Review Cooler Master Masterkeys Lite L Combo: Kombinasi RGB Terjangkau!

Reading time:
January 18, 2017
Cooler Master Masterkeys Lite L Combo
Cooler Master Masterkeys Lite L Combo

RGB sepertinya menjadi “fenomena” yang kian hangat di industri komponen komputer. Tak lagi sekedar mendefinisikan “penyempurnaan” sekedar dari performa yang lebih tinggi atau fitur esensial yang menarik, banyak produsen yang mulai membalut komponen mereka dengan kelap-kelip RGB. Sesuatu yang sudah dilakukan dan ditetapkan standar oleh bisnis peripheral untuk waktu yang cukup lama. Bahwa tak lagi sekedar punya PC yang kuat dan bisa diandalkan, gamer juga butuh sesuatu yang mampu memperkuat identitas mereka di atas permukaan. Permasalahannya? Perangkat RGB seperti ini selalu diidentikkan dengan satu kata – “mahal”. Namun untungnya, selalu ada alternatif baru yang menarik. Salah satunya berusaha ditawarkan oleh Cooler Master via Masterkeys Lite L Combo.

Desain dan Fitur

Sesuai namanya, Masterkeys Lite L Combo merupakan produk bundle keyboard dan mouse gaming.
Sesuai namanya, Masterkeys Lite L Combo merupakan produk bundle keyboard dan mouse gaming.

Seperti yang bisa Anda prediksi, setidaknya dari nama yang ia usung, Cooler Master Masterkeys Lite L Combo merupakan sebuah produk kombinasi yang memuat keyboard gaming dan mouse gaming dalam satu paket penjualan yang sama. Dan seperti yang kami bicarakan di sub-judul pula, keduanya diposisikan sebagai sebuah produk yang diperkuat dengan RGB, dengan kosmetik dalam range harga terjangkau jadi fokus utama. Namun tentu saja, bagi kita gamer, fungsi dan kenyamanan juga tak bisa dipandang sebelah mata begitu saja.

Cooler Master sendiri menyebut keyboard ini hadir dengan switch “Mem-chanical”, sebuah sebutan yang tentu saja rentan berakhir misleading jika konsumen tidak membacanya dengan hati-hati. Anda sepertinya sudah bisa menebak apa yang ditawarkan oleh switch ini. Benar sekali, secara sederhana, sebuah hybrid. Masterkeys Lite L Combo ini adalah sebuah keyboard membran yang didesain sedemikian rupa untuk meniru apa yang disukai gamer dari sebuah keyboard mekanikal. Tak sekedar ukuran tuts yang lebih tinggi saja, tetapi juga sensasi taktil dan daya tahun itu sendiri. Apakah berhasil? Kita akan bicarakan nanti.

Keyboard hybrid dengan nama rentan misleading yang mereka sebut
Keyboard hybrid dengan nama rentan misleading yang mereka sebut “Mem-chanical”
Mouse gaming konvensional yang nyaman dan ambidex.
Mouse gaming konvensional yang nyaman dan ambidex.

Sementara dari sisi mouse yang masuk dalam paket penjualan, Anda akan bertemu dengan sebuah mouse gaming standar dengan bentuk konvesional yang tak terlihat istimewa di permukaan. Bentuk oval dengan ukuran yang tak terlalu besar memberikan jaminan pasti soal kenyamanan. Ekstra tombol forward dan backward disematkan di bagian sisi kiri mouse,  dengan satu tombol kecil di bagian tengah untuk mengatur sensitivitas gerak mouse secara instan. Berita baiknya? Desain seperti ini membuatnya menjadi ambidextrous, nyaman untuk digunakan oleh gamer tangan kanan ataupun kidal. Respon berkat sensor optical Avago yang ia usung, bahkan untuk permukaan tanpa mousepad pun, pantas untuk diacungi jempol. Satu yang pasti, Cooler Master mengerti bagaimana cara membuat LGB nya  lebih bersinar.

Lantas, spesifikasi seperti apa yang diusung keduanya? Ini dia:

Keyboard

The keyboard..
The keyboard..
  • Switch type: Cooler Master Mem-chanical
  • Color: Black
  • LED Color: RGB
  • Repeat rate: Normal 1x / Turbo 8x
  • On-the-fly system: Lighting / Multimedia / Win LK / Full Keys LK
  • Cable: Non-Detachable Rubber Cable
  • Connector Cable: USB 2.0
  • Cable Length: 1.8 Meters
  • Dimensions: 439 x 129 x 41mm
  • Product Weight (without cable), 967 g
  • Warranty: 2 years

Mouse

The mouse..
The mouse..
  • Sensor: Optical AVAGO 3050
  • Switch Type: Omron 10M
  • Color: Black
  • LED Color: RGB
  • On-the-fly System: Lightning / DPI
  • Cable: Non-Detachable Rubber Cable
  • Connector Cable: USB 2.0
  • Cable Length: 1.8 Meters
  • Dimensions: 114 x 64 x 39mm
  • Product Weight (without cable): 91g
  • Warranty: 2 years

Cooler Master Masterkeys Lite L Combo, Seberapa Nyaman?

Seberapa nyaman?
Seberapa nyaman?

Ini mungkin jadi pertanyaan tersulit yang harus kami jawab terkait produk kombo dari Cooler Master yang satu ini. Untuk urusan mouse, Anda akan berhadapan dengan sebuah mouse gaming yang solid dari sisi desain dan fungsi. Dengan kombinasi tata letak lampu LED yang pantas untuk diacungi jempol, ia tidak terlihat murahan dengan bahan material yang nyaman pula digenggam. Anda yang menggunakan claw grip ataupun palm grip, kidal ataupun tidak, akan menikmati mouse gaming dengan maksimal. Memainkan game menggunakan mouse ini tanpa beralaskan mouse pad, di atas meja kayu, berakhir tanpa masalah. Akurasi dan presisi yang Anda butuhkan, ada di sini.

