Review Horizon Forbidden West – Burning Shores: Playstation 5 Pamer Kekuatan!

Reading time:
May 8, 2023

Bersambung..

Horizon Forbidden West Burning Shores jagatplay 33
Burning Shores hanya “mempertegas” bahwa seri ini memang akan terus berlanjut.

Walaupun Anda tidak memainkan Burning Shores, premis akhir cerita dari Horizon Forbidden West memang sudah memberikan sinyal bahwa setidaknya seri ini akan berakhir dalam bentuk trilogi. Bahwa Anda akhirnya memahami eksistensi Far Zenith dan sebuah entitas misterius bernama Nemesis yang hendak mengakhiri hidup di bumi seperti yang Anda kenal selama ini, yang tentu saja harus Anda hentikan sebagai protagonis utama. Burning Shores sendiri menjadi jembatan yang memberikan gambaran lebih jelas soal beberapa aspek dari cerita tersebut. Namun apakah ia akan se-esensial itu hingga ia tidak boleh dilewatkan? Tentu saja tidak. Namun mau tidak mau harus diakui bahwa ada beberapa implikasi cerita yang jelas ini.

Pertama dan yang paling jelas adalah adanya kesempatan bahwa setidaknya di seri ketiga nanti, yang rilisnya masih misterius, kita mungkin akan berhadapan dengan Aloy yang tidak lagi harus bergantung pada persenjataan klasik yang selama ini ia gunakan. Guerrilla Games akhirnya “membuka” dan mengizinkan masuknya persenjataan modern ke dalam arsenal miliknya, yang bisa jadi dipersempit atau diperluas lagi dengan lebih banyak varian di masa depan. Ini akan menjadi pendekatan yang super menyegarkan bagi seri Horizon di masa depan, apalagi ia tetap mempertahankan kebutuhan crafting material sebagai basis balancing agar Anda tidak mengeksploitasinya secara berlebihan, dengan resource yang sejauh ini bisa didapatkan dari mesin dan peti saja.

Horizon Forbidden West Burning Shores jagatplay 76
Tentu menarik melihat bagaimana senjata modern diperlakukan di seri selanjutnya.
Horizon Forbidden West Burning Shores jagatplay 72
Seperti banyak game action RPG lain, romansa kini jadi opsi. Akankah jadi sesuatu yang penting di seri ketiga nanti?

Kedua? Romansa. Bahwa setelah dua seri terakhir, Aloy yang bersinggungan dengan begitu banyak suku dan karakter tanpa banyak memperlihatkan tanda-tanda romansa untuk dikejar, sisi tersebut kini hadir sebagai opsi yang bisa Anda pilih atau tolak di Burning Shores ini. Adalah sang companion wanita alias sesama jenis – Seyka yang menjadi “target” dari sisi romansa, yang seperti halnya game action RPG pada umumnya seperti Mass Effect misalnya, bisa berujung Anda jadikan sebagai tambatan hati Anda atau tidak. Implikasinya tentu saja menarik mengingat di masa lalu, Aloy juga sempat menjadi target romansa oleh karakter NPC dengan posisi – King Avad yang bahkan sempat secara eksplisit mengemukakan ketertarikannya. Apakah romansa akan memainkan peran lebih penting di seri ketiga? Kita tunggu saja.

Ketiga dan yang paling menyedihkan adalah konfirmasi bahwa salah satu karakter pendukung yang punya porsi cerita penting – Sylens tetap akan punya peran besar di seri selanjutnya. Mengapa menyedihkan? Karena kita semua tahu bahwa sang aktor pemeran utama yang meminjamkan wajah dan suaranya – Lance Riddick telah meninggal dunia di bulan Maret 2023 kemarin. Tidak ada kejelasan bagaimana Guerrilla Games akan menangani situasi ini. Apakah Lance Riddick sudah merekam cukup banyak dialog sebagai bahan untuk seri ketiga? Apakah mereka akan mengganti pengisi suara yang sekadar mirip? Atau mereka akan menentukan cepat nasib karakter ini sejak awal permainan untuk seri teranyarnya nanti? Kami cukup penasaran dengan solusi yang akan mereka tawarkan.

Horizon Forbidden West Burning Shores jagatplay 3
Tentu menarik melihat bagamana Seylen akan ditangani setelah apa yang menimpa sang aktor.

