Review InFamous 2: Selamatkan Atau Hancurkan Dunia?

Reading time:
November 10, 2011

Game yang mengusung sistem open-world tidak akan pernah mengecewakan. Kebebasan untuk melakukan hampir semua hal di atas dunia yang begitu terbuka menjadi konsep yang menarik. Namun benarkah seperti itu? Ternyata tidak. Bukan rahasia lagi jika cukup banyak yang berusaha mengusung cara ini namun harus berakhir dengan kekecewaan besar di pihak gamer. Sebuah basis game open-world tidak akan mampu menjual jika tidak memiliki elemen pendukung mumpuni di dalamnya. Salah satu yang patut dijadikan kiblat adalah seri InFamous.

InFamous merupakan game action open-world yang dikembangkan oleh Sucker Punch Productions dan Sony Computer Entertainment. Dirilis eksklusif untuk Playstation 3, game ini mampu mencapai kesuksesan yang luar biasa di perilisan awalnya, bahkan membantu konsol hitam milik Sony tersebut untuk bangkit dari persaingan dengan XBOX 360. Mengusung plot yang menarik, InFamous dikenal karena mengusung sistem gameplay yang belum pernah ada di genre open-world sebelumnya. Sistem karma, skill, plot yang bercabang, dan masih banyak lainnya menjadikan game ini unik.

Kini, setelah 1,5 tahun sejak seri pertamanya dirilis, franchise ini melahirkan seri keduanya. InFamous 2 termasuk salah satu game yang paling ditunggu di tahun 2011 dan tetap muncul sebagai eksklusif Playstation 3. Setelah sempat sedikit memberikan gambaran kepada Anda tentang apa yang ditawarkan game ini melalui preview sebelumnya, tiba saatnya untuk menilai apakah game ini benar-benar cukup bernilai untuk dimainkan. Jadi, apa yang ditawarkan Infamous 2 ini?

Plot

Event yang mengubah hidup Cole.

Di seri kedua ini, kita masih akan berperan sebagai si manusia listrik, Cole MacGrath. Setelah ia menemukan kekuatannya yang luar biasa di seri pertama akibat ledakan Ray Sphere, Cole terpanggil untuk menjalani takdir yang lebih besar. Usaha investigasi akan ledakan tersebut membuatnya bertemu dengan Kessler, dirinya yang datang dari masa depan. Setelah pertarungan epik yang terjadi, Kessler memberikan visi masa depan pada Cole tentang kehadiran The Beast, monster yang akan menghancurkan dunia. The Beast sedang menuju ke Empire City, tempat di mana Cole berada. Sebagai satu-satunya orang yang mampu mengalahkan The Beast, Cole tak punya pilihan. Ia harus berdiri melawan kekuatan Beast yang absolut.

Konfrontasi pertama melawan The Beast.
Dengan kekuatan terbesar Cole, The Beast tetap tak bergeming.

InFamous 2 berjalan sebulan setelah event akhir di seri pertama. Cole yang bersiap menghadapi sang monster tiba-tiba dikejutkan dengan hadirnya The Beast secara tiba-tiba di Empire City. Berjuang dengan semua kekuatan yang ia miliki, Cole berusaha mengalahkan entitas super kuat tersebut. Namun upaya tersebut gagal, Cole masih terlalu lemah. Walaupun ia berhasil melarikan diri, Empire City harus menjadi korban pertama The Beast. Kota tersebut hancur rata dan semua penduduknya tewas dengan sebuah energy blast.

Cole harus mencari lebih banyak Blast Core untuk memicu RFI.

