By

January 22, 2013   ·  

Seperti yang sudah dapat diprediksikan sebelumnya, tahun 2013 memang akan menjadi tahun yang terhitung unik untuk industri game. Ketika software menjadi fokus  perhatian selama lima tahun terakhir ini, tahun 2013 menjadi pintu gerbang untuk persiapan menyambut kehadiran hardware generasi terbaru, termasuk dua konsol utama dari Sony dan Microsoft. Beragam rumor sudah muncul sejak tahun lalu, namun kian gencar menyambut waktu pengenalan yang diprediksikan akan dilakukan pada ajang E3 2013 mendatang. Salah satu sumber bahkan dengan percaya diri mengklaim bahwa mereka berhasil memperoleh informasi yang valid tentang konsol generasi terbaru Microsoft – XBOX 720 “Durango”. Benar sekali, kita membicara spesifikasi teknis yang ditawarkan.

Sebuah sumber informasi menyebar di dunia maya, dengan klaim datang dari dokumen teknis resmi Micrososft sendiri. Dokumen ini memberikan gambaran akan spesifikasi teknis yang akan ditawarkan oleh konsol XBOX 720 “Durango” yang rencananya akan diperkenalkan pada ajang E3 2013 mendatang. Durango akan datang dengan 8-core CPU x64 dengan clock 1,6 Ghz. Setiap CPU thread akan memiliki 32KB L1 cache untuk instruksi dan 32KB L1 untuk cache data. Setiap inti akan memiliki thread yang memiliki thread bebas tanpa harus membagi sumber daya, bahkan menangani dua instruksi per clock. Ia juga akan mengusung 8 GB DDR3 RAM, 32 MB SRAM, dan 6x Blu-Ray Drive. GPU nya sendiri akan mampu menjalankan DirectX 11.1 pada kecepatan inti 800mhz dan 12 inti shader yang menjalankan 768 thread. Beberapa fitur lainnya meliputi Kinect 2.0, HDMI 1.4a, 802.11n Wi-Fi, dan USB 3.0. Salah satu yang menarik adalah hadirnya komponen “Data Move Engines” yang masih menjadi misteri tersendiri.

Skema inilah yang dipercaya sebagai spesifikasi utama XBOX 720 “Durango”. Bagaimana menurut Anda?

Dari beragam sumber yang ada dan konfirmasi yang dilakukan, data spesifikasi ini diyakini memang valid berasal dari tangan Microsoft. Sayangnya, data spesifikasi ini juga dipercaya sudah berumur lebih dari 9 bulan pada saat proses pengerjaan Durango ini baru saja dimulai. Dengan spesifikasi seperti ini, XBOX 720 “Durango” memang cukup kuat untuk menjalankan sebagian besar game baru saat ini dengan visualisasi yang pantas untuk diantisipasi. Apakah spesifikasi ini akan diadaptasikan di versi final Durango? Atau Microsoft telah menyempurnakannya? Kita tunggu saja ajang E3 2013 mendatang.

Related Articles:

Tags: , , , ,

Comments


Readers Comments ()