Bloomberg: Demo Cyberpunk 2077 di 2018 Hampir Sepenuhnya Palsu!

Reading time:
January 18, 2021
cyberpunk 2077 jagatplay part 1 67 2

Apa yang sebenarnya terjadi dengan Cyberpunk 2077? Ini mungkin salah satu misteri terbesar yang terus berusaha dicari jawabannya. Sejak perkenalannya di tahun 2012 yang lalu, ia datang dengan begitu banyak janji dan ambisi yang tentu saja melahirkan ekspektasi begitu tinggi. Kesemuanya disempurnakan lewat rilis lebih banyak screenshot dan trailer yang juga terlihat menjanjikan. Siapa yang mengira bahwa di tengah semua janji ini, Cyberpunk 2077 justru dirilis dengan kualitas yang mengecewakan, terutama dari sisi teknis. Laporan terbaru dari jurnalis gaming ternama – Jason Schreier membuka sedikit tabir belakang layar yang ada.

Berdasarkan wawancara dengan setidaknya 20 karyawan CDPR, artikel milik Schreier ini membuka beberapa fakta mengejutkan terkait proses pengembangan Cyberpunk 2077. Bagaimana game ini sesungguhnya baru mulai dikerjakan secara penuh mulai tahun 2016 yang lalu, terlepas dari fakta bahwa teaser perdananya sudah dilepas dari tahun 2012. Atau bagaimana para petinggi CDPR sebenarnya sudah tahu bahwa versi konsol akan bermasalah sejak awal, namun tetap bersikukuh mengabaikan peringatan dari tim pengembang dengan alasan bahwa mereka “pasti akan menemukan solusinya nanti”.

Salah satu yang paling mengejutkan adalah informasi bagaimana trailer gameplay perdana Cyberpunk 2077 yang dirilis di Gamescom tahun 2018 yang lalu, disebut Schreier – “hampir sepenuhnya palsu!”. Pada saat gameplay ini meluncur, CDPR sebenarnya masih belum menentukan final sistem dan kode gameplay game itu sendiri. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak fitur yang terlihat di demo tersebut berujung tidak tersedia di produk final. Tim yang diwawancara Schreier menyebut bahwa demo ini menghabiskan waktu bulanan untuk diselesaikan, ekstra waktu yang seharusnya bisa dialokasikan untuk mengerjakan Cyberpunk 2077 yang sesungguhnya.

Ketika tanggal rilis diumumkan di tahun 2019 yang lalu, banyak anggota tim mengira bahwa petinggi mereka sedang “bercanda”. Karena berdasarkan progress yang terjadi saat ini, sebagian besar mereka memprediksi bahwa Cyberpunk 2077 baru akan dirilis di tahun 2022 nanti. Para anggota tim bahkan meracik meme internal soal keyakinan mereka bahwa game ini akan berujung ditunda. Sesuatu yang berujung terkonfirmasi. Schreier juga menyebut bahwa salah satu akar masalah sistem polisi Cyberpunk 2077 begitu buruk dikarenakan fakta bahwa fitur tersebut baru ditambahkan di akhir-akhir proses pengembangan, tanpa alasan yang jelas.

Head of Studio CDPR – Adam Badowski yang juga bertanggung jawab atas Cyberpunk 2077 merespon artikel ini. Ia menyebut bahwa artikel yang diracik dari wawancara 20 karyawan mereka ini seharusnya tidak mewakili sikap dari total 500 anggota tim developer yang mengerjakan game action RPG ini. Badowski juga menyebut bahwa perubahan sistem yang signifikan antara versi demo dan final adalah sesuatu yang lumrah terjadi di industri game, dan game biasanya belum akan punya “bentuk pasti” hingga setidaknya mendekati proses pengembangan akhir.

Anda bisa membaca artikel penuh investigatif milik Bloomberg lewat tautan berikut ini. Cyberpunk 2077 sendiri saat ini sudah tersedia untuk Playstation 4, Xbox One, dan tentu saja – PC. Bagaimana menurut Anda keseluruhan situasi ini?

Load Comments

PC Games

June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…

PlayStation

June 21, 2021 - 0

Review Guilty Gear Strive: Wangi Kemenangan!

Sepak terjang Arc System Works di genre game fighting memang…
June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…