Maka Burning Shores hadir sebagai sebuah penetapan lebih kuat sekaligus jembatan untuk seri Horizon selanjutnya yang saat ini memang belum diumumkan kepada publik soal sub-nama yang akan ia usung. Namun tenang saja, Anda yang tidak membeli DLC ini sepertinya masih akan terhubung sangat baik dengan sisi cerita, dengan sedikit ekstra kejutan, mungkin di jenis musuh dan persenjataan modern yang kini bisa dibawa Aloy saja.

Kesimpulan

Horizon Forbidden West Burning Shores jagatplay 16
Kehadiran Burning Shores memang tidak hadir sebagai sebuah tambahan konten yang “wajib” untuk memahami apa yang akan ditawarkan seri Horizon selanjutnya, yang notabene sudah dijelaskan dengan cukup baik oleh si seri utama. Namun bagi para pemilik Playstation 5, ini akan jadi sebuah gambaran standar baru untuk apa yang Anda bisa tunggu dari seri ketiga tersebut, terutama dari sisi presentasi. Sebuah DLC yang mungkin harus Anda lirik jika Anda tidak lagi sabar menunggu.

Dari sisi konten, Burning Shores memang hadir sebagai DLC dengan konten yang terhitung terbatas, dengan hanya beberapa misi utama dan samping saja untuk diselesaikan. Namun bagian paling menarik dari konten tambahan berbayar ini justru datang dari fakta bahwa Guerrilla Games hanya memosisikannya sebagai konten Playstation 5 saja. Antisipasi bahwa ia akan memanfaatkan performa konsol generasi terkini Sony tersebut dengan baik berujung berbuah manis, bahkan membuatnya tak sulit diposisikan sebagai salah satu game Playstation 5 dengan visual terindah saat ini.  Kehadiran beberapa elemen baru juga menjadi implikasi soal hal-hal apa saja yang bisa kita nantikan di seri selanjutnya dan membuat penantian tersebut akan kian menarik.

Namun harus diakui bahwa terlepas dari posisinya sebagai DLC yang dirancang untuk Playstation 5 saja, Burning Shores masih berbagi beberapa masalah yang sempat ditawarkan di seri utama – Forbidden West tanpa perbaikan yang signifikan. Selain animasi memanjat yang bisa terasa canggung di beberapa kesempatan, kami juga masih menemukan bahwa sisi pertarungan melawan para manusia yang juga terasa di seri ini, tetap terasa tak sememuaskan melawan para mesin yang tidak pernah mengecewakan. Varian musuh manusia yang Anda temui di DLC ini, walaupun beberapa hadir baru, tetap terasa monoton. Keluhan terakhir kami yang lain? Kisah romansa-nya dengan Seyka juga terasa terlalu cepat dan dipaksakan, alih-alih terasa seperti sesuatu yang mengalir dan rasional.

Kehadiran Burning Shores memang tidak hadir sebagai sebuah tambahan konten yang “wajib” untuk memahami apa yang akan ditawarkan seri Horizon selanjutnya, yang notabene sudah dijelaskan dengan cukup baik oleh si seri utama. Namun bagi para pemilik Playstation 5, ini akan jadi sebuah gambaran standar baru untuk apa yang Anda bisa tunggu dari seri ketiga tersebut, terutama dari sisi presentasi. Sebuah DLC yang mungkin harus Anda lirik jika Anda tidak lagi sabar menunggu.

 

Kelebihan

Horizon Forbidden West Burning Shores jagatplay 36 1
Dat lumut..

Performa Playstation 5 dimanfaatkan dengan baik

Mesin baru seperti Beligut berujung menantang

Kehadiran senjata futuristik menawarkan potensi baru

Desain wilayah Burning Shores yang unik dan indah

 

Kekurangan

Horizon Forbidden West Burning Shores jagatplay 57
Romansa dengan Seyka terasa terlalu tergesa-gesa.

Animasi memanjat masih terasa canggung

Musuh manusia tetap tidak menarik untuk dilawan

Romansa agak terasa dipaksakan dan tidak mengalir natural

 

Cocok untuk gamer: yang ingin melihat Horizon optimal di Playstation 5, penasaran dengan kelanjutan Forbidden West

Tidak cocok untuk gamer: yang mengharapkan DLC dengan konten super panjang, mengharapkan penambahan mekanik signifikan

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…