Bermain Game dengan Sony Ericsson Xperia Play

Reading time:
November 12, 2011
Xperia Play 2

Perkembangan ponsel sebagai produk teknologi komunikasi memang kian mengagumkan. Jika di masa lalu ia hanya diandalkan sebagai perangkat bicara jarak jauh yang efektif, kini ponsel tampil sebagai sebuah perangkat terintegrasi yang mumpuni. Ponsel, khususnya smartphone, yang diperkuat dengan sistem operasi memuat beragam fungsi krusial bagi kehidupan manusia modern saat ini. Tidak hanya untuk meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan, namun juga menyediakan pengalaman yang lebih menyenangkan lewat fungsi multimedia yang kaya. Salah satunya adalah video game.

Spesifikasi smartphone yang kian bertenaga dari masa ke masa membuat perangkat ini tak ubahanya sebuah komputer mini dalam genggaman. Dengan dukungan kekuatan di balik komponen yang membangunnya, beragam fungsi multimedia yang dahulu mustahil dapat dilakukan dengan ponsel seperti bermain video game menjadi mungkin untuk dilakukan. Kita tidak hanya membicarakan game dengan visualisasi dua dimensi, tetapi juga dunia yang dibangun dari model tiga dimensi. Beberapa bahkan mampu menampilkan kualitas yang lebih baik daripada konsol game di generasi pendahulu. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak perusahaan ponsel yang mulai melirik fungsi ini sebagai nilai utama yang hendak dijual. Salah satunya adalah Sony Ericsson.

Menggabungkan ponsel dan gaming memang bukanlah sebuah konsep yang baru di industri ini. Nokia asal Finlandia pernah mencoba melakukanya lewat serangkaian ponsel bertajuk N-Gage yang memang didesain sebagai sebuah perangkat gaming portable. Namun sayangnya, produk ini terhitung gagal di pasaran karena dukungan pengembang perangkat lunak dan pelayanan yang kurang maksimal dari Nokia sendiri. Konsep yang sama kini berusaha dihidupkan oleh Sony dengan Xperia Play mereka. Sebuah ponsel yang kerap dikenal sebagai “Playstation Phone”. Sebuah nama besar yang tentu akan membawa ekspektasi yang tinggi.

Dengan mengusung sistem operasi Android, Xperia Play sudah pasti menyediakan beragam game berkualitas sebagai amunisinya. Pilihan untuk menggunakan sistem operasi buatan Google ini menjadi langkah awal yang patut diacungi jempol, setidaknya menjanjikan dukungan developer yang masif sebagai pondasi utama. Pertanyaannya kini, apa yang membuat Xperia Play berhak menyandang predikat sebagai sebuah ponsel gaming dibandingkan dengan ponsel Android yang lain? Apakah dengan sekadar menghadirkan game pad terintegrasi? Atau ia memang menawarkan pengalaman bermain yang berbeda? Hal inilah yang akan kita kupas lebih jauh.

Hadirkan Gamepad untuk Gaming Experince Lebih Baik

Xperia Play controller
Kedua lingkaran di tengah menjadi analog-stick

Sebagai langkah awal untuk memastikan pengalaman bermain yang lebih baik, Sony mengintegrasikan sebuah gamepad di Xperia Play. Bagi Anda yang sudah famiiar dengan perangkat gaming Sony, maka desain gamepad ini tidak akan terlihat asing. Benar sekali, Anda akan merasakan aura Playstation yang kental darinya. Penempatan dan desain yang dihadirkan akan mengingatkan Anda pada kontroler Playstation maupun PSP.

Anda akan menemukan tombol d-pad yang akan berfungsi sebagai tombol navigasi utama, tombol r1-l1 di tepi, empat action button, tombol start-select, dan sebuah tombol menu. Menariknya lagi, Xperia Play juga menyediakan dua buah “Analog-stick” yang ditempatkan di tengah dalam bentuk dua buah lingkaran kecil. Berbeda dengan analog stick di kontroler konvensional, analog stick di Xperia Play dibangun dari teknologi peka sentuhan yang cukup inovatif.

Dukungan Ratusan Game yang Sudah Dioptimalisasi!

