NostalGame: Breath of Fire IV

Reading time:
July 19, 2012
Breath of Fire IV 4

Berapa banyak dari Anda yang merindukan artikel NostalGame? Feature khusus JagatPlay yang membawa Anda ke dalam mesin waktu dan mengenang kembali franchise-franchise raksasa di masa lalu ini memang menjadi kesempatan terbaik untuk nostalgia. Setelah sempat vakum selama beberapa bulan akibat membanjirnya game-game baru, terbatasnya waktu, dan pemilihan prioritas game untuk direview, NostalGame akhirnya mendapatkan konten baru. Kesempatan ini datang dari melemahnya siklus game baru di pertengahan tahun. Untuk membuka kembali fitur ini, kami menghadirkan seri game RPG yang begitu fenomenal di masa lalu: Breath of Fire IV.

Di masa dimana Capcom masih rajin melahirkan game-game RPG yang berkualitas, nama besar Breath of Fire IV memang tidak tergantikan. Di masa kejayaan Playstation, ia menawarkan segudang fitur yang membuatnya tampil berbeda, tentu saja dengan kualitas yang mudah dicintai. Ia tampil dalam visualisasi unik yang memesona di kala itu, plot yang epik, desain karakter yang luar biasa, beragam mini game yang menarik, serta satu dari sedikit game yang menawarkan kebebasan untuk menentukan ending Anda sendiri. Breath of Fire IV adalah salah satu monumen kualitas game RPG yang mungkin tidak akan lagi dapat dicapai oleh game RPG saat ini.

Jika Anda termasuk salah satu gamer yang pernah merasakan daya magis seri yang satu ini, jangan ragu untuk ikut bersama kami, menikmati kembali petualangan epik Ryu untuk menemukan jati dirinya. Mari bernostalgia dengan Breath of Fire IV.

Plot dan Gameplay

Breath of Fire IV dibuka dengan adegan Nina yang sedang mencari sang kakak – Elina bersama dengan Clay. Bersamaan dengan sebuah benda angkasa bersinar yang jatuh ke bumi, sandfliers – kendaraan yang mereka gunakan untuk menyusuri padang yang luas tiba-tiba diserang oleh naga dan rusak. Dalam perjalanannya mencari spare part pengganti di kota terdekat, Nina bertemu dengan seorang pria tanpa busana yang kemudian diketahui sebagai Ryu (kami mengganti namanya menjadi JagatP di nostalgame ini).. Perjalanan Nina yang sebelumnya sederhana kini berubah menjadi jauh lebih kompleks bersama dengan Ryu. Usaha Ryu untuk menemukan jati dirinya, sembari lari dari kejaran pasukan Fou Empire yang sempat mereka hadapi di kota di awal permainan ternyata membawa Ryu dan Nina dalam misteri yang lebih dalam.

Breath of Fire IV 8
Pertemuan pertama Nina dan Ryu. Sebuah lingkar takdir yang akan membawa keduanya ke dalam petualangan yang jauh lebih besar.
Breath of Fire IV 19
Di sudut yang lain, seorang kaisar “abadi” bernama Fou-Lu bangkit dari tidurnya. Apa hubungan Ryu dengan Fou-Lu? Mengapa ia menjadi sosok yang begitu ditakuti? Inilah yang akan menjadi poros plot utama dari BOF IV

Di sisi yang lain, seorang karakter misterius dengan kekuatan luar biasa – Fou-Lu juga bangkit dari kuburnya. Di awal permainan, Anda hanya mengenalnya sebagai kaisar pertama dari sebuah kerajaan bernama Fou, tanpa mengetahui motif eksistensinya sama sekali. Namun seiring dengan berjalannya permainan, Fou-Lu dan Ryu merepresentasikan karkateristik yang hampir serupa sama lain, terutama dari kemampuan masing-masing untuk berubah menjadi naga. Siapa sebenarnya Ryu? Siapa sebenarnya Fou-Lu? Apa hubungan keduanya? Misteri inilah yang akan bergerak sebagai plot utama dari Breath of Fire IV.

Breath of Fire IV 13
Sistem RPG turn-based “klasik” yang mungkin tidak akan pernah Anda temukan di game RPG manapun saat ini.
Breath of Fire IV 50
BOF IV juga menyediakan puzzle-puzzle yang akan memaksa Anda untuk memutar otak!

Sebagai salah satu seri game RPG klasik, Breath of Fire IV memang masih mengusung mekanisme gameplay RPG klasik yang mungkin sudah sulit untuk ditemukan saat ini. Berbasis turn-based, Anda akan menemui beragam command dari attack, charge (menyerang secara otomatis), special / skill, escape, items, dan guard. Karakter-karakter tertentu seperti Ryu memiliki kemampuan unik yang memungkinkannya untuk berubah menjadi naga. TIdak hanya itu saja, Capcom juga menyertakan kemampuan khusus bagi masing-masing karakter di luar battle, seperti sabetan pedang untuk Ryu (yang bisa digunakan untuk mencuri uang), Mendorong bagi Clay, Headbutt bagi Ershin, terbang bagi Nina, dan lainnya. Salah satu yang membuat BOF IV cukup berbeda adalah hadirnya segudang mini game yanga akan Anda temukan di sepanjang permainan. Ia menampilkan semua elemen game klasik RPG yang benar-benar akan membuat Anda bernostalgia.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…