Review Playstation 5 (Software): Indah, Elegan, Cepat!

Reading time:
February 20, 2021

Activity Card & Guide

Salah satu fitur baru Playstation 5 adalah “Activity Card”.

Salah satu fungsi baru yang disuntikkan Playstation 5 adalah “ Activity Card”. Hadir ketika Anda menahan tombol Playstation di DualSense, Card yang berbentuk kotak ini akan langsung berbaris dengan ukuran yang cukup besar dan dominan. Isinya adalah semua hal yang relevan dengan game yang tengah Anda mainkan.

Konten “Card” sendiri bukanlah sesuatu yang bisa Anda atur. Sony sepertinya memiliki algoritma sendiri untuk menentukan dan menyajikan kira-kira informasi seperti apa yang relevan dengan progress permainan Anda via kartu-kartu besar ini. Di satu saat, ia bisa berisikan kira-kira daftar trophy mana saja yang belum Anda raih. Di saat yang lain, ia bisa berisikan kartu-kartu misi sampingan dan misi utama mana saja yang tengah Anda jalani atau belum Anda selesaikan, dengan opsi untuk melompat langsung ke area tersebut jika dibutuhkan. Terkadang juga, beberapa di antara kartu tersebut juga memuat Guide / Walkthrough di dalamnya.

Guide / Walkthrough resmi yang bisa diakses untuk gamer-gamer yang berlangganan Playstation Plus ini datang dengan beragam level detail, mengingat kontennya sangat bergantung pada seberapa “rajin” si developer itu sendiri. Game seperti CONTROL misalnya, menyediakan detail cukup lengkap dari screenshot dan video gameplay, sembari deskripsi apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Sementara game seperti Demon’s Souls misalnya, hanya memberikan lebih banyak deskripsi soal level dan kira-kira persiapan seperti apa yang direkomendasikan untuk menyelesaikan si level. Anda tidak akan menemukan tips & trick untuk menundukkan setiap boss spesifik misalnya. Game seperti Assassin’s Creed Valhalla misalnya, justru tidak datang dengan guide sama sekali. Mengingat dukungan fitur ini masih sangat bergantung pada “kemurahan hati” sang developer, Sony tentu harus berjuang keras untuk memastikan fitur ini tidak akan tersedia hanya di game-game eksklusif Playstation 5 saja nantinya. Bebas spoiler, Anda bahkan bisa menyematkan dengan mudah, walkthrough resmi ini di bagian sisi layar jika Anda inginkan.

Salah satu jenis “Card” bahkan memungkinkan Anda untuk melompat instan ke level tertentu.

Terlihat tidak terlalu penting di awal, namun terasa cukup membantu di beberapa game seperti Demon’s Souls Remake, apresiasi kami pada jenis “Card” dimana Anda bisa memeriksa misi utama dan misi sampingan mana yang belum Anda selesaikan, juga meningkat seiring waktu. Walaupun “Card” ini tidak akan serta merta memungkinkan Anda langsung “melompat” melawan boss di Demon’s Souls Remake, namun ia setidaknya memudahkan Anda untuk bergonta-ganti lokasi level secara instan tanpa harus singgah di hub The Nexus terlebih dahulu. Kecepatan SSD Playstation 5 juga memungkinkan hal ini terjadi dalam hitungan detik saja. Sebegitu efektifnya “Card” ini untuk bergonta ganti lokasi, mereka kini bahkan jadi salah satu strategi para speedrunner.

Absennya kendali untuk menentukan konten “Card” seperti apa yang Anda dapatkan di setiap game, memang bisa jadi bumerang tersendiri. Terkadang Anda tidak tahu apakah alasan mengapa “Card” Anda hanya berisi kartu-kartu Trophy terjadi karena game tersebut memang tidak mendukung opsi walkthrough / lompat level atau karena algoritma masih merasa Anda tidak membutuhkannya. Karena percaya atau tidak, hal ini terjadi pada kami di Demon’s Souls Remake. Kartu-kartu yang berhubungan dengan walkthrough anehnya baru muncul ketika kami mulai berburu dan menghabiskan trophy-trophy yang bisa dikumpulkan. Dari sejauh kami menjajal konsol next-gen ini, belum ada opsi untuk mengatur prioritas kartu mana yang keluar.