Cole bersama dengan teman setianya, Zeke dan Kuo memutuskan untuk berangkat ke New Marais untuk menemui Dr. Wolfe, jenius yang dipercaya mampu melipatkagandakan kekuatan Cole dan mempersiapkannya melawan The Beast. Wolfe datang dengan sebuah solusi “sederhana”. Selain memperkuat diri dengan Blast Core, Cole juga harus menggunakan RFI (Ray Field Inhibitor) yang akan menyerap kekuatan The Beast, membuatnya lebih lemah. Dengan kekuatan Cole yang semakin kuat dan The Beast yang semakin lemah, skenario ini tampaknya akan menjadi jalan keluar terbaik. Cole pun bersedia.

Welcome to New Marais.

Namun, New Marais bukanlah sebuah kota yang indah. Dengan kota yang dipenuhi dengan militia, monster, dan pasukan conduit yang masif, Cole harus berjuang keras untuk menemukan Blast Core untuk menaklukkan The Beast, namun sekaligus juga berhadapan dengan kelompok yang menginginkan nyawanya. Konflik pun tak dapat dihindarkan dan Cole harus memecahkan misteri yang menyelubungi New Marais. Siapakah The Beast? Dapatkan ia dikalahkan? Siapakah yang berada di balik konflik faksi New Marais? Anda akan menemukan semua jawaban itu seiring dengan jalannya plot.

Setting-nya sendiri akan menutup akses Cole di satu kota saja, yakni New Marais. Kota yang dibangun dengan detail yang cukup baik ini akan terbagi menjadi 3 bagian yang akan dapat diakses sejalan dengan perkembangan permainan.

Gameplay

Pada dasarnya, ini adalah sebuah game open-world.

Sistem permainan InFamous 2 tidak berbeda jauh dibandingkan seri pertama, dengan sedikit penambahan elemen di dalamnya. Sebagai sebuah game sandbox atau dikenal juga dengan istilah open-world, Anda tentu saja memiliki kebebasan untuk menjelajahi keseluruhan area kota yang sudah terbuka. Anda akan menemukan penduduk kota yang berkeliaran bebas di bawahnya, beberapa side mission yang dapat diakses, misi utama, dan tentu saja blast shard yang tersebar di seluruh kota. Mengumpulkan blast shard yang cukup akan menambahkan kapasitas kekuatan listrik Anda.

Gunakan kabel untuk mobilitas maksimal.

Dengan jarak kota yang begitu besar, Anda tidak perlu takut akan menghabiskan sebagian besar waktu yang ada hanya untuk berjalan mengitarinya. Cole dibekali dengan kekuatan listrik yang membuatnya mampu mengambang sementara di udara, membuat Anda lebih mudah lompat dari satu daerah ke daerah lainnya. Anda juga dapat memanfaatkan untaian kabel listrik di sepanjang kota untuk bergerak supercepat.

The Amp menjadi senjata melee Cole.

Sebagai sebuah game action, Sucker Punch tentu saja sudah membekali Cole MacGrath ini dengan berbagai kemampuan serang yang mumpuni. Ia bahkan kini dipersenjatai dengan sebuah senjata melee penguat listrik bernama The Amp. Sayangnya, serangan melee tidak akan berbuat terlalu banyak di game ini. Dengan sebagian besar musuh yang bergerak di range, melee hanya akan berlaku efektif jika Anda berada di posisi yang tepat atau sedang dikepung. Beberapa combo serangan yang dihasilkan akan membuat Cole mampu melancarkan final attack ketika The Amp berada di kemampuan maksimum.

Proyektil

Push

Granat

Melempar mobil.

Ultimate move!!

Recharge kembali kekuatan.

Fokus kemampuan listrik Cole ada di kemampuan serang jarak jauh yang ia miliki. Beberapa kombinasi tombol akan memungkinkan Anda untuk melepaskan kekuatan listrik dengan daya rusak yang efektif. Cole dapat menembakkan listrik layaknya sebuah proyektil peluru, menjadikannya sebuah granat, mengubahnya sekuat misil, melempar kendaraan, menghasilkan daya dorong darinya, hingga menghasilkan typoon destruktif yang akan menghisap siapa pun yang berada di depannya. Kombinasi serangan jarak jauh inilah yang akan menjadi senjata andalan Anda di sepanjang permainan. Namun perlu diingat, Anda akan kehilangan kekuatan listrik jika menggunakan kemampuan ini secara berlebihan. Anda hanya perlu mencari sumber listrik terdekat untuk mengisi kembali.