Produk mouse dalam bundle ini akan jadi
Produk mouse dalam bundle ini akan jadi “highlight” utama. Nyaman, solid, efektif, apa yang Anda inginkan dari mouse gaming sederhana dengan LED RGB bisa Anda dapatkan di sini.
Feel taktil yang tak maksimal membuat sensasi membran yang lebih kentara untuk sisi keyboard.
Feel taktil yang tak maksimal membuat sensasi membran yang lebih kentara untuk sisi keyboard.

Fokus utama pembicaraan tentu saja ada pada swtich keyboard yang disebut sebagai “Cooler Master Mem-chanical” ini. Terlepas dari nama yang bisa berakhir menipu, sulit untuk tidak mengkritik switch yang satu ini, apalagi dari perspektif seorang gamer PC yang beraktivitas sehari-hari dengan menggunakan keyboard mekanikal. Sensasi switch-nya sendiri mirip dengan apa yang Anda dapatkan dari Cherry MX Black, namun dengan feel membran yang masih kentara. Bahwa Anda harus menekan dengan usaha yang cukup lebih untuk mendapatkan respon yang Anda inginkan, tanpa feel taktil yang seharusnya melekat pada keyboard mekanikal. Sejauh kami mencicipinya, entah karena kami yang terlalu terbiasa dengan switch Blue, atau memang switch yang ditawarkan oleh Masterkeys L ini masih lebih condong ke arah membran.

Walaupun sudah didukung dengan banyak fitur lain seperti anti-ghosting untuk memastikan eksekusi perintah yang efektif saat aktivitas gaming Anda, Masterkeys Lite L Combo ini tentu meninggalkan satu pertanyaan besar – untuk siapa ia diracik? Setelah menjajalnya untuk beberapa saat, kami sepertinya menyimpulkan satu hal. Ini adalah kombinasi keyboard + mouse yang cocok untuk gamer yang selama ini berkutat dengan keyboard membran standar untuk gaming, memimpikan sebuah sensasi keyboard lebih baik dengan tampilan kosmetik yang optimal, tetapi hadir dengan budget terbatas, dan tentu saja, belum pernah mencicipi keyboard mekanikal sebelumnya. Atau mungkin gamer yang memang sudah mencicipi varian switch mekanikal dan memang lebih memilih feel yang lebih membran. Produk ini akan jadi jawaban yang selama ini Anda cari.

Combo ini, terutama dari sisi keyboard, seolah didesain untuk mengakomodir kebutuhan gamer yang baru hendak beralih dari keyboard membran biasa menuju ke sesuatu yang
Combo ini, terutama dari sisi keyboard, seolah didesain untuk mengakomodir kebutuhan gamer yang baru hendak beralih dari keyboard membran biasa menuju ke sesuatu yang “lebih gaming”.
Semua fungsi RGB diatur on-the-fly menggunakan kombinasi tombol, dan bukan perangkat lunak.
Semua fungsi RGB diatur on-the-fly menggunakan kombinasi tombol, dan bukan perangkat lunak.

Menariknya lagi? Terlepas dari statusnya sebagai peripheral gaming dengan RGB, Masterkeys Lite L ini tidak didukung dengan perangkat lunak sama sekali. Lantas, bagaimana cara mengubah kelap-kelip warna LED atau sekedar efek yang ada? Semuanya dilakukan secara langsung melalui shortcut keyboard dan mouse itu sendiri.Tenang saja, instruksi yang jelas via manual tidak akan membuat Anda kebingungan apa yang harus Anda lakukan untuk mengubahnya. LED pada keyboard bisa diganti dengan menggunakan kombinasi tombol FN + F(x) untuk ragam efek yang ada, sementara untuk mouse – kombinasi tombol DPI dan tombol lainnya untuk hal yang serupa. Mudah memang, namun absennya indikator apa yang tengah terjadi saat ini, terkadang berakhir membingungkan, terutama di keyboard. Anda tak punya basis informasi kombinasi warna apa saja yang sudah Anda suntikkan untuk menghasilkan warna statis yang Anda inginkan.

Performa keduanya untuk aktivitas gaming tak perlu dipertanyakan.
Performa keduanya untuk aktivitas gaming tak perlu dipertanyakan.

Namun untuk urusan fungsi, tak ada yang perlu Anda khawatirkan. Baik keyboard ataupun mouse dari Masterkeys Lite L ini akan menjalankan fungsi mereka dengan sangat baik, terlepas apapun genre yang Anda lemparkan untuknya. Keyboard diperkuat dengan fitur anti-ghosting untuk intepretasi perintah minim resiko, sementara mouse-nya sendiri didukung oleh sensor dan switch yang selama ini memang sudah dikenal sepak terjangnya. Anda akan mendapatkan apa yang Anda butuhkan dari kombinasi keduanya.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…

PlayStation

October 15, 2021 - 0

Review Demon Slayer – Kimetsu no Yaiba- The Hinokami Chronicles: Pemuas Para Fans!

Meledak dan langsung menjadi salah satu anime yang paling dicintai…
October 6, 2021 - 0

Review Far Cry 6: Revolusi yang Minim Revolusi!

Sebuah franchise shooter andalan, posisi inilah yang harus dipikul oleh…
October 1, 2021 - 0

Review Lost Judgment: Peduli Rundungi!

Sebuah langkah yang jenius atau ekstrim penuh resiko yang terhitung…
September 27, 2021 - 0

Review Diablo II Resurrected: Bentuk Baru, Cinta Lama!

Blizzard dan kata “remaster” sejauh ini memang bukanlah asosiasi yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…