10 Peraturan Tidak Tertulis Gamer!

Reading time:
August 10, 2015
feat-image

Bagi seorang gamer, video game adalah sebuah prioritas. Ia memang tidak akan menghalangi gamer untuk berfungsi secara penuh sebagai manusia dan bagian dari masyarakat, namun video game tetap akan jadi kegiatan yang selalu difavoritkan setiap kali kita memiliki waktu luang untuk sedikit bersantai atau “kemewahan” untuk tidak melakukan apapun. Tidak mengherankan pula jika dedikasi seperti ini menghasilkan basis fans yang kuat, kelompok penuh dedikasi yang berjuang mati-matian untuk memenuhi rasa penasaran mereka, apalagi setiap kali sebuah game baru yang populer keluar di pasaran. Gamer mulai tumbuh sebagai sebuah komunitas yang solid.

Maka seperti komunitas pada umumnya, gamer juga banyak “kode etik” yang perlu dipatuhi untuk memastikan kenyamanan bersama. Walaupun tidak pernah ada hukum tertulis untuk mengatur hubungan antar manusia sebagai gamer, namun mereka yang sudah lama malang melintang di industri ini cukup tahu apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan ketika gaming, terlepas dari fakta Anda bermain solo atau bermain multiplayer secara offline-online. Aturan tidak tertulis yang tidak hanya mengakar bagi mereka yang menyediakan ruang, tetapi juga mereka yang sekedar nimbrung untuk menikmati game bersama-sama.

Lantas, dari semua peraturan tidak tertulis gamer, mana saja yang pantas untuk diperhatikan? Berikut adalah versi JagatPlay:

  1. Tuan Rumah = Player 1

mario luigi

 

Ini mungkin menjadi salah satu peraturan tidak tertulis paling dasar yang pasti diamini oleh setiap gamer yang pernah mencicipi game multiplayer offline, terlepas dari genre apapun yang mereka pilih, dari racing, fighting, hingga platformer kooperatif. Peraturannya jelas, bahwa tuan rumah atau siapapun yang memiliki si sistem utama, berhak atas kontroler Player 1 – yang biasanya diasosiasikan sebagai kontroler terbaik yang ia miliki. Gamer yang sekedar “numpang” atau diajak untuk bermain bersama tidak punya kemampuan untuk voting dan meminta hak istimewa tersebut. Anda harus pasrah menerima fakta bahwa Anda akan mendapatkan kontroler yang lebih buruk atau bahkan cacat teknis. Satu-satunya solusi? Membawa kontroler Anda sendiri dari rumah.

  1. Aturan Pinjam-Meminjam

sony borrow

Memiliki teman yang punya hobi sama tentu memberikan keuntungan tersendiri. Tidak hanya Anda punya lebih banyak bahan pembicaraan atau kesempatan untuk meminta dan berbagi strategi permainan, Anda bisa meminjam game-game teman lain yang mungkin punya library lebih padat. Walaupun demikian, seperti halnya proses pinjam-meminjam barang yang lain, ada etika di sini yang seharusnya dijalankan untuk memastikan kedua pihak berada di posisi yang nyaman. Pertama, hanya meminjam game-game yang memang sudah diselesaikan oleh sang pemilik. Kedua, tidak meminjam dalam periode waktu yang terlalu lama walaupun sang pemilik sudah menyelesaikan game tersebut. Membicarakan waktu pinjam sangat direkomendasikan. Yang ketiga dan terakhir? Memperlakukannya seperti disc game Anda sendiri. Tempatkan di tempat yang minim bahaya, perlakukan disc dengan hati-hati, dan pastikan ia tidak sampai tergores dan tetap tersimpan rapi di kotaknya.

  1. Prioritas untuk Player dengan Health Minim

tmnt 3

 

Walaupun kian sulit untuk menemukan game-game platformer atau action yang mendukung offline multiplayer saat ini, peraturan ini masih mengakar kuat di dalam diri gamer, terutama mereka yang sempat hidup dengan platform di beberapa generasi awal. Dengan misi kooperatif sebagai kunci, hampir mustahil rasanya jika rasa egois dan keinginan untuk menang sendiri akan memberikan kontribusi positif apapun pada hal tersebut. Sebagai gantinya, adalah komunikasi tanpa kata-kata yang terjalin di antara gamer yang berjuang untuk menjalankan misi tersebut. Loot apapun adalah rebutan, senjata, armor, hingga kesempatan utnuk mendapatkan serangan spesial diperebutkan secara adil. Namun untuk masalah health atau 1up, peraturannya hanya satu – gamer yang membutuhkan lah yang pantas untuk mendapatkan prioritas. Jika nyawa Anda penuh dan Anda begitu serakah untuk mengambilnya? Tali pertemanan Anda bisa saja tercederai saat itu juga, dengan penuh argumen-argumen keras.

  1. Selalu Ambil Jalan Satunya Lagi

vesperia

Apa yang membuat video game menarik dan menantang? Bahwa terlepas dari fakta perjalanan Anda selalu soal bergerak dari titik A ke titik B, Anda selalu akan berhadapan dengan jalur alternatif, apalagi jika Anda memainkan game-game RPG. Menjadi sebuah peraturan tidak tertulis bahwa Anda harus selalu mengambil jalan yang berbeda dengan jalan utama, apapun konsekuensinya! Probabilitas bahwa Anda mungkin saja melewatkan sebuah item, equipment, boss, atau bahkan sekedar cut-scene ekstra menjadi mimpi buruk yang terus berusaha dihindari oleh gamer RPG manapun, membuat langkah eksplorasi seperti ini menjadi sesuatu yang rasional. Maka jangan heran jika Anda melihat gamer membuat karakternya menyusuri kembali jalan yang sudah dilewati, mengambil jalan berbeda, walaupun jelas-jelas bahwa jalan yang sempat ia pilih memang sudah benar adanya. Eksplorasi menjadi prioritas, baru jalan cerita utama.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…