Xperia Play Optimized Games 3
Dengan ratusan game yang sudah dioptimalisasi, Xperia Play tampil lebih maksimal
Xperia Play Games
Tersedia juga di menu Xperia Play

Perkembangan kemampuan perangkat keras ponsel memang semakin mengagumkan, apalagi kini banyak developer raksasa juga mulai melihatnya sebagai sebuah pasar yang potensial untuk digali. Namun sayangnya, hanya sedikit yang mampu menghadirkan pengalaman bermain yang maksimal dan nyaman. Kelemahan pada skema kontrol dan keterbatasan ponsel untuk menyediakan media yang tepat untuk mengakomodir hal tersebut menjadi kelemahan yang paling krusial. Sebagian besar ponsel masih mengusung teknologi layar sentuh dan keypad yang harus diakui seringkali tidak nyaman untuk memainkan game-game tertentu, khususnya yang bergerak di lingkungan tiga dimensi secara aktif. Oleh karena itu, gamepad menjadi pilihan yang paling masuk akal.

Untungnya, gamepad yang ditawarkan oleh Xperia Play ini berfungsi sangat maksimal. Terdapat ratusan game yang kini sudah teroptimalisasi dengan Xperia Play. Jadi, Anda tidak perlu lagi berkutat dengan ribetnya memainkan game dengan layar sentuh atau keypad, karena kini mereka dapat dimainkan dengan gamepad yang Anda miliki. Anda bahkan dapat mencari list game yang sudah teroptimalisasi Xperia Play dengan cukup mudah di Android Market. Langkah awal yang membuktikan keseriusan Sony untuk menjadikan Xperia Play sebagai sebuah mesin gaming alternatif yang mumpuni.

Menjajal Beragam Game yang Tersedia

Gamepad dan optimalisasi yang dihadirkan tentu akan menjadi sebuah konsep indah belaka jika tidak mampu dibuktikan secara nyata. Oleh karena itu, cara yang terbaik untuk membuktikan hal tersebut adalah dengan menjajal secara langsung beragam game yang mampu dimainkan oleh Xperia Play. Untuk membuktikan apakah perangkat ini mampu menampilkan pengalaman mobile gaming yang lebih baik atau tidak, beberapa game sengaja dipilih untuk diperbandingkan. Apakah Xperia Play akan mampu memenuhi ekspektasi yang ada?

Dead Space

 

Dead Space Xperia Play 8
Dead Space

 

Dead Space Xperia Play 10
Menggerakkan Isaac dengan kontrol analog tentu lebih mudah daripada menggunakan layar sentuh

Dead Space merupakan salah satu game survival-horror yang mendapatkan beragam pujian karena kualitas yang mampu ia hadirkan di versi konsol dan PC. Dengan popularitas yang sedemikian tinggi, tidak heran jika franchise ini juga hijrah untuk perangkat mobile. Visualisasi dan detail yang ditampilkan sangat memanjakan mata.

Jeroan di dalam Xperia Play sudah pasti menjamin Dead Space berjalan mulus tanpa halangan. Sebagai sebuah game third person shooter dengan lingkungan tiga dimensi yang harus dijelajahi secara aktif, memainkan Dead Space dengan memanfaatkan layar sentuh seringkali membuat tidak nyaman dan frustrasi. Namun sensasi yang berbeda akan gamer dapatkan begitu memainkan game ini dengan Xperia Play. Sebagai salah satu game yang sudah dioptimalisasi, memainkan Dead Space dengan gamepad membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah untuk dinikmati. Tangan gamer yang cekatan akan terlena dengan skema kontrol yang mirip dengan Playstation. It’s a lot better with gamepad!

Star Legends MMORPG

 

Star Legends Xperia Play 1
Action, skill, dan item kini dapat diakses dengan gamepad Xperia Play! Jauh lebih mudah dikuasai!

 

Star Legends Xperia Play 2
Anda bisa merotasi kamera dengan analog kanan

Bagi Anda yang sudah membaca review kami sebelumnya, nama Star Legends MMORPG tentu tidak terdengar asing. Game online dalam genggaman ini memang mampu tampil memesona, menawarkan sebuah gameplay game online konvensional yang dapat Anda akses di manapun dan kapanpun. Sebagai game yang dikembangkan untuk sistem operasi Android dan iOS, ponsel layar sentuh tampaknya menjadi media yang paling sering digunakan untuk memainkan game ini. Melakukan tap pada layar untuk menggerakkan karakter, memintanya menyerang, atau mengeksekusi skill tertentu tentu cukup merepotkan, apalagi jika jari Anda cukup besar.

