidak Cocok Untuk Gamer

Penggemar berat JRPG, eksis di dalam kehidupan sosial, dan menyukai tidur.

Recommended Specs

  • Windows 7/Vista/XP PC (32 or 64 bit)
  • Processor: Quad-core Intel atau AMD CPU
  • 4GB System RAM
  • 6GB HDD space
  • DirectX 9.0c compatible NVIDIA / AMD ATI video card dengan 1GB RAM (Nvidia GeForce GTX 260 / ATI Radeon 4890)

Minimum Specs

  • Windows 7/Vista/XP PC (32 or 64 bit)
  • Processor: Dual Core 2.0GHz
  • 2GB System RAM
  • 6GB HDD Space
  • Direct X 9.0c video card dengan 512 MB RAM

Info

Publisher: Bethesda Softworks
Developer: Bethesda Game Studios
Jenis: Action RPG
Batas Umur: Dewasa (umur 18+)

Website Resmi

http://www.elderscrolls.com/skyrim/

Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

July 30, 2021 - 0

Review Samurai Warriors 5: Huru-Hara Cabut Nyawa!

Apakah sebuah video game harus menyuntikkan sebuah cerita berat penuh…
July 28, 2021 - 0

Review Scarlet Nexus: Gila Bercampur Seru!

Selama bukan sesuatu yang mereka adaptasikan dari anime populer misalnya,…
June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…