Review Unicorn Overlord: Kuda, Tahta, Wanita!

Reading time:
March 19, 2024
Unicorn Overlord jagatplay 1

Nama dan popularitas yang ia sandang memang tidak setinggi banyak developer Jepang yang lain. Tetapi di sisi lain, kiprah konsisten mereka berhasil membangun sebuah komunitas niche yang selalu bisa mengantisipasi sebuah kualitas tertentu dari setiap produk yang mereka racik dan dipuaskan. Benar sekali, kita tentu tengah bicara soal Vanillaware yang saat ini sudah masuk ke begitu banyak jenis dan setting game RPG. Produk fantastis terakhir mereka adalah 13 Sentinels: Aegis Rim, sebuah game visual novel dengan ekstra gameplay strategi yang berujung menghadirkan cerita sci-fi sebegitu fantastisnya setelah proses pengembangan selama bertahun-tahun. Kini, tetap berdiri di bawah bendera Atlus dan SEGA, Vanillaware menguji peruntungan mereka kembali dengan sebuah game teranyar – Unicorn Overlord.

Hadir dengan sebuah teaser yang indah, identitas Unicorn Overlord sebagai game racikan Vanillaware memang mengalir dari setiap sudut pandangan. Salah satu yang paling jelas tentu saja pendekatan sisi visual yang tetap bergaya anime, namun hadir sebegitu uniknya dengan gambar tangan yang ada, hingga Anda bisa membedakannya dengan produk serupa racikan developer yang bukan Vanillaware. Konsep game strategi yang tidak banyak dieksplor dan sebuah setting cerita fantasi yang jadi pondasi, Unicorn Overlord terdengar seperti produk yang sudah lama dinanti. Apalagi untuk sebuah game strategi, ia juga siap menawarkan mekanik dan sistem yang cukup unik.

Lantas, apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Unicorn Overlord ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang berfokus pada kuda, tahta, dan wanita? Review ini akan membahasnya lebih dalam untuk Anda.

Plot

Unicorn Overlord jagatplay 12
Anda akan berperan sebagau Alain, pangeran di pengasingan yang berusaha merebut kembali tahta-nya.

Unicorn Overlord mengambil setting di sebuah benua bernama Fevrith yang terbagi ke dalam beberapa kerajaan. Anda akan berperan sebagai seorang pangeran terasingkan bernama Alain, yang seperti bisa diprediksi, berusaha kembali merebut tahta yang jadi miliknya.

Hak atas tahta tersebut memang sesuatu yang pantas ia miliki mengingat kepergian Alian dari Kerajaan Cornia yang harusnya ia kuasai terjadi setelah proses kudeta yang terjadi. Seorang jenderal besar bernama Valmore berhasil menjatuhkan kekuasaan ibu Alain – Ilenia dari tampuk kekuasaan, membuat Cornia tidak lagi aman. Alain yang di kala itu masih kecil berujung dititipkan pada prajurit kepercayaan lain – Josef akan dilindungi dan dirawat hingga besar. Sebelum tewas, Ilenia juga menitipkan sebuah artifak penting Kerajaan Cornia – Ring of the Unicorn yang akan berperan besar nantinya. Cincin dengan bentuk dan lambang kuda bertanduk tersebut akan menjadi kunci menundukkan Valmore.

Unicorn Overlord jagatplay 4
Sang ibu yang berujung meregang nyawa melindungi sang anak membekalinya dengan artifak – Ring of the Unicorn.
Unicorn Overlord jagatplay 27
Alain kini pun mengobarkan pemberontakan sembari membantu region “terjajah” lainnya.

Maka bersama dengan tumbuh besarnya Alain di pengasingan, Fervith harus bertemu dan berhadapan dengan kejamnya kekuasaan Valmore yang tak hanya bengis, tetapi juga ambisius. Valmore yang kini menamani dirinya Galerius dan membangun kembali kerajaan tua – Zenoiria berhasil memancing keributan di kerajaan-kerajaan yang mengitari Cornia – Drakenhold, Elheim, Bastorias, dan Albion. Di tengah situasi ini, berhadapan dengan konflik dengan salah satu mantan prajurit setia ibunya, Alain memahami bahwa mereka tidak melakukan pengkhianatan ini secara sukarela. Dipengaruhi oleh kekuatan magis misterius yang mengendalikan pikiran mereka, Alain juga menemukan bahwa Ring of the Unicorn adalah kunci untuk membersihkan sihir ini dan mengembalikan para karakter ini ke pikiran normal kembali. Alain pun tidak lagi bisa tinggal diam.

Lantas, mampukah Alain mendapatkan kembali tahtanya sebagai raja di Cornia? Perperangan dengan Galerius seperti apa yang akan terjadi? Siapa saja companion yang ditemui Alain selama perjalanannya? Anda tentu saja harus memainkan Unicorn Overlord untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini.

Pages: 1 2 3 4
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…