JagatPlay di TGS 2018: Menjajal DEMO Lost Soul Aside!

Reading time:
September 25, 2018
lost soul aside1

Lahir dari tangan satu orang, berkembang menjadi proyek yang dilirik oleh Sony Playstation, dan berakhir dengan proses pengembangan yang kini sudah melibatkan sebuah tim, apa yang berhasil dicapai oleh Lost Soul Aside sejauh ini memang pantas untuk diacungi jempol. Perhatian besar memang terasa pantas mereka dapatkan karena sejauh mata memandang, hampir semua rilis screenshot dan trailer yang mereka lepas terlihat berkualitas tinggi. Cukup untuk membuat kami meragukan bahwa di versi finalnya nanti, kita akan mendapatkan seperti apa yang kita janjikan. Bahwa ia akan muncul sebagai game action yang sama kerennya dari sisi gameplay dan visual, seperti yang mereka perlihatkan dengan trailer dan screenshot selama ini. Rasa keraguan kami terhapuskan dengan apa yang kami cicipi di TGS 2018.

Walaupun tidak masuk sebagai jadwal utama Sony, kami menyempatkan untuk mengunjungi sesi area untuk game indie yang di dalamnya, ternyata memuat demo untuk Lost Soul Aside. Seperti demo yang sempat mereka perlihatkan sebelumnya, terutama di event ChinaJoy, demo ini berfokus pada satu aspek saja – pertarungan. Tidak ada proses eksplorasi dan sejenisnya, hanya membawa dan mendorong Anda untuk beraksi dengan sang karakter utama yang ternyata diperkuat dengan tiga senjata dan beragam serangan animasi yang memesona. Bertarung melawan beberapa musuh kecil di awal dan sebuah boss di akhir, demo ini seharusnya bisa diselesaikan dalam waktu sekitar 15 menit.

Lantas apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Lost Soul Aside ini? Apakah ia berhasil memenuhi apa yang kami harapkan padanya? Inilah impresi kami:

Visualisasi Keren

lost soul aside
Sejak pandang pertama, semua keraguan untuk game ini akan hilang.

Sebelum kita masuk dan terjun lebih jauh untuk berbicara soal bentuk gameplay dan mekanisme yang ia usung, pujian sepertinya pantas diarahkan terlebih dahulu untuk detail visual yang ditawarkan oleh Lost Soul Aside ini. Sulit rasanya untuk percaya bahwa sebuah game yang dibangun oleh tim yang terhitung kecil seperti ini, ternyata mampu menawarkan kualitas presentasi, terutama dari sisi visual yang setara dengan game-game AAA yang lain. Segala sesuatunya terlihat memesona di sini.

Salah satu yang paling memukau tentu saja animasi gerak karakter yang terlihat halus dan setara dengan game-game action sekelas Devil May Cry yang selama ini kita kenal, sebagai “puncak” untuk game action penuh gaya seperti ini. Sang karakter utama diperkuat dengan tiga jenis senjata yang masing-masing punya damage, kecepatan, dan animasi serangan yang berbeda-beda. Melihat bagaimana animasi setiap serangan meluncur, lengkap dengan detail kecil seperti pergerakan pakaian atau sekedar efek partikel yang meluncur benar-benar memanjakan mata. Kami tidak berlebihan ketika menyebut bahwa kualitas visualisasi yang ada, setidaknya dari versi demo ini, pantas disejajarkan dengan game dari developer raksasa.

lost soul aside new 4
Lost Soul Aside terlihat semanis dan sebaik trailer dan screenshot yang selama ini Anda lihat.

Terlepas dari gameplay yang cepat dan butuh presisi gerakan tinggi yang akan kami bahas selanjutnya, Lost Soul Aside juga sepertinya berhasil memastikan bahwa dengan sekilas pandang, Anda akan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan untuk menjaga diri Anda sendiri. Sistem stamina ditawarkan di sini untuk menghitung batasan menghindar yang bisa Anda lakukan, namun melewati proses regenerasi yang begitu cepat, sehingga momentum bisa dibilang selalu terjaga. Animasi terkena damage juga cukup jelas untuk membuat Anda memahami bahwa ini adalah saat yang tepat untuk mulai memerhatikan jumlah darah Anda.

Satu yang unik dari Lost Soul Aside adalah implementasi sistem tombol untuk menghindar yang ia miliki. Jika game action super cepat pada umumnya memberikan satu tombol untuk melakukan evade, Lost Soul Aside meminta Anda untuk menekan tombol kotak + X bersamaan untuk mengakses hal tersebut. Hal yang sama juga diimplementasikan untuk serangan spesial berbentuk naga yang juga bisa Anda akses ketika satu bar tertentu penuh.

lost soul aside
Dengan semua animasi serangan yang juga terlihat mulus, sulit untuk tidak jatuh hati padanya.

Semuanya dikombinasikan dengan desain karakter dan monster yang juga pantas untuk diacungi jempol. Walaupun sesi demo ini tidak memuat cut-scene cerita yang kuat, namun melihat proporsi tubuh, pakaian, dan detail wajah pada karakter yang ada, Anda bisa merasakan keseriusan di sana. Desain monster juga terlihat cukup mengancam, terutama untuk mereka yang berukuran besar. Hanya saja untuk urusan solusi, setidaknya dari versi demo ini, tidak ada strategi khusus yang perlu Anda lakukan. Besar ataupun kecil, semuanya akan tunduk di bawah ayunan pedang super cepat Anda.

Pages: 1 2
Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…
November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…