Bloomberg: Demo Cyberpunk 2077 di 2018 Hampir Sepenuhnya Palsu!

Reading time:
January 18, 2021
cyberpunk 2077 jagatplay part 1 67 2

Apa yang sebenarnya terjadi dengan Cyberpunk 2077? Ini mungkin salah satu misteri terbesar yang terus berusaha dicari jawabannya. Sejak perkenalannya di tahun 2012 yang lalu, ia datang dengan begitu banyak janji dan ambisi yang tentu saja melahirkan ekspektasi begitu tinggi. Kesemuanya disempurnakan lewat rilis lebih banyak screenshot dan trailer yang juga terlihat menjanjikan. Siapa yang mengira bahwa di tengah semua janji ini, Cyberpunk 2077 justru dirilis dengan kualitas yang mengecewakan, terutama dari sisi teknis. Laporan terbaru dari jurnalis gaming ternama – Jason Schreier membuka sedikit tabir belakang layar yang ada.

Berdasarkan wawancara dengan setidaknya 20 karyawan CDPR, artikel milik Schreier ini membuka beberapa fakta mengejutkan terkait proses pengembangan Cyberpunk 2077. Bagaimana game ini sesungguhnya baru mulai dikerjakan secara penuh mulai tahun 2016 yang lalu, terlepas dari fakta bahwa teaser perdananya sudah dilepas dari tahun 2012. Atau bagaimana para petinggi CDPR sebenarnya sudah tahu bahwa versi konsol akan bermasalah sejak awal, namun tetap bersikukuh mengabaikan peringatan dari tim pengembang dengan alasan bahwa mereka “pasti akan menemukan solusinya nanti”.

Salah satu yang paling mengejutkan adalah informasi bagaimana trailer gameplay perdana Cyberpunk 2077 yang dirilis di Gamescom tahun 2018 yang lalu, disebut Schreier – “hampir sepenuhnya palsu!”. Pada saat gameplay ini meluncur, CDPR sebenarnya masih belum menentukan final sistem dan kode gameplay game itu sendiri. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak fitur yang terlihat di demo tersebut berujung tidak tersedia di produk final. Tim yang diwawancara Schreier menyebut bahwa demo ini menghabiskan waktu bulanan untuk diselesaikan, ekstra waktu yang seharusnya bisa dialokasikan untuk mengerjakan Cyberpunk 2077 yang sesungguhnya.

Ketika tanggal rilis diumumkan di tahun 2019 yang lalu, banyak anggota tim mengira bahwa petinggi mereka sedang “bercanda”. Karena berdasarkan progress yang terjadi saat ini, sebagian besar mereka memprediksi bahwa Cyberpunk 2077 baru akan dirilis di tahun 2022 nanti. Para anggota tim bahkan meracik meme internal soal keyakinan mereka bahwa game ini akan berujung ditunda. Sesuatu yang berujung terkonfirmasi. Schreier juga menyebut bahwa salah satu akar masalah sistem polisi Cyberpunk 2077 begitu buruk dikarenakan fakta bahwa fitur tersebut baru ditambahkan di akhir-akhir proses pengembangan, tanpa alasan yang jelas.

Head of Studio CDPR – Adam Badowski yang juga bertanggung jawab atas Cyberpunk 2077 merespon artikel ini. Ia menyebut bahwa artikel yang diracik dari wawancara 20 karyawan mereka ini seharusnya tidak mewakili sikap dari total 500 anggota tim developer yang mengerjakan game action RPG ini. Badowski juga menyebut bahwa perubahan sistem yang signifikan antara versi demo dan final adalah sesuatu yang lumrah terjadi di industri game, dan game biasanya belum akan punya “bentuk pasti” hingga setidaknya mendekati proses pengembangan akhir.

Anda bisa membaca artikel penuh investigatif milik Bloomberg lewat tautan berikut ini. Cyberpunk 2077 sendiri saat ini sudah tersedia untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja – PC. Bagaimana menurut Anda keseluruhan situasi ini?

Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 25, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Kim Hyung-Tae dan Lee Dong-Gi (Stellar Blade)!

Kami berkesempatan ngobrol dengan dua pentolan Stellar Blade - Kim…
April 24, 2024 - 0

Review Stellar Blade: Tak Hanya Soal Bokong dan Dada!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Stellar Blade ini? Mengapa kami…
April 22, 2024 - 0

Review Eiyuden Chronicle – Hundred Heroes: Rasa Rindu yang Terobati!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes ini?…
April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…