By

July 3, 2013   ·  

Rogue Legacy (2)

Visualisasi memang menjadi kunci untuk mendapatkan pengalaman gaming yang lebih optimal, namun tidak menjadi standar untuk menentukan kualitas sebuah game yang diluncurkan di pasaran. Tidak sedikit game-game yang hadir dengan visualisasi “kacangan” justru berhasil membuktikan diri sebagai game yang mampu menghadirkan sensasi gaming yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang menawarkan teknologi engine yang luar biasa. Konsep seperti ini jugalah yang seringkali ditawarkan oleh game-game indie yang tidak didukung dengan dana besar dari para publisher. Tanpa batasan kreativitas dan terkunci oleh tren mainstream, game-game indie seringkali menawarkan beragam inovasi yang memberikan nuansa baru untuk industri game itu sendiri. Salah satu game teranyar yang pantas untuk menarik perhatian Anda? Ucapkan selamat datang pada Rogue Legacy!

Dikembangkan oleh Cellar Door Games, Rogue Legacy memang menawarkan pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan sebagian besar game besar yang diluncurkan oleh publisher ternama. Sederhana secara visual, namun kaya di sisi gameplay, Rogue Legacy menciptakan mekanisme yang akan menantang naluri gaming Anda dan sekaligus juga menawarkan pengalaman bermain yang baru secara konsisten, menangkap Anda dalam sebuah atsmofer permainan yang adiktif. Dengan nilai jual seperti ini, Rogue Legacy pun tumbuh menjadi fenomena baru di dunia maya. Tentu saja sebagian besar gamer memuji keberanian dan inovasi yang diluncurkan oleh Cellar Door Games ini.

Lantas apa yang sebenarnya yang ditawarkan oleh Rogue Legacy ini? Mengapa kami menyebutnya sebagai sebuah game indie yang tak boleh Anda lewatkan?

Mengusung Action RPG Side-Scrolling

Tanpa plot? Sebagai game sederhana yang memang lebih mengutamakan sisi gameplay, Rogue Legacy memang tidak menjadikan jalan cerita sebagai nilai jual utama. Anda hanya akan mendapatkan sekelibat latar belakang di awal permaina untuk membentuk pondasi puluhan jam gameplay yang akan Anda investasikan di game yang satu ini.

Ditawarkan dalam format genre action RPG side-scrolling dua dimensi, Rogue Legacy menawarkan sensasi nostalgia, namun dengan beragam inovasi yang pantas untuk diacungi jempol.

Ditawarkan dalam format genre action RPG side-scrolling dua dimensi, Rogue Legacy menawarkan sensasi nostalgia, namun dengan beragam inovasi yang pantas untuk diacungi jempol.

Jangan berharap Anda dapat melewati setiap tantangan yang ada dengan mudah.

Jangan berharap Anda dapat melewati setiap tantangan yang ada dengan mudah.

Dengan format dua dimensi, Rogue Legacy menjadikan action RPG side-scolling sebagai genre utama. Kesan yang tidak berbeda dengan seri Castlevania, Anda akan bergerak dari satu titik ke titik lainnya sembari harus melewati segudang varian musuh yang siap untuk mencabut nyawa Anda dengan cara apapun. Setiap karakter yang Anda gunakan akan menjadikan serangan melee sebagai serangan utama, tetapi juga diperkuat dengan beragam kekuatan spesial yang unik sebagai serangan kedua, dengan kompensasi memakan Mana Point Anda. Namun jangan berharap kedua serangan ini akan cukup untuk memastikan Anda untuk melewati setiap area dengan mudah. Rogue Legacy akan secara konsisten menantang naluri dan komitmen Anda untuk terus bertarung.

Menantang, ini mungkin menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan tingkat kesulitan yang ditawarkan oleh Rogue Legacy. Tidak hanya sekedar menawarkan varian musuh dengan karateristik serangan yang beragam, tantangan ini hadir dalam kelebihan kuantitas yang akan membuat tangan Anda harus terus cekatan. Anda harus terus menghindari beragam serangan melee dan range yang terus hadir, sembari mengingat sifat setiap musuh yang ada dan juga memastikan diri dapat mendekat dan menghabisi setiap ancaman yang dimungkinkan. Ada kesan nostalgia dalam format gameplay seperti ini. Tingkat kesulitan yang ia tawarkan benar-benar merepresentasikan game action side-scrolling yang sempat populer di zaman platform 8 bit dan 16 bit dahulu. Butuh perencanaan strategi yang benar-benar matang sebelum Anda memutuskan untuk bergerak dan Rogue Legacy tidak menyediakan banyak waktu bagi otak Anda untuk mengeksekusi hal ini. Memori otot akan memainkan peranan yang lebih penting.

