Preview Star Wars Jedi – Fallen Order: Padawan Menawan!

Reading time:
November 18, 2019
Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 1

Sebuah hubungan yang sejauh ini mengecewakan, ini mungkin kalimat yang tepat untuk menjelaskan kerjasama eksklusivitas 10 tahun antara Disney dan EA sejauh ini. Bagaimana tidak? Ketika banyak gamer berharap ia akan berujung menjadi lebih banyak proyek game RPG atau single-player action yang mengusung cerita canon yang mendalam, yang kita dapatkan justru dua buah seri Star Wars Battlefront.

Dua buah seri yang masing-masing sempat memicu kontroversi tersendiri, baik karena minimnya konten ataupun metode microtransactions yang terkesan serakah. Oleh karena itu tidak heran jika banyak gamer, termasuk kami, begitu menantikan Star Wars Jedi: Fallen Order. Kita akhirnya bertemu dengan sebuah game single-player Star Wars yang menjadikan pertarungan lightsaber sebagai fokus, dengan Respawn Entertainment – dev. di balik seri Titanfall dan Apex Legends sbeagai penanggung jawab. Maka seperti yang bisa diprediksi, ia tampil menawan.

Kesan Pertama

Anda akan sulit untuk tidak melihat Star Wars Jedi: Fallen Order sebagai sebuah game Souls-like karena pendekatan gameplay yang ia usung, dimana pertarungan melee yang memuaskan jadi fokus. Bedanya? Tidak seperti seri Souls yang biasanya “memaksa” Anda untuk bermain di tingkat kesulitan yang sudah mereka tentukan sebelumnya, Jedi: Fallen Order memberikan empat opsi tingkat kesulitan, termasuk versi termudah untuk mereka yang sekedar ingin menikmati sisi cerita. Sementara dari sisi mekanik, Anda akan didorong untuk terus menggunakan kemampuan The Force yang beragam dari sang karakter utama – Cal Kestis untuk mencapai keuntungan strategis tertentu. Perubahan mindset untuk lebih banyak melakukan blocking daripada evade juga akan jadi kunci kemenangan.

Yang menarik juga datang dari struktur mislnya. Bahwa alih-alih linear seperti game single-player pada umumnya, dimana Anda bergerak dari satu misi ke misi lainnya, Jedi: Fallen Order membangun struktur yang lebih mirip Metroidvania. Ini berarti Anda akan punya kebebasan untuk mengeksplorasi lebih dari satu planet sesuka hati Anda. Namun progress cerita atau kesempatan untuk mengeksplorasi banyak wilayah biasanya akan sangat ditentukan oleh kemampuan apa yang sudah Anda miliki saat ini dan akan Anda dapatkan di masa depan. Di Jedi: Fallen Order, kemampuan ekstra ini tidak hanya mengakar pada sosok Cal saja tetapi juga sang robot companion-nya yang super imut – BD-1. Sistem progress-nya sendiri juga didasarkan pada sistem EXP dan Skill Points yang bisa didistribusikan ke dalam pohon skill yang tentu saja, akan memperkuat beberapa aspek terpisah milik Cal.

Namun sayangnya, Star Wars Jedi: Fallen Order juga masih mengandung satu masalah pelik ketika artikel preview ini meluncur – polish. Benar sekali, ada kesan yang kuat bahwa rilis game ini berujung terburu-buru dan tidak melewati proses kontrol kualitas yang seharusnya. Setidaknya di versi Playstation 4, Anda masih akan menemukan begitu banyak glitch dan masalah teknis. Kita bicara soal texture dunia yang tiba-tiba muncul, musuh yang terdiam tak bergerak saat Anda mengakses lingkungan baru, musuh yang tidak respawn di timing yang seharusnya setelah Anda melakukan meditasi, hingga freeze yang terjadi sepersekian detik saat Anda mengeksplorasi salah satu planet. Berita baiknya? Ini bukan masalah cacat desain dan lebih ke permasalahan teknis yang seharusnya bisa diatasi dengan kucuran patch di masa depan. Berita buruknya? Masalah teknis ini frekuentif dan hampir terjadi di semua dunia yang ditawarkan oleh Jedi: Fallen Order.

Kami sendiri sebenanrya sudah menyelesaikan porsi cerita yang ternyata memakan waktu cukup lama. Namun izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven di bawah ini untuk membantu Anda mendapatkan gambaran apa yang hendak ditawarkan Star Wars Jedi: Fallen Order ini sembari menunggu apakah dalam waktu 1 minggu ke depan hingga artikel review dilepas, akan ada patch-patch untuk mengatasi masalah teknis yang ada sebagai bentuk testimoni dan jaminan perhatian dari Respawn sendiri. May the Force be with you..

RAW Screenshot

(4K dengan Playstation 4 PRO)

Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 6 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 12 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 22 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 58 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 66 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 88 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 126 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 137 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 144 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 148 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 157 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 170 Star Wars Jedi Fallen Order jagatplay 190
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…