Activity Card tanpa internet hanya akan berisikan daftar progress Trophy.
Dengan internet, Activity Card tersebut kini memuat walkthrough.

Apakah Activity Card butuh internet? Iya dan tidak. Untuk kartu Trophy yang notabene informasinya sudah tersedia di dalam konsol pada saat Anda membeli game terkait, Anda tentu tidak butuh internet. Namun untuk konten yang lain, seperti yang kami bicarakan sebelumnya, seperti playthrough dan kesempatan untuk melompat ke lokasi level spesifik, akan menuntut Anda untuk terhubung ke dunia maya. Setidaknya hal tersebut lah yang kami rasakan ketika menjajal CONTROL.

Backward Compatibility

Playstation 5 datang dengan fitur backward compatibility dengan game-game Playstation 4.

Salah satu fitur yang juga didengungkan oleh Sony dan menjadi salah satu bukti komitmen mereka untuk mempermudah proses transisi generasi ke Playstation 5 adalah backward compatibility (BC). Walaupun tidak mendukung BC sampai ke generasi pertama dan terkunci hanya di game-game Playstation 4 saja, namun fitur ini memastikan bahwa apapun library game Playstation 4 yang sudah Anda kumpulkan selama beberapa tahun terakhir ini akan bisa Anda nikmati. Hanya adalah 10 game tidak populer + P.T (demo Silent Hills dari Hideo Kojima) yang saat ini tidak bisa dimainkan di Playstation 5.

Lantas, bagaimana BC di Playstation 5 bekerja? Super sederhana. Jika Anda memiliki blu-ray versi fisik, Anda hanya tinggal memasukkannya ke tray Playstation 5 Anda dan akan langsung bisa mencicipinya. Sementara gamer yang memiliki game-game tersebut dalam format digital, termasuk pula game yang sudah mereka kumpulkan dari deal-deal Playstation Plus, hanya perlu mengunduhnya ulang dari halaman library yang tersedia. Tenang saja, permak user-interface terjadi di Playstation 5. Namun tenang saja, memeriksa Playstation Store ataupun library game Playstation Anda akan tetap sama mudahnya. Bahkan, Anda mungkin akan lebih menyukai tampilan barunya di sini.

Bergantung pada dukungan si developer dan kebijakan para publisher yang ada, ada setidaknya tiga strategi BC yang diterapkan untuk game-game Playstation 4 di Playstation:

Pertama, backward compatibility itu sendiri. Ini berarti Anda akan bisa langsung memainkan game-game Playstation 4 secara langsung di Playstation 5 tanpa mendapatkan enhancement khusus. Sebagian besar game-game ini biasanya akan mengadopsi setting, visual, dan opsi yang setidaknya tersedia di Playstation 4 Pro. Namun, mengingat performa Playstation 5 memang lebih baik, selalu ada kemungkinan bahwa opsi 60fps ini menjadi jauh lebih stabil untuk dinikmati dibandingkan dengan PS4 Pro. Di beberapa kasus, kami juga melihat peningkatan waktu loading karena SSD yang dibawa konsol ini, walaupun tidak sesignifikan apa yang Anda dapatkan di game Playstation 5 yang seharusnya. Tapi paling tidak, Anda bisa memainkan Genshin Impact di 60fps!

Memainkan game dalam format BC akan menghadirkan opsi setara PS4 Pro. Namun setidaknya, Anda tetap akan bisa menikmati waktu loading lebih cepat berkat implementasi SSD di Playstation 5.
Ada pula game “BC” yang mendapatkan enhancement khusus saat dimainkan di PS5. Ini biasanya bergantung pada update dari si developer / publisher.