Permainan tentu saja akan bergerak maju ketika Anda memutuskan untuk mengambil misi utama. Namun berbagai side mission akan muncul mengikuti kehadiran misi utama. Side mission utama yang dihadirkan juga cukup beragam, dari menghancurkan musuh, mencari paket melalui sebuah foto, menyalakan generator, hingga berperan sebagai seorang “detektif”. Misi yang berhasil, selain memberikan exprience juga akan menghilangkan pengaruh militia dari daerah tersebut, membuatnya lebih aman dan minim konflik.

Menjadi Baik Atau Jahat? Tentukan Pilihanmu!

Salah satu fitur utama dan sekaligus unik dari InFamous 2 adalah sistem karma yang dihadirkannya. Dengan kekuatan besar yang Anda miliki, Anda otomatis menjadi makhluk terkuat di kota. Yang membatasi Anda dengan berbagai penyimpangan yang mampu Anda lakukan hanyalah sistem moral yang Anda yakini ada di dalam tubuh Cole MacGrath ini. Anda bebas memilih untuk menjadikan karakter ini memiliki tabiat yang baik atau buruk, tergantung aksi yang Anda lakukan.

Lakukan perbuatan yang baik untuk karma yang baik.
Tampilan Cole berubah sesuai karma yang dipilih.

Semakin banyak Anda melakukan tindakan-tindakan heroik seperti menyembuhkan penduduk kota, menolong mereka dari perampokan atau menjalankan side mission yang baik, Anda akan memperoleh point karma yang baik. Penduduk kota akan mencintai Anda dan memuja Anda layaknya seorang pahlawan. Sebaliknya, jika Anda memutuskan untuk menggunakan kekuatan Anda secara sembarangan: menyakiti polisi, membunuh warga, menghancurkan properti, dan menjalankan misi yang jahat, Anda akan mendapatkan point karma yang buruk. Para penduduk akan takut dan membenci Anda, bahkan terkadang menyerang secara tiba-tiba.

Warna listrik yang Anda hasilkan menunjukkan karma yang Anda pilih. Biru berart Anda baik dan merah berarti Anda jahat. Salah satu indikator yang paling jelas juga ada pada perubahan tampilan Cole nya sendiri. Semakin jahat, Cole akan memiliki penampilan yang cukup “demonic”, dengan pakaian lusuh dan seringainya yang kejam. Sistem karma juga akan menentukan reaksi NPC lain ketika berinteraksi dengan Anda. Cut-scene juga akan ikut bergerak dinamis sesuati dengan karma yang Anda pilih.

Perkuat Cole, Maksimalkan Kemampuan Serangan!

Setiap kali Anda menyelesaikan sebuah misi atau side mission, Anda akan mendapatkan exprience point sebagai imbalan. Dengan poin ini, Anda dapat menambahkan atau meningkatkan kemampuan listrik Cole. Beberapa di antaranya memang hanya bisa diakses setelah Anda mengumpulkan cukup banyak Blast Core, tetapi tidak sedikit yang sudah bisa diperkuat dengan membayar sejumlah exprience point.

Karma juga menentukan jenis skill yang bisa dibuka.

Sistem Karma juga sangat berpengaruh terhadap skill yang bisa Anda pilih. Famous (hero) maupun InFamous (jahat) memiliki jenis dan level skill yang berbeda satu sama lain. Namun secara garis besar, skill yang dapat dipilih selalu bertambah kuat dibandingkan skill sebelumnya. Jadi jangan takut untuk memilih karma yang Anda inginkan. Perubahan yang paling kentara hanya berkisar pada pengalaman dan gaya Anda bermain.

