Dev. Lawbreakers Tutup

Reading time:
May 15, 2018

Karena congkak? Atau karena sekedar kalah bersaing? Apapun alasannya, sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Lawbreakers berujung proyek game FPS yang gagal di pasaran. Bersaing langsung dengan Overwatch dan Paladins di kala rilisnya, sang kreator – Cliff Bleszinski yang juga merupakan otak dari Gears of War di masa lalu – memang terus membanggakan produk ini sebagai game serupa yang punya konsep lebih dewasa. Lebih cepat, lebih brutal, Cliff B merasa bahwa pendekatan ini sudah cukup untuk mencuri hati gamer. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Lawbreakers ternyata kurang diminati dengan komunitas yang nyaris mati hanya dalam beberapa minggu rilis. Kegagalannya bahkan cukup untuk membuat sang publisher – Nexon untuk mencoret nama game ini dari laporan finansial mereka. Cliff B dan studio yang mengembangkan – Boss Key Productions berusaha bangkit.

Beralih dari Lawbreakers ke game battle royale baru yang kini berada di tahap Early Access, Radical Heights ternyata tidak banyak membantu. Kegagalan Lawbreakers yang tidak lagi terselamatkan sepertinya menjadi konsekuensi fatal yang harus dipikul Boss Key Productions sebagai developer. Dalam ciutan terbarunya via Twitter, Cliff B mengkonfirmasikan bahwa Boss Key Productions resmi tutup. Ia menyebut bahwa walaupun Radical Heights mendapatkan respon cukup positif, namun tidak cukup kuat untuk menyelamatkan studio ini sendiri. Cliff B berencana untuk menarik diri dari industri game sementara ini sembari berfokus pada hidupnya sendiri. Ia juga menjanjikan bahwa server Radical Heights akan terus hidup hingga beberapa waktu ke depan, walaupun tidak menjelaskan kapan tenggat waktu pastinya.

https://twitter.com/therealcliffyb/status/996092708971274245

Ini tentu saja menjadi berita yang cukup menyedihkan, apalagi mengingat begitu banyak talenta yang ikut bergabung di dalam Boss Key Productions. Di mata Anda, apa yang menjadi alasan utama kegagalan Lawbreakers yang berujung pada matinya studio ini?

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…
January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…

PlayStation

April 29, 2021 - 0

Review RETURNAL: Surga Seru di Neraka Peluru!

Apa yang langsung muncul di benak Anda begitu kita berbicara…
April 23, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Toylogic & Square Enix (NieR Replicant ver.1.22474487139…)!

Tidak perlu menyelam terlalu jauh. Melihat nama “ver.1.22474487139…” yang didorong…
April 23, 2021 - 0

Preview RETURNAL: Brutal, Gila, Menyenangkan!

Ada yang istimewa memang saat kita membicarakan hubungan antara Sony…
April 22, 2021 - 0

Review NieR Replicant™ ver.1.22474487139… : Cerita Indah Penuh Derita!

Dengan popularitas yang ia raih, hampir sebagian besar gamer memang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…