10 Tips & Trik Demon’s Souls Remake untuk Gamer Pemula!

Reading time:
February 8, 2021
Demons Souls Remake jagatplay part 1 1 1

Menyeramkan, mengancam, dan menjadi lambang penuh keputusasaan, berapa banyak dari Anda yang takut terjun ke dalam seri Souls karena tingkat kesulitan yang ia usung? Sikap ini tentu saja sangat bisa dimengerti mengingat bagaimana kata “hardcore” selalu mengikuti genre yang satu ini. Anda akan mendengar cerita soal gamer-gamer yang terjebak di dalam satu level yang sama hingga berjam-jam, mereka yang berteriak penuh kekesalan ketika boss yang ada menghabisi mereka dengan satu dua kali pukulan, atau bagaimana mereka akhirnya memutuskan untuk berhenti. Padahal, seri Souls biasanya menjanjikan “kepuasan” yang tidak tergambarkan.

Situasi seperti ini membuat keputusan Sony untuk menjadikan Demon’s Souls Remake sebagai sebuah tindakan yang tentu saja “unik”. Di satu sisi, ia dikerjakan oleh Bluepoint Games yang taji racik game remake-nya sudah terbukti punya kualitas fantastis. Namun di sisi lain, memilih game dengan pasar yang “niche” untuk menemani rilis sebuah konsol generasi terbaru tentu saja berpotensi untuk mengabaikan banyak gamer. Namun percaya atau tidak, dengan godaan kualitas visualisasinya yang menggoda, ini menjadi kesempatan emas bagi gamer yang baru saja memiliki Playstation 5 untuk menjadikannya sebagai game Souls pertama mereka.

Bagi gamer pendatang baru, pendekatan Souls memang bak mimpi buruk, apalagi dengan segudang meme soal tingkat kesulitannya di internet. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, ia tidak banyak berbeda dengan game petualangan yang lain. Tantangan disajikan per bagian, yang perlu ditundukkan dengan seaman mungkin, yang kesemuanya datang dengan animasi gerak dan serang yang bisa diantisipasi, sebelum Anda bisa bergerak lebih dekat ke tujuan akhir. Mawas menjadi kunci. Yang membuatnya berbeda hanyalah porsi fatal serangan musuh yang masuk jika Anda tidak hati-hati. Menyikapinya dengan kacamata seperti ini, Demon’s Souls Remake tidak lagi terasa semenyeramkan yang dibayangkan.

Berkaca sebagai gamer yang tidak pernah menyelesaikan sang seri original ketika dirilis di era Playstation 3 dan berujung meraih Platinum Trophy di Demon’s Souls Remake di Playstation 5, ini sebenarnya menjadi seri yang cukup bersahabat untuk gamer-gamer pemula yang hendak terjun masuk ke dalam sub-genre yang kian populer ini. Apalagi mengingat mindset dan skills yang terpupuk di seri Souls biasanya bisa terakumulasi dan dibawa ke seri Souls dan Souls-like yang lain, ini menjadi kesempatan yang fantastis untuk “belajar”. Berangkat dari premis ini, izinkan kami berbagi tips & trick untuk membantu gamer Playstation 5 yang masih takut terjun masuk, untuk mulai memberanikan diri.

Lantas, jika Anda termasuk gamer yang masih terhitung pemula untuk seri Souls, apa saja yang perlu Anda perhatikan saat mencicipi Demon’s Souls Remake di Playstation 5 ini?

  1. Terima Kematian

Demons Souls Remake jagatplay part 1 11

Salah satu hal yang harus Anda terima sejak awal ketika memainkan Demon’s Souls Remake adalah fakta bahwa kematian adalah sesuatu yang tidak terhindarkan. Sebagai game yang tidak memberikan banyak celah untuk kesalahan sekecil apapun, kematian menjadi semacam “pecut” bagi Anda untuk belajar soal apa yang berhasil menghabisi Anda sebelumnya. Di setiap kematian, ada sedikit pengetahuan yang Anda bawa bersamanya, yang biasanya berkaitan dengan antisipasi untuk memastikan hal yang sama untuk tidak lagi terjadi. Menerima kematian dengan tangan terbuka, melihatnya sebagai sesuatu yang lumrah, adalah mindset awal yang perlu Anda bawa untuk menikmati Demon’s Souls Remake di Playstation 5 ini.

