Review Erica: Eksekusi Manis Film Interaktif!

Reading time:
August 30, 2019
Erica jagatplay 1

Video game tidak selalu soal tembakan, potongan tubuh, serangan pedang, dan usaha untuk menyelamatkan dunia dari kekuatan megalomania yang sepertinya tak pernah gagal, mendapatkan kekuatan sakti mandraguna untuk mengeksekusi rencana jahat mereka. Bersama dengan majunya sisi performa dan banjirnya ide kreatif di industri game, beberapa usaha untuk membuatnya tampil sebagai platform untuk menyajikan seri cerita sinematik juga mulai digalakkan. Tidak mengherankan jika beberapa game yang berfokus pada cerita-cerita interaktif mengemuka dan bahkan menjadi ujung tombak beberapa developer ternama. Kita bicara soal Quantic Dream, Supermassive Games, hingga Telltale Games.

Game-game dengan cerita interaktif sebagai fokus ini bukannya tanpa penghalang. Bahwa untuk bisa meracik sebuah game yang memang bisa menggugah emosi dan kompas moral Anda, akting yang diperlihatkan oleh “aktor-aktor digital” memang harus bisa dipercaya terlebih dahulu. Yang tentu saja, menuntut implementasi teknologi, terutama di sisi visual yang mumpuni. Namun apa yang terjadi jika batas penghalang tersebut diganti dengan inovasi yang di atas kertas, terdengar rasional. Kita bicara soal usaha untuk meracik sebuah game interactive story, namun yang benar-benar diperankan oleh aktor nyata layaknya film layar lebar. Hal inilah yang berusaha dilakukan Flavourworks via Erica, yang akhirnya tersedia untuk Playstation 4.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Erica? Mengapa kami menyebutnya sebagai eksekusi manis film interaktif? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda!

Plot

Erica jagatplay 91
Sempat diperkenalkan di tahun 2017 silam, Erica akhirnya dirilis, dengan aktor/aktris dan atmosfer yang berbeda.

Menyebutnya sebagai sebuah film / game thriller sepertinya cocok untuk menjelaskan apa yang sebenarnya berusaha ditawarkan oleh Flavourworks dan Sony dengan Erica. Anda mungkin mengenalnya sejak trailer perdana di tahun 2017 silam, yang berakhir dengan absennya informasi untuk waktu yang cukup lama. Erica akhirnya muncul kembali di Gamescom 2019 kemarin, dengan bintang dan cerita baru, dan rilis yang terjadi di saat itu juga.

Erica adalah seorang wanita yang punya masa lalu unik. Sejak kecil, ayahnya selalu berbicara soalnya perihal magis dan kekuatan yang tidak dimiliki oleh semua orang. Bahwa jika ia mengkombinasikan dirinya dengan zat tertentu yang harus ia hirup, Erica dipercaya bisa melihat dan mengantisipasi apa yang terjadi di masa depan. Ini tentu saja bukan “hal baru” bagi keluarga Erica, mengingat ibunda yang ia cintai juga bisa melakukan hal yang sama. Namun sayangnya, ibu Erica sendiri meninggal sejak ia muda.

Erica jagatplay 50
Anda berperan sebagai Erica, seorang perempuan yang sejak kecil dipercaya memiliki kemampuan untuk melihat masa depan.
Erica jagatplay 48
Mimpi buruk soal kematian sang ayah kini menghantuinya kembali di dunia nyata.

Walaupun Erica tidak banyak menggunakan “kekuatan” yang tidak pernah terbukti jelas ini, ia selalu dihantui oleh mimpi buruk. Di mimpi buruk ini, ia “terjebak” di malam ketika ayahnya meninggal. Seorang tersangka yang tak bisa ia ingat jelas menghabisi ayahnya dan menorehkan sebuah simbol misterius di dadanya. Erica tidak pernah mengenal sosok pembunuh yang berbagi proporsi tubuh seroang wanita ini. Satu yang pasti, mengikuti usianya yang semakin dewasa ini, mimpi buruk ini tidak hanya bertahan saja, tetapi justru menemukan jalannya kembali. Erica mendapatkan paket potongan tangan yang juga berisikan simbol yang sempat tergores di dada ayahnya.

Erica jagatplay 15
Sebuah kiriman paket misterius menyambangi apartemennya.
Erica jagatplay 52
Kepindahannya ke rumah sakit dimana ayah dan ibunya sempat bekerja justru membuka terror yang baru.

Tidak mengetahui siapa yang sebenarnya yang bertanggung jawab, kasus ini pun membuat Erica harus berurusan dengan pihak berwajib. Mengingat proses investigasi memastikan bahwa tangan tersebut merupakan milik salah satu pegawai Delphi – rumah sakit dimana ibunya sempat bekerja, Erica dianggap lebih aman untuk berada di sana. Apalagi mengingat ia akan dikelilingi oleh kolega-kolega yang memang, dekat dengan sosok sang ayah dan ibu. Namun seperti yang bisa diprediksi, alih-alih aman, kepindahan Erica ke rumah sakit yang satu ini justru dihantui dengan lebih banyak horror dan misteri.

Erica jagatplay 82
Misteri apa yang menunggu Erica?

Lantas, misteri seperti apa yang sebenarnya mengelilingi Erica? Ancaman seperti apa yang harus ia hadapi? Siapa pula yang sebenarnya bertanggung jawab atas semua horror yang terjadi ini? Anda tenut saja harus memainkan Erica untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…