Preview Rise of the Tomb Raider: Jauh Lebih Matang!

Reading time:
January 29, 2016
Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (1)

Jika kita membicarakan salah satu bukti “kebangkitan” sebuah franchise lawas yang hampir mati, maka tidak ada yang lebih tepat untuk menjadi saksi hidup tersebut selain Tomb Raider. Seri awal masa lalunya memang langsung mencapai tingkat popularitas tinggi, namun sayangnya, tak diikuti dengan eksekusi seri penerus yang mumpuni. Pelan tapi pasti, sosok Lara Croft seolah mulai dilupakan oleh gamer-gamer generasi baru yang tak sempat mencicipi momen magisnya di masa lalu. Untungnya, campur tangan Crystal Dynamics dan Square Enix yang memutuskan untuk menawarkan sesuatu yang berbeda lewat proses reboot tiga tahun yang lalu berakhir manis. Respon positif berhasil mereka tuai lewat cita rasa gameplay modern, cerita solid, dan sosok Lara Croft yang terasa lebih manusiawi. Cukup untuk membuat sebuah seri sekuel akhirnya tiba di pasar PC setelah sempat dirilis sebagai proyek eksklusif sementara Xbox One. Inilah Rise of the Tomb Raider!

Kesan Pertama

Sulit rasanya untuk tidak memberikan pujian tersendiri untuk Crystal Dynamics dan Square Enix yang berhasil meracik Rise of the Tomb Raider versi PC ini dengan kualitas yang luar biasa. Dibandingkan dengan seri perdananya di tahun 2013 silam, game ini mengalami perbaikan dan pertumbuhan yang signifikan, baik dari sisi visualisasi, mekanik gameplay, hingga sosok Lara Croft yang ikoniknya itu sendiri. Alasan yang membuat kami menyebut proyek ini sebagai sebuah seri sekuel yang terasa jauh lebih matang. Dari sisi visual, jika Anda punya PC yang cukup kuat untuk menanganinya, Rise of the Tomb Raider di setting grafis terbaik akan cukup untuk membuat Anda termanjakan. Detail, efek rambut Pure Hair, sistem tata cahaya dan bayangan yang ia suntikkan, hingga sekedar atmosfer medan petualangan yang Anda lewati jauh lebih baik daripada seri pertamanya. Ini  benar-benar terasa seperti lompatan menuju platform generasi saat ini yang dieksekusi dengan serius dan berakhir manis.

Tak hanya sekedar kualitas visual yang “lebih matang”, Rise of the Tomb Raider juga menyempurnakan sistem gameplay yang ada. Walaupun masih mengusung cita rasa game action yang serupa, ia kini hadir dengan lebih banyak fitur yang semakin mendekatkannya dengan genre open-world alih-alih sebuah game action linear. Dunia yang ditawarkan terasa lebih luas, kini hadir dengan sistem side-quest, resource dan proses hunting yang kini lebih bermakna, dan beragam rahasia yang menunggu untuk dijelajahi jadi daya tarik tersendiri. Ditambah dengan variasi skill yang bisa digunakan oleh Lara untuk mengakomodasi kebutuhan petualangannya tersebut, Crystal Dynamics berhasil menambahkan lapisan mekanik gameplay baru yang membuatnya terasa lebih kaya. Kematangan serupa juga bisa dilihat dari karakter Lara Croft yang kini terasa jauh lebih dewasa.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review dengan progress cerita yang kini sudah mencapai sekitar 40% dari total keseluruhan, izinkan kami melemparkan kepada Anda serangkaian screenshot fresh from oven di bawah ini untuk membantu Anda mendapatkan sedikit gambaran soal kualitas visualisasi yang diusung Rise of the Tomb Raider versi PC ini. Semua gambar di bawah ini diambil dengan setting kualitas grafis terbaik – mentok kanan di 1080p. Super badass..

PS: Klik Gambar untuk Memperbesar!

Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (12) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (25) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (37) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (50) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (52) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (80) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (91) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (105) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (153) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (171) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (206) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (246) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (257) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (263) Rise of the Tomb Raider jagatplay part 1 (265)
Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…
April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…