Bela Microtransactions, Harada Sebut Biaya Racik Tekken 8 itu 3x Lipat Tekken 7
Biaya pengembangan sebuah game di skala AAA saat ini memang harus diakui berada di luar nalar. Atas nama memenuhi ekspektasi dan keinginan gamer yang menginginkan sebuah game yang lebih realistis dari sisi presentasi, lebih canggih, lebih mulus, lebih seru, Anda tidak akan sulit menemukan game yang berujung butuh dana hingga ratusan juta USD untuk dikembangkan dan dipasarkan.Lebih parahnya lagi? Dengan proses pengembangan tahunan dan tren yang selalu bisa berubah kapan saja, tidak ada jaminan bahwa game-game ini juga akan berujung sukses di pasaran. Situasi ini membuat beberapa game pun harus menawarkan microtransactions, seperti yang terjadi dengan Tekken 8 belum lama ini.
Menanggapi keluhan gamer soal aksi jual kostum yang diimplementasikan Tekken 8, sang otak – Katsuhiro Harada pun angkat bicara untuk menawarkan sedikit rasionalisasi di balik keputusan ini. Harada menegaskan bahwa proses pengembangan game di era modern saat ini bisa menembus angka 10x lipat dibandingkan dengan tahun 90-an. Bahkan untuk Tekken 8 sendiri, biaya-nya sudah menembus 2-3x lipat. Pengembangan game disebut Harada benar-benar makin mahal, dimana biaya maintaining server naik, biaya untuk memuat segala sesuatunya berdefinisi tinggi juga tinggi, sementara gamer ingin si game terus didukung untuk waktu yang lama, yang sekali lagi butuh biaya.
Development costs are now 10 times more expensive than in the 90's and more than double or nearly triple the cost of Tekken 7. Even the Fight Lounge servers are costly to maintain. In the past there weren't so many specs and there wasn't online. Plus they didn't have such high…
— Katsuhiro Harada (@Harada_TEKKEN) February 21, 2024
Harada mengungkapkan bahwa situasi industri game saat ini sudah sangat berbeda dengan game-game tua, terutama untuk situasi ekonomi yang mengitarinya. Jika Tekken 8 misalnya dilepas tetap menggunakan strategi yang sama seperti masa lalu, maka ia akan berujung mati dalam beberapa bulan ke depan.
Tekken 8 sendiri belum lama ini mengumumkan penjualan sebanyak 2 juta kopi dalam 2 bulan rilisnya, lebih cepat dibandingkan Tekken 7 sekalipun. Bagaimana menurut Anda situasi ini? Microtransactions di game berbayar jadi hal yang bisa dimengerti?