New Companion, New Power

Cole kini mampu meintegrasikan kekuatannya dengan elemen lain.

Apalah artinya sebuah sekuel tanpa menghadirkan penyegaran dengan karakter baru? Setidaknya Sucker Punch cukup mengerti tentang hal ini. Cole memang masih ditemani temannya, Zeke, yang tidak memiliki kemampuan, namun ia kini juga ditemani oleh dua orang Conduit (pengguna kekuatan) yang baru. Ada Nix yang memiliki kekuatan untuk mengendalikan minyak dan merepresentasikan sisi jahat, serta Kuo yang memiliki kekuatan es dan merepresentasikan sisi baik Cole. Di beberapa misi, Anda akan ditemani salah satu atau kedua karakter ini untuk memudahkan penaklukkan misi.

Di InFamous 2, Cole akan memiliki perkembangan karakter yang cukup mengejutkan. Anda memang masih menggunakan listrik sebagai kekuatan utama serangan, namun di satu titik, Anda akan diberikan kesempatan untuk menggabungkannya dengan kemampuan Conduit yang lain. Anda harus memilih untuk mengambil salah satu dari kekuatan Nix atau Kuo dan mengintegrasikannya. Apa pun pilihan Anda, Nix atau Kuo akan membuat serangan Anda sebagai percampuran elemen dengan yang mereka miliki. Jadi Listrik + Minyak atau Listrik + Es? Apapun itu, kekuatan baru ini akan menghasilkan daya serang yang lebih kuat dengan berbagai efek tambahan.

Pilih Cabang Ceritamu

Cerita berkembang sesuai dengan pilihan yang diambil.

InFamous 2 memang piawai membuat Anda rindu untuk mengambil kontroler kembali dan memainkan game ini, bahkan setelah Anda menamatkannya. Dengan plot yang begitu luas dan cabang di titik-titik penting cerita, hampir sesuatu yang mustahil untuk mendapatkan pengalaman secara utuh dengan hanya sekali memainkan game ini. Bayangkan saja, pengalaman yang dihadirkan karma baik-jahat saja sudah akan berbeda, apalagi penggunaan skill, pemilihan companion, hingga pada akhirnya, ending. Anda harus memilih cabang cerita yang Anda inginkan. Memainkan game ini sekali lagi? Kenapa tidak!

Unfortunately Buggy

Sayangnya, cukup banyak bug yang mengganggu.

Jika membicarakan kelemahan yang cukup mengganggu dalam skala yang sangat signifkan, maka bug di game ini cukup membuat emosi. Sepanjang permainan, saya menemukan beberapa yang sangat berpengaruh pada jalannya misi yang Anda jalankan. Misalnya saja, pada misi tertentu Anda diharuskan untuk mengangkat benda tertentu dan melemparkannya. Tiba-tiba, tanpa sebab yang jelas, benda yang tadinya baik-baik saja tiba-tiba bisa lagi diangkat dan digerakkan. Anda harus keluar dari game dan kemudian masuk lagi untuk menyembuhkan bug ini.

Karakter yang tiba-tiba tenggelam ke dalam trotoar juga terkadang menimbulkan kepanikan tersendiri, walaupun jarang sekali terjadi. Saya juga menemukan beberapa kali hilangnya percakapan yang dibutuhkan untuk melakukan trigger di munculnya misi tertentu. Misalnya saja Anda sedang berbicara dengan Kuo dan misi seharusnya muncul setelah konversasi dengan Kuo selesai. Namun yang terjadi justru dua hal: pembicaraan Kuo berhenti begitu saja tanpa diselesaikan atau misi tidak muncul setelah Kuo selesai berbicara.

Kesimpulan

Worth to PLAY!

