10 Game Keren di 2016 yang Mungkin Anda Lewatkan!

Reading time:
January 13, 2017
battlerite

Awal tahun dan tidak momen yang lebih tepat untuk kembali merefleksikan apa yang sudah kita mainkan selama 12 bulan terakhir ini. Tahun 2016 memang menjadi tahun yang cukup spesial dengan banyak developer yang akhirnya menjadikan platform generasi terbaru sebagai basis pengembangan, menelurkan video game dengan kualitas visualisasi yang begitu fantastis dan gameplay yang menarik. Namun sayangnya, mereka yang berhasil menelurkan gameplay dan pengalaman permainan yang unik sangat bisa dihitung dengan jari. Sebagian besar masih mengikuti pakem yang sudah digariskan game AAA sebelumnya, memodifikasinya menjadi lebih padat –besar – atau luas, dan meramunya dengan tema mereka sendiri. Game-game yang akhirnya membuat banyak game lain yang seharusnya dapat perhatian, menjadi tenggelam begitu saja.

Banyak game raksasa dengan antisipasi tinggi yang justru berakhir tak sesuai dengan yang diharapkan. Game-game yang bahasa kerennya pantas disebut sebagai “Over-Hype”. Ironis memang, dengan hype yang sudah terbangun dan proses pre-order yang fantastis, fokus media dan gamer itu sendiri seolah hanya tertuju pada game-game ini saja. Berapa banyak dari Anda yang sejak awal tahun sudah tidak sabar hendak mencicipi No Man’s Sky atau Final Fantasy XV dan mengabaikan hampir begitu banyak game lainnya? Padahal, tidak sedikit, game-game yang tidak mendapatkan perhatian begitu besar ini justru menawarkan sesuatu yang jauh lebih baik, lebih bermakna, dan lebih epik. Yang mereka butuhkan hanya satu – kesediaan Anda untuk menyiapkan waktu dan mencoba. Itu saja.

List kali ini tentu saja dibangun sebagai bentuk rekomendasi, untuk mengingatkan kepada Anda – bahwa ada game-game yang dirilis di tahun 2016 ini, yang mungkin tidak se-wah franchise raksasa lainnya, namun berujung pada satu hasil akhir yang fantastis. Game-game yang menurut kami, pantas untuk mendapatkan perhatian ekstra dari Anda, untuk setidaknya menjajalnya dan membuktikan apa yang kami bicarakan sebelumnya.

Apa saja itu? Inilah 10 game keren di 2016 yang mungkin terlewatkan oleh Anda, versi JagatPlay!

  1. Alienation

alienation

Konsep gameplay yang ditawarkan oleh Alienation memang bukan sesuatu yang terhitung baru. Sebuah game twin-shooter bertema luar angkasa dengan sedikit elemen RPG yang sebenarnya sudah sering Anda temui. Namun jika berbicara soal game multiplayer kooperatif yang sepertinya kehilangan sedikit momentum di tahun 2016 kemarin, Alienation menawarkan pengalaman yang akan memuaskan rasa penasaran Anda dengan kualitas yang pantas diacungi jempol. Sistem multiplayer yang mengalir, beragam tantangan yang lebih seru diselesaikan bersama, kustomisasi yang cukup dalam, dan varian musuh yang harus dihadapi membuatnya jadi alternatif menarik untuk Anda yang butuh game sekedar untuk menghabiskan waktu. Tak punya teman untuk bermain bersama? Tenang, bahkan matchmaking kooperatifnya sendiri bisa diandalkan.

  1. Oxenfree

Oxenfree jagatplay  (123)

Dengan kesuksesan yang diraih oleh Telltale Games dengan konsep interactive story yang mereka racik, banyak developer berusaha mengekor kesuksesan yang sama dengan penambahan beragam fitur unik yang berbeda. Sebagai contoh? Life is Strange dari Dontnod Entertainment yang berhasil menyihir hati sebagian besar gamer yang mencicipinya lewat jalinan cerita yang emosional. Namun dari semua game seperti ini, Oxenfree tampil berbeda. Walaupun berakhir dengan opsi percakapan dan keputusan untuk mengambilnya, ia berhasil menghadirkan skema yang lebih mengalir. Tema penuh misteri yang cukup menyeramkan, bersama dengan atmosfer remaja yang berat dengan kualitas visualisasi unik, Oxenfree adalah pengalaman gaming di tahun 2016 yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Firewatch