Tidak hanya musuh yang siap untuk membunuh Anda, desain level yang ada juga tidak kalah berbahaya.

Tidak hanya musuh yang siap untuk membunuh Anda, desain level yang ada juga tidak kalah berbahaya.

Jangan meragukan setiap musuh yang Anda temui, terutama para Boss yang hadir dengan kecepatan, kekuatan, dan daya serang yang jauh lebih mematikan.

Jangan meragukan setiap musuh yang Anda temui, terutama para Boss yang hadir dengan kecepatan, kekuatan, dan daya serang yang jauh lebih mematikan.

Selain beragam musuh dengan serangan spesifik yang didesain untuk menghabisi Anda secepat mungkin, Anda juga dituntut waspada dan lebih lincah menari di atas keyboard untuk melewati beragam jebakan yang juga didesain untuk mencapai objektif yang sama. Kita tidak hanya membicarakan paku berduri atau platform yang butuh diaktifkan sebelum Anda dapat bergerak ke area selanjutnya, Cellar Games juga seringkali kian menyulitkan petualangan Anda dengan menempatkan musuh-musuh dalam posisi-posisi yang strategis dan sulit untuk ditangani dengan hanya sekedar meloncat dan berlari. Bagian terburuknya? Boss-boss yang menempati setiap area bukanlah tantangan yang bisa Anda pandang sebelah mata. Kecepatan, kekuatan, dan damage yang dapat mereka hasilkan akan membuat Anda gigit jari.

Sebagai sebuah game action RPG, Anda tentu akan menemukan beragam elemen RPG yang kental untuk Rogue Legacy. Selain HP dan MP yang menjadi standar survivabilitas Anda dan angka damage yang bertebaran untuk memperlihatkan kekuatan serangan Anda secara real-time, Anda juga dimungkinkan untuk menghasilkan progress tersendiri di sisi karakter. Seiring dengan progress permainan, karakter Anda juga akan bertambah kuat. Setiap musuh yang Anda kalahkan akan menjatuhkan sejumlah kecil uang yang dapat digunakan untuk memperkuat karakter, dari berbelanja armor / senjata, hingga sekedar mempersiapkan rune yang diadaptasikan di setiap pakaian yang mereka kenakan. Pergeseran gameplay action yang sekedar bergerak dan menghancurkan setiap musuh yang ada seringkali berakhir pada usaha untuk membuka sebanyak mungkin peta harta karun dan mencari lebih banyak loot item dan equipment yang tentu saja akan membuat petualangan Anda lebih mudah.

Untuk memperkuat setiap karakter yang Anda gunakan, toko-toko di awal permainan akan menyediakan perlengkapan dan senjata yang Anda butuhkan. Walaupun demikian, Anda tetap harus mendapatkan blue-print dari masing-masing item ini terlebih dahulu sebelum dapat diakses dan dibeli di toko.

Untuk memperkuat setiap karakter yang Anda gunakan, toko-toko di awal permainan akan menyediakan perlengkapan dan senjata yang Anda butuhkan. Walaupun demikian, Anda tetap harus mendapatkan blue-print dari masing-masing item ini terlebih dahulu sebelum dapat diakses dan dibeli di toko.

My precious..

My precious..

Uang tidak diragukan lagi, merupakan elemen terpenting dari Rogue Legacy sendiri. Dengan menggunakan elemen yang satu ini, Anda bisa berbelanja item dan equipment sebelum masuk ke dalam kastil dan memulai kembali pertarungan Anda yang seolah tidak pernah selesai. Walaupun demikian, Anda tidak bisa seenaknya menggunakan equipment yang ada. Ada batas berat yang bisa dikenakan oleh setiap karakter, membuat pilihan menjadi lebih terbatas. Tidak hanya itu saja, dengan beberapa equipment dan rune yang mampu menghasilkan efek gerakan tertentu, memilih dan menetapkan gerakan yang paling efektif untuk menyelesaikan setiap tantangan yang ada menjadi sangat krusial, terutama Rune. Lewat rune yang tepat, kemampuan seperti terbang pun dimungkinkan.

Sebuah kesan nostalgia yang kental namun dengan sisi gameplay yang inovatif dan menantang, ini mungkin kata yang tepat untuk menggambarkan sensasi yang dihasilkan oleh Rogue Legacy. Inovatif? Deskripsi gameplay di atas mungkin membuatnya terlihat sebagai sebuah game action RPG side-scrolling standar. Namun sesi selanjutnya inilah yang akan membuat Rogue Legacy jauh berbeda dan unik dibandingkan dengan game-game serupa yang bertebaran di pasaran.

Pages: 1 2 3

Related Articles:

Tags: , , , , , ,

Comments


Readers Comments ()