Kedua, backward compatibility dengan enhancement. Konsepnya sendiri sama seperti BC sebelumnya, hanya saja kali ini developer menginvestasikan waktu mereka untuk meluncurkan update spesifik untuk game mereka agar berjalan lebih optimal di Playstation 5. Dia tidak akan serta-merta langsung melambungkan kualitas visual langsung setara next-gen, tetapi biasanya menawarkan resolusi 4K native dan framerate 60fps stabil. Salah satu contoh kasus ini adalah Sony Santa Monica dan God of War. Belum  lama ini, God of War baru saja mendapatkan patch khusus Playstation 5 dimana petualangan terbaru Kratos ini akhirnya bisa dinikmati dalam resolusi 4K (native) dan 60fps. Game PS4 mana saja yang mendapatkan enhancement di Playstation 5? Untuk urusan ini, Anda harus mencari informasinya secara manual, mengingat Sony belum meluncurkan sesi khusus di Playstation Store misalnya, untuk mengkategorikannya dengan lebih baik.

Ketiga, Free Upgrade. Menjadi jargon yang sudah seringkali Anda dengar sepertinya selama rilis Playstation 5 bagiamana developer dan publisher menawarkan apa yang disebut sebagai “FREE UPGRADE” dari versi PS4 ke PS5. Ingat, walaupun namanya adalah “FREE UPGRADE”, ini bukan sekadar patch. Semua game yang menawarkan konsep “FREE UPGRADE” berarti menawarkan dua build terpisah – versi Playstation 4 dan versi Playstation 5 untuk game tersebut, bukan sekadar patch ataupun update. Jika Anda ingin bermain versi Playstation 5-nya, Anda harus mengunduh yang versi Playstation 5. Kasus ini terjadi di banyak game, dari Watch Dogs: Legion, Assassin’s Creed Valhalla, hingga Marvel’s Spider-Man: Miles Morales misalnya.

“FREE UPGRADE” bukanlah sekadar patch. Versi Playstation 4 dan Playstation 5 adalah build yang berbeda.
Pastikan, Anda mengunduh versi yang benar!

Untuk urusan yang ketiga ini, Anda memang harus sedikit lebih mawas soal informasi yang Anda lihat di layar. Mengapa? Karena Anda tidak akan ingin berujung mengunduh game berpuluh-puluh GB, menunggu lama, dan menemukan bahwa game tersebut ternyata adalah versi Playstation 4. Untungnya? Playstation Store dan Library Anda menyajikan informasi tersebut dengan jelas. Dengan hanya menekan tombol titik tiga di halaman utama game-game ini, Anda akan bisa langsung memilih dan mengunduh versi game yang Anda inginkan. Terkadang, ukuran kedua versi – Playstation 4 dan Playstation 5 bisa berbeda. Oleh karena itu, selalu pastikan Anda tidak salah mengunduhnya.

Mengapa memberikan opsi ini? Ini juga yang menjadi pertanyaan kami. Mengapa Sony tidak langsung membuat game yang sudah tersedia di Playstation 5, hanya bisa diunduh versi Playstation 5 saja? Tentu saja karena beberapa pertimbangan. Salah satu yang paling esensial? Mengingat saat ini game Playstation 5 hanya bisa dimainkan dengan DualSense, tidak mendukung DualShock 4 dan beberapa peripheral yang lain, selalu ada kesempatan gamer lebih memilih memainkan versi Playstation 4-nya dalam format BC. Sebagai contoh? Guilty Gear Strive Beta yang baru kami jajal. Gamer yang memiliki Arcade Stick yang bisa dimainkan di versi PS4 tapi tidak mendukung versi PS5, mungkin akan lebih tertarik untuk mengunduh dan menjajal versi Playstation 4-nya (dengan BC di PS5) atas nama kompetitif daripada sekadar resolusi atau visualisasi yang lebih menggoda saja.

Untungnya, setidaknya lewat kategorisasi dan tampilan baru Playstation Store saat ini, Anda bisa mencari game-game apa saja yang tersedia di Playstation 5 dan game-game mana saja yang tersedia di Playstation 4 dan juga menawarkan opsi free upgrade juga di dalamnya. Dengan demikian, potensi Anda berakhir bingung juga semakin minim. Aksi belanja Anda akan berjalan seperti yang seharusnya.

