By

January 24, 2012   ·  

Apa yang membedakan sebuah hardware / software original dengan yang versi modif / bajakan? Jawabannya ada pada kelengkapan fitur yang dapat dinikmati. Memainkan game dengan hardware /  software bajakan selalu berujung pada satu kelemahan, pengalaman bermain yang tidak pernah maksimal. Para developer akan selalu memastikan hal ini sebagai bentuk perlindungan terhadap hasil karya mereka. Namun, sudah bukan rahasia lagi jika para peretas biasanya lebih cerdas untuk mencari jalan belakang untuk mengakali hal tersebut. Seperti yang terjadi pada “trik” Playstation 3 dan PS Vita ini.

Seperti yang kita tahu, Playstation Vita memiliki fitur remote play yang memungkinkan perangkat ini untuk melakukan streaming konten game di  Playstation 3 dan memainkannya di PS Vita. Fitur ini sendiri diperkenalkan di firmware 4.0 milik Playstation 3 yang baru dirilis dalam waktu dekat kemarin. Sayangnya, fitur ini sendiri masih belum bisa berjalan sempurna untuk saat ini. Banyak game eksklusif milik konsol hitam Sony ini ternyata tidak mampu berjalan dengan baik di PS Vita. Dampak lainnya? Kebutuhan untuk firmware terbaru ini tentu akan mematikan “opsi” bagi para pemilik PS 3 Jailbreak untuk merasakan fungsi yang sama, karena custom firmware PS 3 sendiri terhenti di 3.55. Namun benarkah demikian? Jawabannya tidak! Pemilik PS 3 dengan game bajakan mereka bisa memanfaatkan fitur ini.

Dengan menggunakan CFW 3.55, Playstation 3 masih akan mengenali perangkat PS Vita Anda sebagai “Mobile Phone”. Dengan menggunakan trik-trik tertentu, Anda dapat menggunakan fitur remote-play secara langsung dengan kualitas yang tidak terlalu berbeda dengan remote play firmware resmi Sony. Kelemahannya? Anda sangat membutuhkan koneksi internet yang reliable untuk memanfaatkan fitur ini. Mengapa? Karena pada dasarnya remote-play hanyalah merupakan fitur streaming konten seperti yang ditawarkan aplikasi Android splashtop.

Dari demonstrasi yang ada, terlihat bahwa remote play ini sendiri masih belum mengalami adaptasi mekanisme kontrol sama sekali. Fitur utama seperti layar sentuh dan accelerometer PS Vita tidak digunakan sama sekali, hanya penggunaan dual-analog seperti kontroler konsol pada umumnya. Walaupun masih belum tampil sempurna, namun ini tentu jadi berita baik bagi para pemilik PS 3 bajakan yang juga tertarik dengan PS Vita. Setidaknya salah satu fitur utama ini bukan jadi masalah utama yang harus dikhawatirkan.

Related Articles:

Tags: , , , ,

Comments


Readers Comments ()