Preview Watch Dogs Legion: Siap Menjadi Siapa Saja!

Reading time:
October 28, 2020
Watch Dogs Legion jagatplay part 1 8

Sebuah konsep yang ambisius mungkin reaksi yang muncul di benak banyak gamer ketika Ubisoft memperkenalkan Watch Dogs Legion pertama kali kepada publik. Tidak lagi seperti dua seri sebelumnya yang menghadirkan karakter utama dan kemudian membangun cerita utama dari aksi mereka, Watch Dogs Legion hendak menjadikan tidak hanya kota London sebagai “taman bermain” saja, tetapi juga semua penduduk yang menghuninya. Anda diberikan kesempatan untuk merekrut karakter NPC manapun yang Anda inginkan, menjadikannya “bintang”, sembari melihat bagaimana fitur yang ditawarkan Ubisoft akan memfasilitasi pilihan tersebut, menjadikannya unik, dan kemudian membuat beberapa elemen penceritaan beradaptasi dengannya. Di atas kertas, pendekatan ini sepertinya rawan masalah. Eksekusinya? Berakhir fantastis!

Kesan Pertama

Secara garis besar, pengalaman Watch Dogs Legion sebenarnya tidak banyak berbeda dengan setidaknya – Watch Dogs 2. Anda masih bertemu dengan sebuah game open-world yang memberikan kebebasan eksplorasi cukup mutlak, mengisinya dengan misi sampingan dan utama, dan beberapa aktivitas lain yang siap memberikan reward yang mempengaruhi gameplay ataupun sekadar kosmetik. Yang membuatnya berbeda adalah kota London yang didesain jauh lebih futuristik. Bagi karakter dengan kemampuan hacking seperti Anda, ini berarti lebih banyak elemen yang bisa Anda kendalikan. Kita berbicara dari drone beragam jenis dan fungsi, kendaraan, hingga kamera untuk membuka ragam alternatif cara untuk menyelesaikan misi tertentu. Namun yang paling menarik tentu saja sistem rekrut karakter yang ada.

Bukan berarti Watch Dogs Legion tidak punya “karakter utama”. Terlepas dari fakta bahwa Anda bisa merekrut karakter NPC manapun yang Anda temui di semua sudut kota London, cerita utama tetap akan bergerak di bawah variable konstan yang tidak akan berubah dan jadi pusat cerita. Ia akan “berpegang” pada karakter AI milik DedSec bernama Bagley yang akan memberikan instruksi yang sama untuk semua karakter manapun yang Anda gunakan untuk mendorong progress cerita.  Kehadiran karakter sampingan lain juga akan tampil sebagai elemen yang “stabil”, memberikan misi yang sama dan respon yang serupa saat percakapan ketika bertemu dengan karakter yang Anda gunakan. Terlepas dari inovasi yang ia dorong, struktur cerita tetap mengakar pada pendekatan yang konvensional.

Aksi merekrut karakter NPC ini juga pelan tapi pasti, seiring dengan waktu berjalan, akan pelan tapi pasti – terasa “usang”. Anda akan menemukan bahwa hanya akan ada beberapa jenis karakter yang terasa istimewa dan pantas untuk direkrut, dengan sebagian besar sisanya akan berbagi trait yang sama. Keistimewaan ini muncul karena Anda akan menyadari bahwa struktur dan jenis misi yang didorong memang akan lebih mudah diselesaikan jika Anda menggunakan jenis karakter tertentu.

Yang mengagumkan justru datang dari dinamika antar karakter yang seolah tidak pernah jadi highlight diskusi Ubisoft terkait game ini. Ada sejenis sistem ala “Nemesis System” dari Shadow of War di game ini. Anda akan menemukan beberapa karakter yang punya interaksi lebih intim, yang informasinya bisa Anda akses. Anda bisa bertemu dengan keluarga dari karakter yang sudah Anda rekrut atau bahkan musuh yang sempat menaruh dendam untuk mereka. Hingga di satu titik, musuh yang sempat kami biarkan “hidup” karena aksi non-lethal yang kami pilih tersebut, berujung menculik salah satu karakter rekrutan kami yang memang sempat mengahajarnya, dan karenanya secara otomatis – menghasilkan misi baru yang berfokus pada aksi menyelamatkan si karakter tersebut. Ketika hal ini terjadi, kami takjub.

Namun di sisi lain, teknologi dan fitur baru ini juga menghasilkan konsekuensi negatif. Karena karakter tampil acak dan ditentukan oleh siapa yang Anda pilih, yang kerennya juga akan diawali dengan misi rekrut yang diracik otomatis, Anda tidak akan menemukan sebuah kisah yang menggugah di sini. Cerita tidak akan berfokus pada kejadian-kejadian personal yang mungkin akan memicu emosi tersendiri seperti yang terjadi Watch Dogs 1 atau 2 yang notabene memiliki karakter utama. Sebagian misi jatuh pada trope game “superhero” dimana Anda melawan beberapa pihak jahat, berusaha melakukan segala secara untuk menghentikan mereka, dan menegakkan panji kebenaran. Pada akhirnya, karakter-karakter yang Anda rekrut ini berujung terasa bak avatar digital alih-alih karakter yang pantas menerima investasi emosi Anda.

Sembari menunggu waktu yang lebih proporsional untuk melakukan review, mengingat kami belum menyelesaikan sisi cerita utama dan menyelami sistem rekrut dan ekstra sistem nemesis di atasnya lebih dalam, izinkan kami melemparkan segudang screenshot fresh from oven untuk Watch Dogs Legion ini. Apalagi juga belum memastikan apakah kami ingin melewati dan menjajal mode Permadeath yang juga tersedia di game ini. Sudah siap menjadi siapa saja?

RAW Screenshot

4K dengan Playstation 4 PRO

Watch Dogs Legion jagatplay part 1 26 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 35 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 46 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 54 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 61 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 63 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 76 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 90 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 100 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 107 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 111 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 120 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 130 Watch Dogs Legion jagatplay part 1 158
Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…