Kojima Akui Tak Suka Branding “Director’s Cut”

Reading time:
July 12, 2021
death stranding directors cut1

Jika Anda mengikuti sepak terjang rilis ulang game-game milik Sony selama setidaknya beberapa minggu terakhir ini, maka Anda sepertinya tidak akan asing lagi dengan nama “Director’s Cut”. Sudah diaplikasikan untuk Ghost of Tsushima dan Death Stranding, Director’s Cut untuk keduanya bisa disederhanakan sebagai rilis ulang untuk versi Playstation 5 sekaligus ekstra konten berbayar yang menamabahkan ekstra konten, dari cerita, misi, hingga beragam penyempurnaan yang lain. Tentu saja istilah “Director’s Cut” ini berbeda dengan apa yang kita temukan di industri film. Pendekatan yang ternyata juga tidak disukai oleh Hideo Kojima.

Dalam tweet terbarunya, Hideo Kojima mengaku bahwa dirinya juga tidak terlalu suka dengan branding “Director’s Cut” yang tengah digalakkan Sony saat ini. Ia menyebut bahwa di film, “Director’s Cut” biasanya mengacu pada konten tambahan untuk sebuah versi film yang sudah dipotong terlebih dahulu. Si sutradara biasanya tidak punya hak untuk melakukan edit film-nya sendiri atau karena sesuatu hal, film tersebut memang butuh diperpendek.

Sementara di video game, ia tidak berhubungan sama sekali dengan konten yang “dipotong”. Yang terjadi adalah rilis ulang game dengan ekstra konten tambahan di dalamnya. Oleh karena itu, ia merasa ada sebutan yang lebih cocok seperti “Delector’s Plus” misalnya. Ia tidak suka menggunakan istilah Director’s Cut untuk hal seperti ini.

Death Stranding: Director’s Cut sendiri rencananya akan dirilis pada tanggal 24 September 2021 mendatang, eksklusif untuk Playstation 5. Bagaimana menurut Anda? Apakah branding “Director’s Cut” juga terasa aneh untuk Anda?

Load Comments

PC Games

August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…
June 24, 2021 - 0

Menjajal Tales of Arise: Luapan Rasa Rindu!

Gamer JRPG mana yang tidak gembira setelah pengumuman eksistensi Tales…
June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…

PlayStation

September 14, 2021 - 0

Review DEATHLOOP: Kesenangan Berulang, Berulang, Berulang!

Kami yakin sebagian besar dari Anda tentu saja sudah familiar…
September 8, 2021 - 0

Review Tales of Arise: Dahaga yang Terpuaskan!

Salah satu seri JRPG yang paling konsisten lahir di industri…
August 27, 2021 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yasuhiro Kitao (Elden Ring)!

Impresi pertama yang begitu kuat dan mengagumkan, tidak ada lagi…
August 27, 2021 - 0

Impresi Elden Ring: Souls dengan Rasa Berpetualang!

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama From Software saat…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…