firewatch-jagatplay-52-600x338

Ketika pertama kali diperkenalkan kepada publik, sebagian besar orang mungkin langsung mengasumsikan ia akan berakhir menjadi sebuah game survival horror dengan elemen action yang berat. Namun, kejutan! Ia ternyata berakhir menjadi sebuah game dengan elemen cerita yang menarik, yang lebih berfokus pada perjuangan seorang manusia dewasa dengan kehidupan sehari-hari mereka. Romansa dengan seorang karakter wanita yang bahkan tak pernah Anda lihat fisiknya, Delilah, adalah salah satu hal yang membuat kami jatuh hati dengan game yang satu ini. Namun keberanian untuk mengeksplorasi sebuah tema yang di atas kertas terdengar seperti sebuah formula pasti kegagalan, menjadi sebuah kesuksesan membuat game ini punya setiap hak, untuk Anda nikmati.

  1. DOOM

DOOM-jagatplay-PART-2-31-600x338-1-600x338

Jujur saja, sebagian besar dari Anda dan saya mungkin termasuk gamer yang sempat ragu dengan kualitas DOOM sejak pertama kali diperkenalkan oleh Bethesda. Terlepas dari sepak terjang id Software yang terjamin di beberapa proyek game terakhir, presentasi via trailer dan ragam screenshot yang mereka rilis memang membuat DOOM terasa seperti sebuah game FPS generik yang tak menarik. Jika Anda termasuk gamer yang sempat mengembangkan perspesi tersebut dan enggan mencicipi DOOM karenanya, saatnya membuang sedikit rasa harga diri, dan seperti kami – mengakui bahwa ada salahnya, mungkin kita yang terlalu berprasangka negatif. Super seru dengan sensasi FPS klasik yang lugas, didukung dengan musik metal yang tepat, DOOM adalah salah satu pengalaman FPS terbaik di tahun 2016 kemarin.

Pages: 1 2 3
Load Comments

PC Games

February 6, 2024 - 0

Menjajal Honkai Star Rail 2.0: Selamat Datang di Penacony, Semoga Mimpi Indah! 

Honkai Star Rail akhirnya memasuki versi 2.0 dengan memperkenalkan dunia…
December 14, 2023 - 0

Menjajal Prince of Persia – The Lost Crown: Kini Jadi Metroidvania!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh 5 jam pertama Prince of…
December 13, 2023 - 0

JagatPlay: Menikmati Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta!

Seperti apa keseruan yang ditawarkan oleh event Festival Kenangan Teyvat…
December 7, 2023 - 0

Preview Zenless Zone Zero (ZZZ) Closed Beta 2: HoYoVerse Naik Level!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh masa closed beta 2 Zenless…

PlayStation

April 11, 2024 - 0

Review Dragon’s Dogma 2: RPG Tiada Dua!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Dragon’s Dogma 2? Mengapa kami…
March 27, 2024 - 0

Menjajal DEMO Stellar Blade: Sangat Berbudaya!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh demo Stellar Blade ini? Mengapa…
March 22, 2024 - 0

Review Rise of the Ronin: Jepang Membara di Pedang Pengembara!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Rise of the Ronin ini?…
March 21, 2024 - 0

JagatPlay: Wawancara Eksklusif dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda (Rise of the Ronin)!

Kami sempat berbincang-bincang dengan Yosuke Hayashi dan Fumihiko Yasuda terkait…

Nintendo

July 28, 2023 - 0

Review Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Tak Sesempurna yang Dibicarakan!

Mengapa kami menyebutnya sebagai game yang tak sesempurna yang dibicarakan…
May 19, 2023 - 0

Preview Legend of Zelda – Tears of the Kingdom: Kian Menggila dengan Logika!

Apa yang ditawarkan oleh Legend of Zelda: Tears of the…
November 2, 2022 - 0

Review Bayonetta 3: Tak Cukup Satu Tante!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Bayonetta 3? Mengapa kami menyebutnya…
September 21, 2022 - 0

Review Xenoblade Chronicles 3: Salah Satu JRPG Terbaik Sepanjang Masa!

Apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Xenoblade Chronicles 3? Mengapa kami…