Preview Sekiro – Shadows Die Twice: Tak Cukup Mati Dua Kali!

Reading time:
March 22, 2019
Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 1

Janji untuk keluar dari seri Souls dan mulai mengeksplorasi franchise lawas mereka dan berinovasi dengan sesuatu yang baru, kalimat inilah yang sempat dilontarkan oleh From Software ketika Dark Souls 3 rampung. Banyak yang mengira bahwa ini adalah sinyal kebangkitan Armored Core yang tentu saja, akan terlihat fantastis di era gaming modern saat ini. Namun nyatanya, From Software justru menggoda dengan proyek teranyarnya yang sekedar memperlihatkan sebuah peralatan ninja dengan lentera di dekatnya serta tulisan “Shadows Die Twice” di kala itu. Antisipasi meninggi dan pengenalan perdananya tahun lalu berakhir fenomenal. Sekiro datang dengan DNA kolaborasi antara Tenchu dan Dark Souls, namun tetap mengusung identitasnya sendiri. Rasa rindu untuk menikmati setiap proses siksaan dari From Software akhirnya kembali!

Kesan Pertama

Souls tapi bukan Souls, ini mungkin kesan pertama yang akan Anda dapatkan ketika mencicipi Sekiro: Shadows Die Twice untuk pertama kalinya. Cita rasa Souls mengalir kuat dari tingkat kesulitan yang tetap tidak mengenal kata kompromi. Satu salah langkah saja, maka dua atau tiga serangan musuh akan siap untuk mengantarkan Anda ke alam baka. Namun di sisi lain, semua fitur yang ia usung membuat Sekiro memang bukanlah sebuah seri Souls. Kita berbicara soal game yang lewat sistem grappling hook miliknya, kini memfasilitasi pergerakan vertikal lebih luwes yang juga berpengaruh pada desain level secara keseluruhan. Kita juga berbicara soal game yang mengambil setting feudal Jepang yang dilebur bersama dengan pertarungan melawan monster dan samurai-samurai tangguh. Kita berbicara soal game yang lebih baik, tidak dimainkan dengan seri Souls.

Jika Anda datang dengan mindset Souls, Sekiro akan terasa seperti game super sulit yang siap menyiksa Anda. Mengapa? Karena alih-alih berfokus pada sistem roll untuk menghindari serangan musuh dan memanfaatkan setiap celah yang ada, Sekiro menuntut Anda untuk menikmati pertempuran pedang yang seharusnya. Hilangnya sistem stamina kini diperkuat dengan sistem pertahanan yang lebih bergantung pada mekanisme blocking / parry dengan frame yang lebih terbuka dibandingkan Souls ataupun Bloodborne. Dengan semua sistem ini, Sekiro berujung jadi game yang terasa berbeda. Familiar, tetapi di sisi lain, akan menuntut Anda untuk mengubah kembali pola pikiran Anda jika Anda sempat menikmati seri Souls dan Bloodborne sebelumnya.

Maka dengan semua kombinasi ini, Anda akan berhadapan dengan skema pertarungan yang akan menuntut Anda untuk tetap mempelajari gerakan musuh. Memahami kapan untuk melakukan parry, mundur jika posture Anda sudah mulai kehabisan, dan terus “mencicil” Vitality ataupun Posture mereka secara pelan tapi pasti. Menggunakan Prosthetic Arms milik sang Shinobi, ada banyak hal yang bisa Anda manfaatkan untuk kepentingan strategis dengan beberapa di antaranya lebih efektif untuk digunakan ke varian musuh tertentu. Sebagai contoh? Firecracker selalu mumpuni untuk membuat musuh binatang panik, yang tentu saja, bisa Anda serang dengan bebas saat hal itu terjadi.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, apalagi dengan kondisi dimana bukan sesuatu yang aneh jika kami berakhir “terperangkap” melawan satu boss selama berjam-jam lamanya, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven ini untuk membantu Anda mendapatkan gambaran apa itu Sekiro: Shadows Die Twice. Satu yang pasti, ini adalah game yang akan membuat Anda tidak akan cukup hanya mati dua kali saja. Puluhan? Ratusan? Itu baru masuk akal.

RAW Screenshot

(4K dengan Playstation 4 PRO)

Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 177 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 6 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 198 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 185 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 183 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 167 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 154 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 146 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 142 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 97 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 46 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 30 Sekiro Shadows Die Twice jagatplay part 1 13
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…
May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…

PlayStation

June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…
May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…