Anthem “Buang” Roadmap

Reading time:
June 3, 2019
Anthem jagatplay part 1 241

Sebuah game potensial yang berakhir menjadi sumber kekecewaan baru, kalimat yang satu ini sepertinya tidak berlebihan untuk menjelaskan apa yang terjadi dengan Anthem. Di awal pengenalannya, ia terlihat begitu memukau dari sisi visual dan gameplay, membuatnya terlihat sebagai “jawaban serius” EA atas Destiny dari Activision. Namun apa yang terjadi? Masalah pada management dan waktu pengembangan yang super singkat membuat Anthem jadi bencana. Berita lebih buruknya lagi? Di tengah jumlah pemain yang kian tipis, Bioware dan EA kini mulai membuat status Anthem sebagai “Game As a Service” dipertanyakan.

Seperti kebanyakan game “Game As a Service” pada umumnya, Anthem memang sempat menyajikan roadmap konten yang jelas sebelum rilis. Mereka menyajikan secara detail konten apa saja yang akan datang ke Anthem nantinya dan periode kapan ia akan dilepas, mengesankan bahwa game ini memang akan bertahan di pasar untuk waktu yang lama. Namun apa yang terjadi? Di tengah masalah yang belum rampung dan komunitas yang kian sepi, EA dan Bioware memutuskan untuk “membuang” roadmap tersebut.

anthem roadmap
Roadmap Anthem kini tidak lagi punya tanggal atau bulan rilis pasti, dengan detail / deskripsi yang juga tak lagi hadir.

Roadmap yang sama memang masih ada, namun Bioware dan EA memutuskan untuk membuang detail yang dibutuhkan gamer sama sekali. Setiap konten ini tidak lagi punya tanggal ataupun bulan rilis sama sekali. Informasi terkait konten di masa depan kini juga tidak punya banyak deskripsi yang jelas. Namun setidaknya, mereka kini menambahkan satu konten – “Perbaikan, Penyempurnaan, dan Optimalisasi” sebagai bagian dari roadmap yang tengah mereka kerjakan saat ini. Kondisi yang justru terkesan memprihatinkan.

Anthem sendiri saat ini sudah tersedia untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja – PC. EA sendiri belum angkat bicara berapa banyak jumlah pemain aktif yang dimiliki Anthem di masing-masing platform. Sigh…

Load Comments

PC Games

January 13, 2022 - 0

Review God of War PC: Dewa di Rumah Baru!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum bahwa Sony kini memang mulai…
December 3, 2021 - 0

Review CHORUS: “Menari” di Angkasa Luar!

Seberapa sering Anda menemukan video game yang mengambil luar angkasa…
November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…

PlayStation

January 25, 2022 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Daisuke Inoue, Jin Fujiwara, Fumihiko Yasuda (Stranger of Paradise: FF Origin)!

Sebuah proyek yang tidak pernah terprediksi, ini mungkin kalimat yang…
December 14, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Takefumi Terada & Raio Mitsuno (FORSPOKEN)!

Datang dengan kekuatan magis yang menggoda, apalagi dengan potensi aksi…
December 13, 2021 - 0

Impresi FORSPOKEN: Gadis dengan Kekuatan Magis!

Sebuah produk yang unik, ini mungkin kata yang tepat untuk…
December 2, 2021 - 0

Review Battlefield 2042: Setengah Matang!

Bagi mereka yang mencintai FPS sebagai genre, Battlefield dari EA…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…