Gamer yang ingin memainkan Guilty Gear Strive dengan arcade stick yang belum didukung versi PS5 misalnya, bisa mengunduh dan memainkan versi PS4-nya dalam format BC.
CONTROL di Playstation 5 hanya berukuran 25 GB dengan konten yang sama. Setengah dari ukuran versi PS4 dan PC.

Secara logika, apakah ini berarti game-game Playstation 5 akan selalu punya ukuran yang lebih besar dibandingkan versi Playstation 4? Untuk saat ini, sebagian besar memang akan menuntut kebutuhan data yang lebih besar atau setidaknya serupa. Di masa depan? Percaya atau tidak, ia bisa berujung lebih kecil. Hal inilah yang terjadi pada kasus CONTROL, dimana gamer PS4 butuh mengunduh data sektiar 50 GB, sementara gamer Playstation 5, yang notabene datang dengan tekstur lebih tinggi dan teknoiogy ray-tracing, hanya butuh mengunduh dan menyimpan data 27 GB saja. Apa yang terjadi? Teknologi kompresi-dekompresi data Playstation 5 yang hanya bisa dicapai menggunakan teknologi SSD disinyalir menjadi alasan di balik pencapaian ini. Ini berarti, terbuka kesempatan bahwa bisa jadi game next-gen dengan konten sama dan fitur lebih di masa depan akan mengusung ukuran data lebih kecil, bahkan signifikan dibandingkan konsol generasi sebelumnya.

Lantas, bagaimana dengan dukungan fitur utama DualSense seperti halnya Adaptive Trigger dan Haptic Feedback? Untuk saat ini, bahkan untuk game-game keluaran Sony sendiri sekalipun, kami menemukan bahwa kedua fitur ini berujung tidak diimplementasikan di game-game berbasis BC. Bahkan untuk God of War, yang notabene baru saja mendapatkan patch visual khusus Playstation 5, ia sama sekali tidak menyentuh fitur imersif milik DualSense ini. Padahal di atas kertas, membayangkan bagaimana Kapak Leviathan milik Kratos bisa “melawan balik” di adaptive trigger adalah sebuah mimpi tersendiri. Berita baiknya? Game dengan sistem Free Upgrade, beberapa sudah menyuntikkan fitur DualSense ini. Sebagai contoh? Beda berayun di Miles Morales antara versi PS4 dan versi PS5, atau sensasi tembak di Control dan Watch Dogs: Legion versi PS4 dan PS5, akan membuat Anda semakin jatuh hati pada fitur DualSense ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

JP on Facebook


PC Games

January 14, 2021 - 0

Menjajal DEMO (2) Little Nightmares II: Misteri Lebih Besar!

Tidak ada lagi yang bisa kami lakukan selain memberikan puja-puji…
November 24, 2020 - 0

Review Call of Duty – Black Ops Cold War: Eksekusi Campaign Fantastis!

Industri game dan akhir tahun berarti membicarakan soal rilis game-game…
November 18, 2020 - 0

Preview Call of Duty – Black Ops Cold War: Konspirasi Tidak Basi!

Akhir tahun di industri game berarti menikmati kembali seri terbaru…
October 23, 2020 - 0

Menjajal DEMO Little Nightmares II: Jaminan Merinding!

Jika Anda secara aktif mengikuti JagatPlay, maka ada satu elemen…

PlayStation

February 26, 2021 - 0

Review NBA 2K21 (Next-Gen): Nombok Dong! Nombok Dong!

Anda yang secara aktif mengikuti JagatPlay sepertinya sudah mengetahui bagaimana…
February 25, 2021 - 0

Review Playstation 5 (Hardware): Si Bongsor yang Buas!

Berapa banyak dari Anda yang masih ingat soal kekhawatiran tidak…
February 20, 2021 - 0

Review Playstation 5 (Software): Indah, Elegan, Cepat!

Diskusi terkait konsol generasi terbaru memang lebih banyak didominasi soal…
February 17, 2021 - 0

Menjajal BETA Guilty Gear Strive: Siap Menjadi yang Terbaik!

Seperti halnya posisi Codemasters di dunia game racing, nama Arc…

Nintendo

March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…
June 5, 2020 - 0

Preview Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Format Terbaik!

Nintendo Wii adalah sebuah fenomena yang unik di industri game.