Sebagai salah satu game yang dioptimalisasi untuk Xperia Play, memainkan Star Legends MMORPG di perangkat buatan Sony ini harus diakui jauh lebih nyaman. Xperia Play mengintegrasikan shortcut serangan dan item dengan kontrol pada gamepad, sehingga Anda lebih mudah mengaksesnya tanpa perlu menyentuh layar sama sekali. Anda bisa menyerang dengan menekan tombol kotak, skill di tombol segitiga, start dan select untuk item, dan sebagainya. Sayang seribu sayang, mereka tidak menyediakan shortcut untuk berinteraksi dengan NPC maupun player lain, dimana Anda tetap harus melakukan tap untuk mengaksesnya.

Crash Bandicoot – Playstation Pocket

 

Xperia Play Crash Bandicoot 11
Long time no see, Crash!

 

Xperia Play Playstation Pocket
Sayangnya layanan ini masih terbatas pada region tertentu


Salah satu kekuatan utama Xperia Play terletak pada fitur Playstation Pocket nya yang eksklusif. Fitur yang nantinya akan memungkinkan pengguna Xperia Play untuk memainkan kembali game-game berkualitas Playstation 1 ini memang sangat menarik, khususnya bagi kalangan gamer. Kami sendiri sempat menjajal Crash Bandicoot yang fenomenal di perangkat ponsel ini dan berjalan dengan cukup baik. Semua skema kontrol mampu diadaptasikan dengan baik. Playstation Pocket menjadi fitur potensial yang semakin memperkuat citra Xperia Play sebagai sebuah ponsel gaming yang mumpuni. Sayangnya, ketika hendak menjajal game Playstation 1 yang lain, kendala muncul dari layanan yang tidak tersedia karena terbatasi oleh sistem region. Ini berarti, pengguna Xperia Play di Indonesia belum akan mampu memaksimalkannya.

Kenyamanan Bermain

Xperia Play R1 L1 Button
Desainnya terasa kurang ergonomis untuk gaming

Salah satu faktor yang patut diperhitungkan dari sebuah perangkat video gaming adalah kenyamanan yang ia hadirkan. Tidak hanya dari segi performa secara keseluruhan, tetapi juga menyangkut hal dasar seperti bentuk dan penampilan secara fisik. Desain Xperia Play yang mirip dengan salah satu handheld Sony, PSP Go, memang memperkuat kesan ponsel gaming yang kentara, tapi potensial berujung blunder. Gamer tampaknya tak akan mampu memainkan game dengan Xperia Play dalam waktu yang lama. Desainnya yang tipis memang menguntungkan sebagai sebuah ponsel, namun sebagai perangkat gaming? Justru sangat merugikan.

Ketipisan ini akan membuat tangan Anda terasa kurang nyaman ketika menggenggamnya. Posisi jemari yang sudah terbiasa mendarat pada tombol L1-R1 akan justru akan membuat tangan jadi aneh, terasa seperti sedang mengepal kurang sempurna. Berada dalam posisi ini dalam waktu yang lama? Sudah pasti akan membuat jemari Anda kelelahan. Kekurangan juga terkadang dirasakan pada sisi kiri-kanan analog yang kurang responsif ketika ditekan, berbeda dengan analog konvensional pada kontroler.

Apakah kelemahan ini akan berpengaruh siginifikan terhadap pengalaman bermain Anda secara keseluruhan? Untungnya, tidak. Walaupun Anda merasakan sedikit ketidaknyamanan karenanya, dampak yang dihasilkan tidaklah terlalu berpengaruh selama Anda tidak memainkannnya dalam waktu lama tanpa istirahat. Masalah pada sisi analog juga dapat teratasi ketika Anda mulai beradaptasi dengan fungsi gerak sentuh yang membutuhkan Anda untuk sedikit menggeser jari agar dapat bergerak. Terlepas dari kedua hal tersebut, Xperia Play adalah sebuah “ponsel” yang luar biasa.

