By

April 4, 2013   ·  

Dari semua pihak yang secara vokal menyerukan rasa pesimis mereka terhadap kemampuan konsol next-gen untuk mampu berkompetisi dengan PC sebagai platform yang lebih dinamis, NVIDIA memang terhitung sebagai salah satu pihak yang terus aktif memberikan komentar tentang hal yang satu ini. Membandingkannya dengan Titan yang diklaim memiliki performa tiga kali lipat lebih kuat, NVIDIA juga sempat menyebut Playstation 4 sebagai sebuah “Low-End PC”, yang mengusung sebuah teknologi yang sudah ketinggalan zaman, satu setengah tahun di belakang PC terkini saat ini. Mereka juga sempat mengaku bahwa dominasi AMD di pasar next-gen terjadi karena NVIDIA sendiri tidak tertarik untuk berkecimpung ke dalam pasar yang mereka sebut, “kurang menggiurkan” ini. Setelah berdiam diri cukup lama, AMD akhirnya bereaksi.

Dalam wawancaranya dengan Tech Radar, Neal Robison – Direktur dari ISV Relation AMD tidak sekedar “menyombongkan” kemampuan APU Playstation 4 yang disebutnya sebagai inovasi teknologi yang lebih dari sekedar sebuah arsitektur X86 biasa, tetapi juga melemparkan reaksi resmi pertama AMD terhadap beragam klaim NVIDIA. Robison secara terbuka menyatakan bahwa AMD sudah dapat memprediksikan sikap NVIDIA ini dan melihatnya sekedar sebagai sebuah reaksi kekesalan karena keberhasilan AMD untuk menggaet semua platform konsol next gen yang ada – Wii U, Playstation 4, dan XBOX 720 / Infinity. AMD juga menyatakan bahwa teknologi Playstation 4 bukanlah sesuatu yang bisa dibandingkan per bagian, tetapi juga menyangkut kemampuan APU ini untuk melakukan kalkulasi dan optimalisasi yang lebih baik di Playstation 4.

Neil Robinson dari AMD menyebutkan bahwa sikap NVIDIA ini bisa sudah dapat diprediksikan dan hanyalah bentuk kekesalan karena AMD berhasil menggaet semua konsol next gen yang ada.

Bagaimana menurut Anda sendiri? Apakah klaim NVIDIA selama ini memang merupakan pernyataan yang tepat? Atau Anda setuju dengan AMD yang sekedar melihatnya sebagai sebuah reaksi kekesalan?

Related Articles:

Tags: , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()