Sebagai game yang melanjutkan franchise InFamous, harus diakui InFamous 2 menghasilkan pengalaman bermain yang jauh lebih baik dan maksimal. Visualisasi yang dihadirkan kini jauh lebih baik dibandingkan seri pendahulunya. Berbagai elemen klasik yang membuat game ini dicintai berhasil dihadirkan kembali dengan dukungan berbagai elemen baru dan plot yang lebih menarik. Anda tetap tidak akan merasakan kebosanan sama sekali ketika berkeliling kota dan menyelesaikan side mission yang ada.

Menjadi baik atau buruk? Menyelamatkan atau menghancurkan dunia? Keputusan ini akan dikembalikan kepada Anda. Skill yang dihadirkan di kedua karma tersebut sama berimbang sehingga keputusan ini lebih didasarkan atas keinginan dan “moral” yang ingin Anda terapkan kepada sosok Cole. Kebebasan seperti ini jugalah yang menjadikan InFamous 2 semakin menarik. Di titik tertentu, Anda akan dihadapkan pada pilihan-pilihan sulit yang membuat Anda harus mengorbankan salah satunya, termasuk di ending game ini. Walaupun membingungkan, hal seperti inilah yang harus dinikmati.

Sayang seribu sayang, Sucker Punch tampak seperti belum rampung memoles game ini. Tampilan luar mungkin hampir sempurna, namun bug di dalamnya membuat permainan terkadang justru memancing emosi. Semua bug ini dapat diselesaikan jika Anda keluar dari InFamous 2 sebentar dan kemudian masuk kembali. Sistem Auto-save akan langsung mengantarkan Anda ke titik terdekat sebelum Anda melakukan quit. Jadi, jangan terlalu khawatir.

Akhirnya, saya harus mengakui InFamous 2 kembali muncul sebagai salah satu game eksklusif Playstation 3 terbaik yang pernah saya mainkan. Kekuatannya untuk terus menghadirkan ketertarikan saya menatap layar kaca dan memainkannya menjadi nilai plus yang sulit ditemukan di game lain. Saya merekomendasikannya untuk Anda.

Kelebihan

 

Visualisasi yang lebih baik dibandingkan pendahulunya
  • Visualisasi yang lebih baik dibandingkan seri pertama.
  • Sistem Karma.
  • Plot yang epik.
  • Cerita yang bercabang.
  • Efek-efek serangan yang ditampilkan baik.

Kekurangan

 

Desain karakter pendukungnya kurang memanjakan mata.
  • Masih buggy.
  • Desain karakter pendukung.

Cocok untuk gamer: pencinta open-world dan action, yang pernah memainkan InFamous pertama, pemilik Playstation 3 original.

Tidak cocok untuk gamer: fobia akan sengatan listrik, pemilik Playstation 3 jailbreak, pembenci tema semi-apocalyptic.

I LOVE BEING EVIL!!

Sebagai peringatan, InFamous 2 membutuhkan firmware Playstation 3 terbaru untuk dimainkan. Bagi Anda yang melakukan jailbreak terhadap Playstation 3 Anda, game ini akan memunculkan notifikasi upgrade firmware sebagai syarat utama. Perlu diingat, firmware terbaru yang diusung InFamous 2 ini akan membuat Playstation 3 kembali original dan tidak akan bisa di-jailbreak lagi. Jadi, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu.

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 20, 2021 - 0

Review Outriders: Loot-Shooter Memuaskan!

Tidak mudah dikembangkan, jarang memuaskan, dan akan ikut tewas bersama…
April 7, 2021 - 0

Preview Outriders: Ternyata Lumayan Seru!

Ada banyak kasus dimana versi demo yang dikeluarkan oleh developer…
April 6, 2021 - 0

Preview NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Masa Lalu yang Baru!

Datang karena desain karakter yang sensual dan bertahan karena daya…
April 5, 2021 - 0

Review It Takes Two: Butuh Dua untuk Mencinta!

Berapa banyak dari Anda yang sempat mendengar nama Josef Fares…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…