Pembuat Item Steam Raih Penghasilan Hingga Ratusan Miliar Rupiah

Reading time:
January 29, 2015
DungeonChivalry

Jika Anda termasuk gamer yang sempat memainkan game-game yang berfokus pada pengalaman multiplayer dari Valve seperti Team Fortress 2, DOTA 2, atau Counter-Strike: Global Offensive, maka Anda sudah pasti sempat tergiur dengan item kosmetik yang mereka tawarkan. Berbeda dengan publisher lain yang mengembangkan semua item ini sendiri, Valve memiliki mekanisme Workshop yang memungkinkan kesempatan bagi pihak ketiga untuk mendesain dan menjual item-item tersebut. Caranya sederhana, gamer hanya perlu melakukan vote untuk memastikan item incaran mereka lolos. Sementara di sisi lain, para peracik desain item ini akan mendapatkan komisi untuk setiap unit yang terjual. Siapa yang mengira, bahwa model bisnis ini ternyata sangat menguntungkan.

Sejak diluncurkan tahun 2011 silam, Workshop ternyata berhasil menyumbang penghasilan yang sangat masif untuk lebih dari 1.500 kontributor desain item, yang diklaim Valve – kini berasal dari 75 negara. Valve menyebut bahwa angka penghasilan total yang berhasil mereka raih selama 4 tahun terakhir ini bahkan sudah mencapai USD 57 juta atau hampir 720 Miliar Rupiah! Hebatnya lagi, ambisi Valve tidak hanya berhenti di situ saja. Mereka ingin sistem Workshop ini juga akan bisa digunakan di game-game lain di luar keluaran Valve, untuk tentu saja – membuka potensi penjualan untuk para peracik item yang ada. Mereka bahkan sudah berhasil menggandeng Dungeon Defenders: Eternity dan Chivalry: Medieval Warfare sebagai partner utama.

Dirilis sejak tahun 2011 silam, Valve mengklaim Workshop telah berhasil menciptakan pendapatan lebih dari USD 57 juta atau hampir 720 Miliar Rupiah untuk para peracik item kosmetik!
Dirilis sejak tahun 2011 silam, Valve mengklaim Workshop telah berhasil menciptakan pendapatan lebih dari USD 57 juta atau hampir 720 Miliar Rupiah untuk para peracik item kosmetik!

720 Milliar Rupiah untuk 1.500 kontributor selama 4 tahun terakhir ini? Dengan tingkat popularitas game-game Valve yang semakin tinggi, angka ini berpotensi untuk terus meroket hingga level yang semakin mengagumkan. Time to change our job, gentlemen?

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…