  1. Cari Jalan Pintas

Demons Souls Remake jagatplay part 1 109

Tingkat kesulitan memang tinggi, namun bukan berarti Demon’s Souls Remake tidak menawarkan “solusi” untuk membuat perjalanan Anda lebih mudah. Dari sekitar 5 dunia yang ia tawarkan, kebanyakan dari mereka biasanya mengusung desain level dimana “Jalan pintas” akan jadi reward untuk Anda yang berani melakukan sedikit eksplorasi. Menjadi rekomendasi kami bagi Anda untuk mencari dan membuka jalan-jalan pintas ini sebagai prioritas, bahkan jika harus dibayar dengan kematian sekalipun. Mengapa? Karena ini biasanya akan membuat perjalanan ke arah boss, yang biasanya akan menundukkan Anda berkali-kali, menjadi jauh lebih cepat. Memang tidak semua level menawarkan jalan pintas seperti ini, namun ketika ia tersedia, mengejarnya secepat yang Anda bisa akan membuat kerepotan tersebut terbayar manis.

  1. Lari Hanya Ketika Butuh

Demons Souls Remake jagatplay part 1 157

Lari di banyak game memang akan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik yang jadi tujuan utama Anda? Di Demon’s Souls Remake, aksi ini justru bisa berujung menjadi sesuatu yang kontra-produktif. Mengingat ada begitu banyak ancaman yang biasanya menunggu di sudut untuk mengejutkan Ada, begitu banyak jurang dan lubang yang menawarkan kematian instan, dan banyak jalan pintas yang tersembunyi di sudut-sudut yang mudah terlewatkan, bergerak dengan kecepatan standar akan membantu mengantisipasi ini semua. Bergerak seperti ini juga akan memberikan lebih banyak waktu untuk memerhatikan ragam sudut area yang bisa saja, menyimpan sesuatu yang Anda inginkan. Tetapi tentu saja, ada juga kondisi-kondisi yang mengharuskan Anda untuk lari dan ketika hal tersebut terjadi, berlarilah seperti orang gila, secepat yang Anda bisa!

  1. Perhatikan Clue dari Player Lain

Demons Souls Remake jagatplay part 1 134 1

Demon’s Souls original merupakan satu dari sedikit game yang pertama kali memperkenalkan konsep multiplayer asimetris. Bahwa alih-alih langsung terlibat, gamer bisa membantu gamer yang lain secara tidak langsung, melalui pesan-pesan yang mereka tinggalkan di lantai. Walaupun berpotensi untuk mengundang troll dan pesan yang tak banyak membantu, pengalaman kami bersama Demon’s Souls Remake justru memperlihatkan kecenderungan positif. Ada begitu banyak pesan yang benar-benar membantu, dari yang memberi tahu Anda soal jalan pintas, apa yang harus Anda antisipasi selanjutnya, hingga yang memberi tahu soal lokasi pintu ilusi. Menyediakan sedikit waktu untuk membaca pesan dengan garisan merah ini akan membuat pengalaman Demon’s Souls Remake Anda lebih bisa ditoleransi.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
May 27, 2021 - 0

Review Mass Effect – Legendary Edition: Legenda dalam Kondisi Terbaik!

Bagi gamer yang tidak tumbuh besar dengan Xbox 360 dan…
May 19, 2021 - 0

Review Rising Hell: Melompat Lebih Tinggi!

Kualitas game indie yang semakin solid, tidak ada lagi kalimat…

PlayStation

June 16, 2021 - 0

Review Final Fantasy VII Remake INTERGRADE (+ INTERMISSION): Selangkah Lebih Sempurna!

Mencapai sebuah keberhasilan untuk konsep yang di atas kertas nyaris…
June 11, 2021 - 0

Review Ninja Gaiden – Master Collection: Bak Tebasan Pedang Tua!

Apa nama franchise yang menurut Anda melekat pada nama Koei…
June 8, 2021 - 0

Review Ratchet & Clank – Rift Apart: Masuk Dimensi Baru!

Menyebut Insomniac Games sebagai salah satu developer first party tersibuk…
June 8, 2021 - 0

Preview Guilty Gear Strive: LET’S ROCK!

Nama besar Arc System Works sebagai salah satu developer game…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…