Review One Punch Man – A Hero Nobody Knows: OK untuk Fans!

Reading time:
March 5, 2020

Jika kita berbicara soal salah satu produk yang punya asosiasi kuat dengan nama Bandai Namco, maka video game berbasis franchise anime / manga populer sudah pasti akan mengikuti. Strategi yang sudah mereka tempuh selama bertahun-tahun ini memang tidak selalu menghasilkan game yang dari sisi kualitas pantas untuk dipuji, namun menghasilkan banyak game yang tetap berujung memuaskan para fans. Tren ini sepertinya terus berlanjut dengan seiring tumbuh dan tenggelamnya seri-seri anime / manga yang populer di pasaran. Namun harus diakui, ada beberapa konsep yang tidak pernah terpikirkan akan bisa diadaptasikan sebagai sebuah video game. Salah satunya? One Punch Man.

Anda yang sudah membaca artikel preview kami sepertinya sudah memiliki gambaran yang lebih jelas soal apa yang ditawarkan One Punch Man: A Hero Nobody Knows. Sempat diumumkan dan diperkenalkan sebagai game fighting, impresi utama kami justru lebih melihatnya sebagai game adventure yang “kebetulan” menjadikan mekanik game fighting sebagai pondasi gameplay alih-alih sebaliknya. Ada banyak keputusan dan mekanik yang membuatnya tidak bekerja dengan baik sebagai game fighting, namun di sisi lain, tetap mempertahankan loyalitas pada sumber materi yang tetap tercerminkan manis pada gameplay dan sisi cerita yang ada. One Punch Man: A Hero Nobody Knows meninggalkan sebuah impresi yang harus diakui, membingungkan.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh One Punch Man: A Hero Nobody Knows ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang OK untuk fans saja? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

One Punch Man: A Hero Nobody Knows mengambil timeline cerita dari season pertama anime-nya.

Untuk Anda yang tidak terlalu familiar dengan semesta One Punch Man, ia mengambil sebuah dunia yang kini diisi dengan organisasi superhero dan supervillain di dalamnya, yang masing-masing hadir dengan “misi suci” mereka sendiri. Perseteruan antara dua kubu yang juga terbagi ke dalam beragam kelas dan tingkat kekuatan ini sepertinya menjadi pemandangan sehari-hari yang tidak terelakkan. Para superhero tentu punya kewajiban untuk melindungi dunia dan manusia di dalamnya, baik dari sekedar tindak kejahatan kecil seperti pencurian hingga kedatangan monster super yang mampu meratakan dunia tanpa masalah.

Dari sisi cerita, One Punch Man: A Hero Nobody Knows mengikuti kisah dari season pertama anime-nya. Ini berarti sekuens pertarungan Anda melawan monster-monster istimewanya akan mengikuti season tersebut hingga pertarungan final melawan Boros di akhir. Namun alih-alih menggunakan karakter darinya, Anda akan memerankan Avatar racikan Anda sendiri. Avatar yang baru saja menemukan jalannya di dalam asosiasi superhero ini berujung menemukan jalannya untuk bertemu dengan sang karakter utama – Saitama dan muridnya, Genos.

Anda memainkan Avatar Anda sendiri – seorang superhero baru yang terlibat dengan Genos dan Saitama.
Beberapa scene mengganti posisi Genos dari sisi cerita dengan karakter Avatar Anda.

Maka seperti apa yang terjadi dengan seri anime-nya, hampir sebagian besar kisah yang Anda temukan merupakan reka ulang cerita darinya. Yang berbeda kini hanyalah usaha untuk mengintegrasikan karakter Avatar Anda ke dalamnya. Sang karakter Avatar akan diposisikan dan diceritakan sebagai “murid Genos” yang membuatnya mau tidak mau, harus bersinggungan dengan sosok Saitama itu sendiri. Ia juga akan terlibat dalam pertarungan beberapa boss ikonik yang di seri anime-nya tetap dikalahkan oleh Saitama untuk sekedar menawarkan alternatif cerita ekstra. Ada kesan juga di beberapa scene bahwa karakter Avatar ini berujung mengisi posisi yang seharusnya melibatkan Genos di sumber materi utama.

Ancaman seperti apa yang akan Anda hadapi?

Lantas, tantangan seperti apa yang harus dihadapi oleh karakter Avatar Anda dalam usaha untuk mencapai posisi lebih tinggi di asosiasi para superhero? Sekuat apa ia bisa tumbuh? Mampukah ia menundukkan ancaman besar yang menunggu superhero bumi? Anda tentu saja harus memainkan One Punch Man: A Hero Nobody Knows ini untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

February 26, 2021 - 0

Review NBA 2K21 (Next-Gen): Nombok Dong! Nombok Dong!

Anda yang secara aktif mengikuti JagatPlay sepertinya sudah mengetahui bagaimana…
February 25, 2021 - 0

Review Playstation 5 (Hardware): Si Bongsor yang Buas!

Berapa banyak dari Anda yang masih ingat soal kekhawatiran tidak…
February 20, 2021 - 0

Review Playstation 5 (Software): Indah, Elegan, Cepat!

Diskusi terkait konsol generasi terbaru memang lebih banyak didominasi soal…
February 17, 2021 - 0

Menjajal BETA Guilty Gear Strive: Siap Menjadi yang Terbaik!

Seperti halnya posisi Codemasters di dunia game racing, nama Arc…

Nintendo

March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.