Review Final Fantasy VII Rebirth: Makin Cinta, Makin Ribet!

Reading time:
March 13, 2024
Final Fantasy VII Rebirth jagatplay 2

Ketika Square Enix mengumumkan untuk pertama kalinya – proyek Final Fantasy VII Remake di E3 2015 silam, ada dua reaksi yang muncul – hype dengan kegilaan luar biasa dan kecemasan yang teramat sangat di saat yang sama. Hype karena ini memang jadi mimpi untuk begitu banyak gamer yang sudah menyuarakannya sejak lama di kala itu, sementara cemas karena banyak gamer yang mengerti bahwa ini adalah tugas yang nyaris “mustahil”. Kita bicara soal keinginan untuk mereka ulang sebuah game legendaris yang sudah begitu mendarah daging di hati banyak gamer, mengingat ia jadi RPG pertama 3D untuk Playstation pertama dengan popularitas tinggi. Berita baiknya? Square Enix melakukan tugas fantastis dengan Final Fantasy VII Remake yang diawasi oleh banyak veteran seri originalnya. Kini, mereka punya tanggung jawab besar lainnya untuk sang seri kedua dari trilogi yang direncanakan.

Karena kita semua tahu bahwa seri kedua yang resmi menyandang nama Final Fantasy VII Rebirth punya skala tantangan yang jauh lebih gila daripada Final Fantasy VII Remake itu sendiri. Kita akhirnya masuk ke ranah petualangan dimana sang seri original mulai menapak konsep World Map untuk sisi eksplorasi, yang tentu saja butuh diterjemahkan dengan baik oleh Rebirth jika mereka tidak ingin mengesampingkannya begitu saja. Kita juga bicara soal anggota party yang mulai bertambah, dengan kompleksitas wilayah yang tidak  lagi sekadar dihuni konflik tetapi juga didesain sebagai tempat wisata dan bersenang-senang. Kita belum bicara soal potensi plot yang kini bisa bergerak ke begitu banyak arah.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Final Fantasy VII Rebirth ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah seri yang berhasil membuat kami jatuh cinta dan semakin ribet di saat yang sama? Review ini akan membahasnya lebih dalam  untuk Anda.

Plot

Final Fantasy VII Rebirth jagatplay 21
Final Fantasy VII Rebirth berperan langsung sebagai sekuel dari Final Fantasy VII Remake.

Hadir sebagai seri sekuel langsung dari FInal Fantasy VII Remake dan Final Fantasy VII Remake Intergrade, perjalanan Cloud dkk untuk menundukkkan Sephiroth dan menyelamatkan planet pun berlanjut. Petualangan dimana untuk pertama kalinya, keluar dari Midgar.

Usaha Cloud dkk untuk mencari dan menundukkan Sephiroth tentu saja tidak mudah, mengingat misteri yang mengitari sosok yang kelihatannya punya kekuatan yang begitu besar ini. Atas nama hanya untuk mencari dimana ia saja membuat Cloud harus bergerak melintasi begitu banyak region dan kota. Situasi ini pun semakin kompleks dan rumit karena dua hal: Shinra yang sepertinya terus terlibat untuk ragam kepentingan yang berbeda serta kondisi Cloud yang tidak prima. Sama seperti para manusia-manusia berjubah hitam bak mayat hidup yang diketahui kebanyakan merupakan mantan SOLDIER, Cloud kini juga berpotensi mengalami degradasi sel yang serupa. Ia bisa jadi mengalami nasib yang sama di akhir.

Final Fantasy VII Rebirth jagatplay 6
Aksi Anda untuk mencari dan menghentikan Sephiroth kini membawa Anda keluar dari Midgar.
Final Fantasy VII Rebirth jagatplay 178
Cloud juga harus berhadapan dengan ancaman degradasi sel yang sepertinya menimpa semua bekas SOLDIER.

Sementara itu, ancaman Sephiroth yang terlihat ingin menghancurkan dunia pun mulai  mengundang reaksi dari planet sendiri, yang diyakini terus “berteriak”  kesakitan dan ketakutan. Salah satu reaksi tersebut adalah kemunculan para monster raksasa  yang kini tinggal di kolam-kolam Mako yang tercipta karena reaktor-reaktor milik Shinra yang rusak atau hancur, yang kemudian disebut sebagai “Weapon”. Perjalanan Cloud memang membuka eksistensi mereka namun tidak pernah mengetahui soal fungsi sesungguhnya. Dalam perjalanan yang sama, Cloud pun belajar lebih banyak soal sang planet dan bagaimana ia bekerja, di tengah situasi Aerith yang sepertinya mulai memahami apa yang ia harus lakukan untuk menyelamatkan planet.

Lantas, apa yang sebenarnya tengah direncanakan oleh Sephiroth? Seperti apa perjalanan yang harus dilalui Cloud dkk? Bagaimana Square Enix “memodifikasi” kisah yang ada dibandingkan dengan sang versi original? Semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini bisa Anda dapatkan dengan memainkan Final Fantasy VII Rebirth.

Pages: 1 2 3 4 5
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…