Ikut Epic Games Store, Microsoft Store PC Umumkan Sistem Bagi Hasil 12%

Reading time:
April 29, 2021
microsoft store1

Banyak gamer yang lupa bahwa salah satu sumber pendapatan utama bagi banyak platform gaming saat ini, baik Steam untuk PC, Playstation Store untuk Playstation, Xbox Store untuk Xbox, hingga Nintendo eShop untuk Nintendo Switch datang dari penjualan software – setiap game yang tersedia di sana, terutama yang datang dari publisher third party. Bahwa sang pemilik platform saat ini akan mendapatkan potongan 30% dari setiap penjualan yang ada, menjadikannya sumber uang fantastis sering dengan semakin banyaknya platform terjual dan terpakai. Sistem bagi hasil inilah yang berusaha ditantang Epic Games Store di awal eksistensinya, dengan menargetkan potongan hanya 12% saja.

Siapa yang mengira bahwa beberapa tahun setelahnya, Microsoft lah yang sekarang ikut bergabung untuk menawarkan sistem yang sama untuk Store game-game PC mereka, Microsoft Store. Benar sekali, ala Epic Games Store, Microsoft menurunkan sistem bagi hasil Microsoft Store dari 30% menjadi hanya 12% saja. Ini berarti publisher dan developer akan mendapatkan 88% sisanya, alih-alih 70% seperti kebanyakan platform saat ini. Tidak ada informasi apakah kebijakan yang sama akan diaplikasikan untuk Xbox Store di masa depan atau tidak.

microsoft store
Ala Epic Games Store, Microsoft kini ikut sistem bagi hasil 12%-88%.

Dengan demikian, Epic Games Store dan Microsoft kini menantang pakem sistem bagi hasil yang sudah berjalan selama bertahun-tahun lamanya, setidaknya untuk ekosistem PC yang kini didominasi oleh Steam. Apakah ini akan cukup untuk membuat Steam berujung mengadopsi sistem yang sama? Kita tunggu saja.

Source: Xbox

Load Comments

JP on Facebook


PC Games

May 12, 2021 - 0

Menjajal Scarlet Nexus: JRPG yang Pantas Dinanti!

Sebuah kejutan yang menarik, ini mungkin kalimat yang pantas digunakan…
April 16, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Blizzard (Diablo II: Resurrected)!

Kembali ke akar yang membuat franchise ini begitu fenomenal dan…
April 9, 2021 - 0

Menjajal Diablo II: Resurrected (Technical Alpha): Bagai Bumi Langit!

Perbedaan usia memang mau tidak mau harus diakui, juga membuat…
March 29, 2021 - 0

Review DOTA – Dragon’s Blood: Fantasi dan Promosi!

Apa satu aspek yang membuat DOTA 2 selalu kalah dari…

PlayStation

May 12, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara dengan Insomniac Games (Ratchet & Clank: Rift Apart)!

Mengembangkan Spider-Man: Miles Morales, memastikan ia bisa memamerkan apa yang…
May 12, 2021 - 0

Ratchet & Clank – Rift Apart: “Emas” Playstation 5 Selanjutnya!

Usia yang masih “muda” bukan berarti menjadi alasan untuk tidak…
May 10, 2021 - 0

Review Resident Evil Village: Aksi Minim Ngeri!

Sebuah siklus? Sebuah strategi yang nyatanya berhasil? Atau memang rutinitas…
May 7, 2021 - 0

Preview Resident Evil Village: “Liburan” ke Desa!

Lewat beberapa seri terakhir yang mereka lepas, Capcom memang harus…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…