Ponsel Gaming Terbaik: Yes! Pengganti Handheld? No!

xperia play front

Dengan beragam fitur yang ia hadirkan serta optimalisasi yang ia bawa para game-game Android dalam jumlah yang masif, Xperia Play harus diakui sebagai salah satu ponsel gaming terbaik di pasaran saat ini. Bagaimana pun, memainkan sebuah game dengan menggunakan gamepad akan jauh lebih baik dibandingkan mengandalkan layar sentuh atau keypad. Inovasi ini akan membuat gamer merasakan pengalaman mobile gaming yang jauh lebih maksimal dan tentu saja, lebih mudah untuk dikuasai. Apalagi Xperia Play menyediakan fitur seperti Playstation Pocket di dalamnya yang semakin memperkuat daya tarik yang ia miliki. Sayang desainnya yang kurang ergonomis menjadi satu nilai kelemahan dari keseluruhan kelebihan yang dimiliki Xperia Play.

Walaupun mampu menampilkan sensasi gaming yang mumpuni, Xperia Play tetaplah sebuah ponsel yang menjadikan fungsi multimedia seperti game sebagai bagian yang terintegrasi, dan tidak lebih. Agak sedikit berlebihan jika merujuknya sebagai sebuah perangkat gaming murni. Telepas dari desain yang ia tawarkan, Xperia Play tidak menjadikan game sebagai fungsi utama yang ia jalankan, tetapi hanya merupakan fitur tambahan yang diperkuat sebagai nilai jual utama. Oleh karena itu, ia tidak berada dalam posisi untuk menandingi atau menggantikan fungsi sebuah handheld seperti PSP yang memang murni didesain untuk memainkan sebuah game. Keduanya memiliki fungsi unik dan berbeda. Namun harus diakui, Xperia Play akan menjadi perangkat pelengkap yang cukup menarik untuk dimiliki oleh seorang gamer, ataupun orang awam yang membutuhkan perangkat gaming mobile yang lebih maksimal.

Load Comments

PC Games

November 25, 2021 - 0

Review Gunfire Reborn: Aksi Tanpa Basa-Basi!

Jika kita bicara soal developer asal timur Asia sekitar 10…
September 29, 2021 - 0

Review SAMUDRA: Dalam Lautan Dalam Pesan!

Berkembang dengan signifikan selama beberapa tahun terakhir ini, para talenta…
August 26, 2021 - 0

Impresi Park Beyond: Saatnya Meracik Taman Bermain yang Gila!

Ada sebuah keasyikan tersendir memang ketika sebuah game memberikan Anda…
August 20, 2021 - 0

Review 12 Minutes: Selamat Ulang Hari!

Untuk sebuah industri yang sudah eksis selama setidaknya tiga dekade,…

PlayStation

November 19, 2021 - 0

Preview Battlefield 2042: Masa Depan Tak Selalu Cerah!

Ada yang datang dengan antisipasi tinggi, tetapi tak sedikit pula…
November 19, 2021 - 0

Review GTA The Trilogy – The Definitive Edition: Bak Lelucon Besar!

Merayakan ulang tahun sebuah franchise legendaris adalah sebuah langkah yang…
November 17, 2021 - 0

Menjajal Elden Ring (Network Test): Makin Cinta, Makin Mantap!

Apa yang bisa Anda dorong lebih jauh dengan formula Souls-like…
November 15, 2021 - 0

Review Headset PULSE 3D Wireless – Midnight Black: Tiga Dimensi dalam Telinga!

Apa yang mendefinisikan sebuah pengalaman generasi terbaru? Bagi Sony dan…

Nintendo

March 12, 2021 - 0

Review Bravely Default II: JRPG Berkelas!

Keluhan soal pendekatan modern yang terlalu kentara untuk banyak game…
March 3, 2021 - 0

Preview Bravely Default II: Rasa Klasik Asyik!

Kerinduan untuk cita rasa JRPG klasik, yang memang seringkali didefinisikan…
July 8, 2020 - 0

Review Brigandine – The Legend of Runersia: Legenda Keren yang Menua!

Brigandine, berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan nama…
June 29, 2020 - 0

Review Xenoblade Chronicles – Definitive Edition: Dunia di Ujung Pedang!

Nintendo Wii adalah bukti bagaimana inovasi terkadang menjadi kunci sukses…