Nitrous: Engine Next-Gen Baru untuk Game Strategi

Reading time:
January 16, 2014
oxide1

Kompleks, menantang, sekaligus menawarkan kepuasan yang tidak terkira, ada begitu banyak alasan untuk mencintai game-game yang mengusung genre strategi. Kebebasan untuk mengatur unit, resource, dan strategi yang diusung memberikan Anda sensasi kendali penuh terhadap permainan, apalagi ketika berhadapan dalam mode kompetitif. Dengan begitu banyak unit yang harus dikendalikan, game-game dengan genre RTS memang lebih identik dengan PC sebagai platform utama, terutama karena kenyamanan fungsi keyboard dan mouse di mekanik seperti ini. PC juga menawarkan kemampuan untuk melakukan render unit dalam jumlah masif, puluhan hingga ratusan dalam satu layar. Untuk urusan yang satu ini, engine terbaru bernama Nitrous akan membawanya ke level yang lebih tinggi.

Untuk merepresentasikan generasi gaming yang baru, sebuah engine yang didesain khusus untuk genre RTS bernama Nitrous diperkenalkan. Lantas apa yang membuat engine terbaru dari developer Oxide Games ini tampil begitu spesial? Ketika sebagian besar game RTS menawarkan pertempuran ratusan unit dalam satu layar, Nitrous mengklaim mampu menghadirkan lebih dari 10.000 unit di-render dalam waktu bersamaan, lengkap dengan physics dan AI yang mereka usung. Mereka mendemokan hal tersebut di CES 2014 lewat sebuah simulasi game bernama “Star Swarm”. Nitrous sendiri dikembangkan dengan menggunakan teknologi Mantle dari AMD, untuk memastikan komunikasi CPU dan GPU yang jauh lebih bisa diandalkan.

nitrous engine2 nitrous engine1 nitrous engine

Dan Baker – boss besar dari Oxide Games yang juga merupakan mantan developer Civilization V, menyatakan bahwa engine ini akan mampu menghasilkan skenario perang 10 kali lipat lebih kompleks dari scene paling kompleks yang Anda temukan di Starcraft II. Akan ada tiga game strategi yang akan menggunakan engine Nitrous sebagai dasar pengembangan – Star Control dari Stardock, game strategi terbaru dari Mohawk Games, dan game terbaru dari Oxide sendiri, yang masih dirahasiakan. Belum ada informasi soal tanggal rilis masing-masing game tersebut.

10.000 unit dalam satu layar, dengan pertempuran 5000 unit vs 5000 unit dalam skenario 1 vs 1? Holy hell.. Holy frakking hell..

Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 29, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yoko Taro (NieR Series)!

Menyebutnya sebagai salah satu developer paling eksentrik di industri game…
June 24, 2021 - 0

Preview Scarlet Nexus: Bak Menikmati Anime Aksi Berkualitas!

Komitmen Bandai Namco untuk menawarkan game-game dengan cita rasa anime…
June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…