JagatPlay NgeRacau: Jadi Reviewer Aja, Pasti Tajir!

Reading time:
June 22, 2020
tlou 2 accolades

Udah lama banget kita kagak ketemu lagi ketemu di artikel NgeRacau JagatPlay, sesuatu yang selalu gua lihat sebagai sesuatu yang positif. Kenapa kagak? Karena kalau kagak ada artikel NgeRacau, berarti situasi dan kondisi dunia, terutama yang berkaitan dengan video game, berlangsung aman, nyaman, dan tenteram. Emang tahun 2020 rada keji karena sejak awal kita ketemu sama ancaman yang datangnya bertubi-tubi. Dari kebakaran hutan di Australia lah, ancaman perang dunia lah, COVID lah, kerusuhan rasial di Amerika Serikat lah, terus sekarang lagi panas perbatasan antara Cina dan India yang notabene sama-sama negara nuklir. Seolah dunia masih belum cukup “panas”, datanglah drama dari industri game. Ape lagi kalau bukan soal The Last of Us Part II yang sekarang udah masuk masa “meta”. “Meta” gimane? :)) Game yang pengen nge-eksplor soal tema kebencian sekarang nunjukin gimana tema yang dia usung sekarang, diperlihatkan eksplisit sama sekelompok gamer dari ragam belahan dunia yang aktifnya minta ampun di internet.

Gua pribadi sih sebenarnya kagak ambil pusing sih. Kenapa? Karena review memang sifatnya selalu subjektif, kayak makanan. Apa yang gua suka belum tentu lu suka, dan apa yang lu suka belum tentu gua suka. Semuanya sangat bergantung sama pengalaman masa lalu, preferensi genre lu, dan aspek apa yang sebenarnya jadi highlight pengalaman lu waktu main. Gua sangat ngerti kalau ada yang kagak suka ceritanya, ada yang ngerasa kalau ini game banyak cela, dan berujung merasa kalau banyak nilai 10/10 dari ragam media itu rada kagak akurat. :)) Tapi implying kalau mereka beneran baca review-nya dan kagak sekadar lihat skor akhir doank terus bacot. 10/10 memang dihitung “Masterpiece”, tapi bukan berarti “Masterpiece” kagak bercela. Masterpiece juga bisa ditujuin untuk produk kreatif yang dianggap nge-elevate experience dari banyak elemen ke tingkat yang baru, terlepas apakah dia sempurna atau kagak.

Kalau gua kagak ambil pusing, kenapa ini artikel NgeRacau harus meluncur? Kenapa gua mesti bacot-bacot lagi? Karena agak susah diabaikan kalau bertumbuh narasi di internet kalau semua media yang ngasih nilai 10/10 ini semuanya dibayar sama Sony Interactive Entertainment atau ama Naughty Dog, termasuk beberapa media dari Indonesia juga. Gua mayan sedikit bersyukur buat ngebuang sistem skor jauh-jauh dari JagatPlay, tapi ngingat review kita juga mayan positif berdasarkan experience yang didapatin, kita jadi ikut masuk digolongkan juga. Nah, gua merasa tertantang untuk ngasih lu perspektif alternatif biar kita punya lebih banyak bahan diskusi. Dan tentu aja, sejak awal gua akan bilang, kagak ada yang namanya review dibayar. Yang ada adalah permainan narasi yang gua kagak tahu sumbernya datang dari mana.

Mari mulai dengan mengizinkan gua melontarkan beberapa pertanyaan buat trigger pola pikir buat lu, terutama yang skeptis soal review positif The Last of Us Part II dan “bertahan” di narasi kalau review positif itu dibayar atau paling enggak, mesti dilakuin buat jaga hubungan baik. Oke, mari kita c’mon:

Reviewer Pasti Tajir Mampus

rdr 2 accolades

Gimana kagak? Karena ini narasi kalau reviewer dibayar bisa bekerja di beragam level. Hal paling sederhana ya kayak gini:

  • Kalau review positif = review dibayar sama brand (DAPAT DUIT CUY)
  • Kalau review negatif = review dibayar sama brand kompetitor (DAPAT DUIT LAGI CUY)
  • Kalau review positif, fans juga setuju = ini berarti review yang valid, semua reviewer yang bilang ini produk / game negatif pasti dibayar ama kompetitor (DAPAT DUIT LAGI DAH YANG KAGAK SETUJU)
  • Kalau review negatif, fans juga setuju itu negatif = ini berarti review yang valid, semua reviewer yang bilang ini produk / game positif pasti dibayar sama si brand (DAPAT DUIT LAGI DAH YANG SETUJU)

Dengan kondisi kayak gini, apalagi dengan ratusan game yang keluar di industri game tiap tahun, baik yang datang dari AAA sama indie, reviewer di seluruh dunia harusnya udah tajir mampus sih. Bayangin aja, di setiap review yang dia tulis, mau dia nulisnya POSITIF ataupun NEGATIF, ini berarti dia pasti dibayar, baik dari pihak brand yang minta dia review ataupun dari brand kompetitor yang pengen itu game gagal. Datang dari dua arah, setiap hari, dan setiap saat. But look at me, manusia milenial yang masih bisa makan McD kalau pengen tapi belum siap buat nyicil rumah sampai umur segini. Damn, gua salah dimana sebagai reviewer yak? Why the hell gua masih belum tajir-tajir? Hmmmmm..

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…